Cara Download Video Youtube Untuk Ditonton Offline Tanpa Kuota di Android

Menonton video di Youtube secara offline tanpa kuota internet bukanlah hal yang mustahil. Ada ratusan juta video yang siap anda download dan nikmati di Youtube. Mulai dari video tutorial, berita, game, bahkan video nyeleneh pun bertebaran di Youtube. Bagi anda yang suka menonton video di youtube secara online, sebaiknya pikir-pikir dulu deh, soalnya kuota internet kamu bisa jebol kalau nonton lama-lama.

Kalau anda sering menggunakan Wi-Fi sih tidak masalah, tapi bagaimana bila anda menggunakan kuota internet yang terbatas? Tentunya anda tidak bisa berlama-lama menonton video kesayangan anda secara online. Tapi tidak perlu khawatir. Saya punya cara ampuh untuk mendownload video di youtube yang bisa disimpan ke galeri ponsel android anda.

Setelah video youtube berhasil disimpan ke galeri, tentunya anda bisa menonton video tersebut secara offline tanpa kuota internet, dan video dari youtube yang sudah didownload tersebut akan tersimpan permanen di ponsel android, kecuali anda memang sengaja menghapusnya.

Cara yang akan saya share di bawah ini cocok bagi anda yang suka menyimpan video youtube untuk ditonton nanti. Bagi anda yang hidup di daerah yang belum mendapat sinyal 3G atau 4G, mendownload video youtube untuk ditonton tanpa kuota adalah cara terbaik. Selain menghemat kuota, anda juga bisa menyimpan video youtube secara permanen di kartu memori atau galeri.

Sebenarnya ada banyak sekali cara untuk download video youtube di hp android. Ada yang menggunakan aplikasi download video youtube, ada juga yang memanfaatkan video downloader berbasis web. Nah, saya akan membahas semua cara terbaik menurut pengalaman saya yang mudah dilakukan untuk mendownload video youtube di hp android.

Oke, saya mulai dari cara yang pertama.

Download Video Youtube di Android Dengan Aplikasi TubeMate

Cara yang paling gampang dan tidak ribet adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TubeMate ini. Simak tutorialnya dibawah ini.

  • Pertama unduh dan install aplikasi TubeMate. Anda bisa mendunduhnya lewat situs resmi TubeMate.
  • Buka aplikasi TubeMate, kemudian cari video yang ingin anda download untuk ditonton secara offline. Di artikel ini saya mencari video WTF Moments Mobile Legends.

Cara Download Video Youtube di Android

  • Setelah menemukan video yang diinginkan, perhatikan bagian atas layar, klik tanpa panah kebawah berwarna hijau untuk mendownload video tersebut. Lihat SS dibawah ini.

Cara Nonton Video Youtube di Android Tanpa Kuota

  • Kemudian akan muncul format video beserta ukuran file video yang hendak didownload. Pilih format video yang diinginkan, kemudian klik tombol “Download“.

Cara Streaming Video Youtube di Android Secara Offline

  • Tunggu beberapa detik, setelah itu proses download video youtube akan berjalan. Lamanya proses download tergantung kecepatan internet dan ukuran file video itu sendiri.

Cara Unduh Video Youtube di Android Dengan TubeMate

  • Setelah video berhasil diunduh, cari video tersebut di memori internal ponsel android anda. Secara default, video youtube hasil download tersebut akan disimpan di folder Video. Kini anda bisa menonton video youtube secara offline tanpa kuota internet. Dan tentunya video tersimpan secara permanen, bisa ditonton kapan saja, dan dimana saja.
  • Jika anda ingin mengatur folder penyimpanan video hasil download, klik ikon Menu » Preferences. Gulir ke bawah sampai bagian Storage. Atur tempat penyimpanan video pada bagian Folder for Video.

Download Video Youtube Android dengan TubeMate

Cara Download Video Youtube di HP Android Tanpa Aplikasi

Jika anda tidak mau repot-repot menginstall aplikasi tambahan seperti TubeMate untuk mendownload video dari Youtube, maka panduan di bawah ini perlu anda ikuti. Cara ini tidak terlalu ribet, dan tanpa perlu aplikasi tambahan. Disini kita akan menggunakan situs Online Video Converter.

Ada banyak situs yang bisa anda gunakan untuk mendownload video dari Youtube. Saya akan kasih tahu 3 situs favorit yang sering saya gunakan untuk menyimpan video dari youtube ke galeri.

#1 Cara Menyimpan Video Youtube Menggunakan Situs ytmp3.cc

Selain biasa digunakan untuk menconvert video youtube ke mp3, situs ini juga bisa digunakan untuk mendownload video dari youtube lho. Ikuti panduan di bawah ini.

  • Buka Youtube, cari video yang ingin didownload. Kemudian salin/copy URL nya.
  • Buka browser Chrome, ketik http://ytmp3.cc di address bar.
  • Setelah web terbuka, masukkan URL video youtube tadi ke dalam kolom seperti gambar di bawah ini.

Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

  • Jangan lupa pilih format mp4. Setelah itu klik “Convert“. Tunggu beberapa saat sampai video youtube siap didownload ke memori ponsel.

Cara Download Video Youtube di Android Tanpa Aplikasi

  • Selanjutnya klik “Download” untuk menyimpan video youtube ke galeri ponsel android anda. Pilih Save to Dropbox jika anda ingin menyimpan video tersebut ke akun Dropbox.

Sangat mudah dan tidak ribet kan? Tapi ada satu kekurangan dari situs ytmp3.cc ini, yaitu tidak bisa memilih format video dan hanya tersedia 1 format video saja.

#2 Cara Download Video Youtube Dalam Berbagai Format dan Ukuran

Jika anda ingin mengunduh video dari youtube dalam berbagai macam format, maka ikutilah tutorial di bawah ini.

  • Seperti cara pertama, salin/copy URL video Youtube yang ingin didownload.
  • Gunakan browser Chrome/Firefox, buka alamat: http://www.clipconverter.cc.
  • Masukkan URL video youtube tadi ke kolom yang disediakan, kemudian klik “Continue“.

Cara Menonton Youtube Offline Tanpa Kuota Internet

  • Langkah selanjutnya adalah menentukan format video seperti Kualitas/Resolusi dan format video (3gp, mp4, avi, mkv).

Cara Mudah Menonton Youtube Secara Offline

  • Lalu klik “Start” untuk mengconvert video. Tunggu beberapa saat sampai video siap diunduh.

Cara Menyimpan Video Youtube Offline Tanpa Kuota

  • Jika sudah, klik “Download” untuk menyimpan video tersebut ke memori hp anda. Kini video siap ditonton kapanpun dan dimanapun.

Cara Menyimpan Video Youtube ke SD Card Android

#3 Cara Praktis Download Video dari Youtube di Android

Dari semua cara diatas, menurut saya ini adalah cara paling mudah dan praktis untuk mengunduh video di youtube. Tentunya cara ini tak menggunakan bantuan aplikasi tambahan. Simak caranya berikut ini.

  • Buka situs Youtube melalui browser Chrome atau Firefox.
  • Cari video yang ingin anda simpan ke memori hp android.
  • Sekarang copy URL/alamat video tersebut. Kemudian tambahkan ss di depan youtube.com. Contohnya begini: https://m.ssyoutube.com/watch?v=ulXbOAIpkxo
  • Selanjutnya kunjungi alamat tersebut, kemudian anda akan dialihkan ke situs savefrom.net.

Cara Download Video Youtube Lewat Savefrom.net

  • Kemudian pilih format video yang anda suka lalu pencet tombol “Download

Baca Juga: Sembunyikan Video Terlarang di HP Android Kamu Dengan Cara Ini!

Akhir Kata

Setelah membaca keseluruhan artikel ini, saya yakin anda sudah tau cara mendownload video youtube untuk ditonton secara offline tanpa kuota internet. Video yang sudah anda download akan tersimpan secara permanen di galeri, kecuali anda menghapus video tersebut. Daripada melakukan streaming, menyimpan video youtube secara offline adalah pilihan bijak bagi kaum yang kuota internetnya terbatas.

Jangan biarkan manfaat artikel ini hanya sampai pada anda. Ayo share artikel ini ke teman mu!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *