Cara Ampuh Memperbaiki Baterai HP Tidak Bisa Dicharge (Dicas)

“Baterai hp android saya kok tidak bisa dicharge (dicas) ya? Presentase baterai tidak bertambah walaupun indikator tanda charge nya sudah hidup. Kalau hp dicas tapi tidak bisa mengisi dan tidak bisa penuh, kira-kira langkah apa yang harus saya lakukan untuk memperbaikinya?”

Pertanyaan diatas pernah dilontarkan seseorang di sebuah grup facebook, setelah saya selidiki, ternyata banyak juga orang yang mengalami masalah yang sama.

Masalahnya bervariasi..

..ada yang bisa dicas tapi tidak mau ngisi baterai secara full.

Ada yang dicas malah presentase baterainya berkurang.

Ada yang tidak bisa dicas sama sekali.

Kalo masalah diatas terjadi pada kita, pasti pusing kan? Mau main game tidak bisa, mau sms si bebeb juga tidak bisa, semua fungsi di smartphone tidak bisa digunakan kalau daya baterai kosong.

Itu karena baterai adalah salah satu komponen utama sebuah smartphone. Tanpa baterai, smartphone secanggih apapun tak akan bisa digunakan. Kerusakan pada baterai mungkin bisa jadi penyebabnya.

Tapi jangan langsung berpikir kalau baterainya yang rusak, bisa jadi adaptor nya, atau kabel casnya, atau port USB nya, atau terjadi system error pada smartphone mu.

Untuk memperbaiki hp android yang tidak bisa dicas, saya sudah membuatkan sebuah panduan yang bisa kamu terapkan langsung untuk memperbaiki hp yang sulit dicharge.

Dalam panduan ini, saya punya 10 tips dan trik yang bisa kamu coba untuk mengatasi ponsel yang susah dicas.

Panduan: Memperbaiki HP Android Yang Tidak Bisa Dicas

1. Perbaiki Port USB Pada Ponsel

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Dengan melakukan perbaikan pada port USB yang terdapat pada ponsel biasanya dapat mengatasi ponsel yang tidak bisa dicas.

Kerusakan yang sering terjadi dengan port USB biasanya terdapat pada permukaan metal di dalam port USB dan charger micro USB yang bermasalah saat melakukan kontak.

Berikut ini langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  1. Pertama, siapkan benda kecil seperti jarum atau tusuk gigi.
  2. Matikan ponsel dan copot baterai.
  3. Gunakan tusuk gigi/jarum untuk membetulkan port USB pada ponsel dengan cara menaikkan tab kecil di dalamnya. Lakukan secara hati-hati.
  4. Sekarang pasang baterai dan dan hidupkan ponsel.

Ini cara yang paling mudah dan kebanyakan orang berhasil dengan cara ini. Jika ponsel android masih tidak bisa dicas, coba cara berikutnya dibawah ini.

2. Bersihkan Debu dan Kotoran

Membersihkan port USB pada ponsel dari debu dan kotoran mungkin bisa membuat hp bisa dicas kembali. Kotoran dan debu bisa mengganggu hubungan antara charger micro USB dan port USB pada ponsel.

Bersihkan dengan peniti atau jarum, bisa juga menggunakan kompressor angin untuk menghilangkan debunya. Lakukan dengan hati-hati, karena ini menyangkut komponen kecil yang rawan kerusakan.

3. Ganti Kabel Charger

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Kabel adalah benda yang tipis dan panjang pada charger. Ponsel android keluaran terbaru biasanya mendesain kabel dan adaptor menjadi terpisah. Dengan demikan, kamu bisa mencoba mengganti kabel charger dengan yang lain.

Kamu bisa membelinya di toko aksesoris handphone atau pinjam milik teman.

Setelah mengganti kabel charger, coba cas lagi ponselnya. Jika ponsel berhasil dicas dan bisa mengisi daya baterai, selamat! Masalah sudah terselesaikan.

3. Periksa Adaptor Charger

Jika ternyata kabel bukan masalah yang menyebabkan hp tidak bisa dicas, cobalah periksa adaptornya, terutama jika adaptor dan kabel bisa dipisahkan.

Jika selama ini kamu mengecas menggunakan adaptor yang tidak original, cobalah gunakan adaptor asli bawaan ponsel. Atau bisa coba gunakan adaptor lain.

Jika masalah belum terselesaikan, cobalah gunakan beberapa kombinasi antara kabel dan adaptor (jika kamu punya kabel dan adaptor lebih dari satu). Coba satu-satu, kombinasi mana yang paling work, karena dengan cara ini kamu bisa tau kabel atau adaptor mana yang bermasalah.

4. Utamakan Cas HP Pakai Charger

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Kamu sering mengecas hp menggunakan laptop atau powerbank? Sebaiknya jangan sering dilakukan! Mengecas baterai smartphone menggunakan charger yang dicolokin ke socket listrik adalah hal yang wajib hukumnya.

Mengecas menggunakan charger bisa 2x lebih cepat dibandingkan mengecas menggunakan laptop atau PC, karena port USB pada komputer tidak mengalirkan suplai daya yang maksimal.

Dengan melakukan charge pada socket listrik, mengecas ponsel akan lebih cepat dan lebih aman. Jadi, jika hp kamu lama saat dicas, cara ini bisa jadi solusi.

5. Utamakan Keamanan

Keamanan itu sangat penting, termasuk keamanan smartphone beserta baterainya.

Hindari mengecas baterai secara berlebihan, seperti mengecas baterai semalaman penuh saat kamu tidur, dan itu bukanlah ide yang bagus.

Karena, biasanya ponsel bisa mengecas baterai sampai penuh hanya membutuhkan selama 2 atau 3 jam saja.

Walaupun kebanyakan ponsel keluaran terbaru memiliki kemampuan yang bisa memutuskan aliran listrik secara otomatis saat baterai penuh, jangan andalkan hal ini. Karena terkadang fitur pemutus aliran listrik ini sering tidak bekerja dengan baik.

Dalam beberapa kasus, mengecas baterai secara berlebihan bisa membuat baterai cepat rusak. Yang paling parah, baterai bisa meledak. Tidak percaya?

Christine Torralba dari AndroidAuthority.com mengumpulkan berbagai peristiwa mengenai kasus baterai yang meledak, kamu bisa membacanya disini. Selain itu, di Youtube juga banyak video baterai hp yang meledak saat sedang dicas, salah satunya adalah video dibawah ini:

 

Yups, ini bukanlah masalah sepele. Jadi jika kamu ingin mengecas hp di malam hari saat kamu tidur, sebaiknya kamu mengaktifkan alarm. Lihat presentase baterai dan perkirakan waktu pengisian sampai baterai penuh.

Dan jika kamu ingin melakukan pergantian charger, sebaiknya kamu jangan salah pilih. Karena sebagian charger yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang diragukan. Bukannya menyelesaikan masalah, malah menambah masalah.

Jadi tambah mumet gan..

Saya menyarankan agar kamu membeli charger di outlet resmi smartphone mu. Beli di toko-toko yang sudah jelas reputasinya. Jika ingin membeli secara online, lihat review dari orang-orang yang sudah pernah membeli barang dari penjual tersebut.

“Saat membeli aksesoris smartphone seperti charger, baterai ataupun yang lain, JANGAN tergiur harga murah dan mengabaikan kualitas.”

6. Ganti Baterai

Baterai tidak selamanya awet. Apalagi jika ponsel mu sudah berumur 2 atau 3 tahun. Ada saja masalah yang terjadi pada baterai. Terkadang kamu mengalami kecelakaan saat menggunakan smartphone, seperti kecemplung air.

Nah, kalau sudah seperti itu pasti baterai mulai mengalami masalah. Biar gak ribet, sebaiknya segera ganti baterai dengan yang baru. Beli lah baterai yang original dari toko yang sudah jelas kredibilitas nya.

Usahakan beli baterai yang tipenya sama dengan baterai sebelumnya. Biar lebih jelas, kamu bisa baca tips membeli baterai dari blog MasPutz ini.

“Utamakan kualitas dan keaslian baterai, jangan tergiur harga murah jika kamu mau cari aman.”

7. Lakukan Update atau Rollback

Kebanyakan ponsel android yang bermasalah (termasuk hp tidak bisa dicas) bisa diperbaiki dengan melakukan update software. Jika versi ponsel android mu sekarang adalah KitKat, cobalah upgrade ke lollipop (jika update tersedia).

Namun jika sudah upgrade tapi masalah yang terjadi malah tambah parah, coba lakukan Rollback. Apa itu?

Rollback (downgrade) adalah mengembalikan versi OS Android ke versi awal bawaan pabrik. Melakukan downgrade terkadang juga bisa menambah daya tahan baterai lebih lama.

8. Matikan Ponsel Saat Dicas

Bila kamu suka menggunakan smartphone ketika dicas, sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi. Mengecas hp sambil streaming youtube, dengerin musik, main game dan kegiatan berat lainnya bisa mengganggu proses pengecesan baterai.

Mengecas baterai jadi tidak maksimal, berjalan lama, atau bahkan baterai bisa berkurang. Jika kamu melakukan hal ini secara terus menerus, maka baterai akan cepat boros dan rusak.

Nah, untuk menghindari hal ini, maka yang perlu dilakukan adalah mematikan dan menutup semua aplikasi yang berjalan saat ponsel sedang dicharge.

Akan lebih baik lagi jika kamu mematikan ponsel saat pengecesan, agar pengisian daya baterai menjadi lebih cepat dan optimal. Kamu juga bisa mengaktifkan mode penerbangan ketikan mengecas baterai dalam keadaan ponsel hidup, tapi kamu tidak akan bisa menerima sms, telepon ataupun notifikasi dari internet selama mode penerbangan diaktifkan.

9. Lakukan Kalibrasi Baterai

Secara sederhana, kalibrasi baterai adalah memperbaiki informasi statistik baterai yang error.

Sistem android mempunyai kemampuan untuk mengukur kapasitas baterai, dan mengukur presentase baterai sekarang.

Jika fitur tersebut error alias menampilkan presentase baterai yang salah, maka sudah saatnya kita mengkalibrasi baterai android tersebut.

Sebelum melakukan kalibrasi, sebaiknya periksa kondisi baterai android. Jika baterai mengalami bocor, retak atau bunting, kalibrasi seperti apapun tak akan bisa menyelesaikan masalah.

Tapi, jika baterai masih dalam keadaan normal, mari ikuti langkah kalibrasi baterai dibawah ini.

Tutorial: Kalibrasi Baterai HP Android (Tanpa Root)

  1. Dalam keadaan menyala, cas ponsel sampai baterai 100% penuh.
  2. Kemudian matikan ponsel android.
  3. Charge lagi ponsel mu dalam keadaan mati sampai penuh 100%. Jika ponsel mu memiliki LED indikator, maka jika baterai sudah penuh, lampu LED tersebut akan berwarna hijau.
  4. Jika sudah penuh, hidupkan lagi ponsel android. Kemudian charge lagi hingga full 100%.
  5. Sekarang habiskan daya baterai sampai 0% atau sampai hp android mati sendiri. Bisa kamu habiskan dengan bermain game berat, streaming, atau browsing internet.
  6. Jika sudah mati gara-gara baterai habis, sekarang charge lagi ponselnya (dalam keadaan mati) sampai benar-benar full 100%. Jangan diutak-atik jika benar-benar belum full.
  7. Jika sudah penuh 100%, sekarang cabut charger dan hidupkan ponsel android.

Selamat! Baterai ponsel android mu sudah berhasil terkalibrasi.

Penting!
Jangan lakukan kalibrasi baterai terlalu sering, karena proses diatas bisa memperpendek umur baterai (terutama pada langkah menghabiskan daya baterai sampai 0%). Lakukan setiap 3 bulan atau jika benar-benar dibutuhkan saja.

Tutorial: Cara Kalibrasi Baterai Android (Root)

Cara yang kedua ini adalah yang paling mudah dilakukan..

..dan tidak seribet cara pertama.

Tapi ponsel android mu harus sudah diroot. Jika belum, root hp android mu sekarang juga.

Cara yang kedua tergolong mudah karena menggunakan aplikasi untuk melakukan kalibrasi baterai.

Nama aplikasinya adalah Battery Calibration (klik untuk download via Play Store). Aplikasi ini sangat ringan dan tidak membuat hp android menjadi lemot. Aplikasi ini juga mempunyai banyak review positif di Google Play.

Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Dicas

Oke, saya anggap kamu sudah mendownload aplikasi Battery Calibration. Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi:

  1. Sebelum membuka aplikasinya, pastikan kamu sudah mengecas baterai sampai full 100%.
  2. Nah, sekarang buka aplikasi Battery Calibration, lalu klik pada “Battery Calibration“. Seperti gambar dibawah ini.Cara Kalibrasi Baterai Android
  3. Cabut charger, dan pakai hp android dengan nomal sampai baterai habis.
  4. Kemudian charge lagi baterai hp android sampai full 100%. Selama pengisian baterai, jangan diutak atik, biarkan saja sampai baterai benar-benar full.

Nah, sekarang baterai hp android mu sudah berhasil dikalibrasi.

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas dengan benar, kamu akan berhasil mengkalibrasi baterai dan seharusnya hp android sudah bisa dicas secara normal.

Setelah baterai sukses terkalibrasi, saya punya beberapa saran dan tips yang bisa kamu coba untuk menghemat baterai android. Total ada 22 cara menghemat dan merawat baterai. Kamu bisa baca tipsnya disini.

10. Lakukan Factory Reset

Peringatan: Ini adalah cara terakhir JIKA 9 cara diatas belum mampu memperbaiki hp android yang tidak bisa dicas. Cara ke 10 ini beresiko menghapus seluruh data di ponsel. Jadi lakukan backup terlebih dahulu.

Melakukan factory reset (mengembalikan ponsel ke kondisi pabrik) bisa mengatasi HAMPIR seluruh permasalahan di hp android, termasuk permasalahan baterai.

Cara melakukan factory reset sangatlah mudah:

  • Pergi ke Settings » Backup and Reset
  • Pilih Factory Reset
  • Tap Reset Device
  • Tunggu sampai proses selesai

Penutup

Smartphone android adalah barang buatan manusia, dan tak ada satupun benda buatan manusia itu sempurna. Jadi, tak peduli seberapa baik kamu merawat smartphone, jika sudah tiba waktunya pasti akan rusak juga.

Solusi terakhir yang paling jitu dan ampuh jika kamu sudah tidak tahan dengan semua masalah pada baterai atau ponsel, yakni dengan membeli ponsel yang baru, jual hp yang lama.

Jika artikel ini berhasil mengatasi baterai android mu yang tidak bisa dicharge, kamu bisa membagikannya ke teman-teman di sosial media – dan semoga juga bisa membantu mereka yang mempunyai masalah yang sama.

Jika kamu punya cara lain yang bisa memperbaiki hp android yang susah dicas, tolong beri tahu saya lewat komentar. Berbagi ilmu itu indah, kawan.

Mungkin Anda juga menyukai

22 Respon

  1. value berkata:

    min kalo punya saya udah di charge tetep ga bisa nyala

  2. auliarahman berkata:

    Ka bila batrai tanam gimana lakukan cara 1

  3. Putra berkata:

    Bagaiman klok, hp saya sewaktu dicas kluar, bacaan hubungi, layanan purna jual! Itu bagaimana cara mengatasinya. mohon di bantu.

  4. Yustin berkata:

    Min kmaren prnah ganti battry tpi ga tau ori apa ga. Ke penjualnya sih bilang cri yg ori dn itu jga toko gede. Nah problem is udah ganti bttry tpi than lama bttry sma aja ga brbah. 3 jam plg lama abis itu drop

  5. Hamka berkata:

    min mau nanya nih knpa klau lgi mengecas hp batreinya terisi tapi gak ada gambar mengisi pada layar hp atas yg ada cmn persennya aja gtu bertambah? tpi gambar yg sedang mengisi itu gak adaa

  6. ruthi berkata:

    Saya beli batere baru kok ga bisa full ya ngecasnya. Trus klo lowbat lngsung mati ga ada tulisan batere lemah. Itu mati di 30 atau 40 % udah di tuker eh sama aja kaya gitu. Kenapa ya?

  7. yuningsi berkata:

    min, hp saya dicas presentase batrei muncul, tapi presentase tidak bertambah.,kenapa yah??? terimakasih.

  8. ramana berkata:

    dicoba dulu siapa tahu berhasil.
    tengkyu infonta

  9. Yusuf SS berkata:

    Tidak dapat mengisi daya

    Tidak dapat mengisi daya perangkat anda.
    pastikan anda menggunakan baterai
    dan pengisi daya yang kompatibel dengan
    perangkat samsung dan pastikan perangkat anda
    sudah tersambung ke pengisi daya
    dengan benar.

    Kalo gitu gimana min…?? maksudnya apaan gk tau ane

  10. Ahmad sopani berkata:

    Jadi gini gan.. Hp saya kan batrenya lowbet 0% pas di cas gak hidup sama sekali padahal sudah 1hari di cas.. Solusinya gimana yah gan?

  11. Doni suhardi berkata:

    min knapa hp saya baterai nya nggak mau ngisi soal nya baterai nya udah hbis ngicas nya pakai cas lain apa bawaan nya gan

  12. mia berkata:

    kalau sistem hpnya udah eror gmna min?

  13. Yhoga berkata:

    Min hp ane gk bisa di cas min… Ane kira permasalahan di adaptor Ama kabel….ternyata ama port usb…yg mau ane tanyain cara benerinnya gmne min?….maksudnya metal apaan yg di naikin ane gk tau apa yg mau di otak-atik biar bener….btw hp ane Xiaomi redmi 4A

  14. Dion berkata:

    Min hp gw batre tanam,waktu hp nya lowbat gk bisa di charger lampu LED HP juga mati terus ,yg muncul cuma gambar Kepala Charger sama Tanda kalau batre kosong,udah pake semua cara yg gw caei tahu di Situs lain juga gk bisa,gimana nih min.

  15. Suryadi berkata:

    Klu kehabisan baterai trus dcas gk bisa…coba buka hp kamu ambil baterainya & cari koneksi min plus baterai dan kamu aliri listrik dari carger yg gk kepakai atau apa aja yg penting strumnya 3volt keatas(1atau2ampere)…colokan langsung ke min/plusnya baterai jg kebalik pokoknya y.. Dijamin hp mu nyala lagi..okeee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *