Cara Membuka Kunci Pola/PIN Yang Lupa di Layar Android Yang Terkunci

Apa yang harus kita lakukan jika lupa PIN, password atau kunci pola pada hp android?

Jika anda lupa PIN, kunci pola maupun passsword yang mengunci layar smartphone android anda, atau ada teman atau anak kecil yang beberapa salah memasukkan PIN atau pola sehingga diblokir, yang pertama harus dilakukan adalah jangan panik.

Karena ada beberapa cara untuk bisa membukanya kembali, tanpa harus mereset dan kehilangan data di perangkat android.

Apapun kasusnya, jika ini masalah yang anda hadapi sekarang, maka panduan yang saya tulis ini bisa berguna untuk membuka kembali layar yang terkunci akibat lupa pola, password ataupun PIN pada semua hp android seperti samsung, xiaomi, lenovo, sony xperia, oppo, advan, evercross, mito, smartfren dan lain lain.

Terus baca artikel ini, karena saya akan memberikan beberapa metode yang ampuh untuk membuka layar anndroid yang terkunci karena lupa pola atau PIN. Saya akan mengawalinya dengan cara yang termudah, dan aman sehingga anda tidak perlu kehilangan data.

Jika cara yang pertama belum berhasil, saya akan memberikan beberapa metode lain untuk membuka kunci pola dan PIN di hp android. Tapi pastikan unruk mencoba cara yang termudah terlebih dahulu.

Nah, dibawah ini sudah saya jelaskan cara membuka hp android yang lupa kunci pola maupun PIN. Baca sampai habis agar berhasil membuka kunci pola dan PIN di hp android.

Kita mulai dari cara yang pertama..

Cara Membuka HP Android Yang Terkunci Pola/PIN dengan Android Device Manager (ADM)

Selain bisa untuk melacak ponsel android yang hilang, ternyata Android Device Manager juga bisa digunakan untuk membuka kunci pola/PIN di hp android.

Agar bisa menggunakan cara ini untuk membuka kunci pola hp android, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • HP Android harus sudah terhubung ke akun Google (setidaknya anda tidak lupa email dan passwordnya).
  • Koneksi internet harus aktif, entah itu Wi-Fi atau mobile data.

1. Pertama buka web Android Device Manager menggunakan Laptop/PC ataupun smartphone lain. Gunakan browser Chrome/Firefox agar lancar.

2. Masuk menggunakan akun Google yang sudah terhubung ke ponsel yang terkunci tadi.

3. Setelah membuka web ADM, pilih perangkat yang terkunci. Jika anda hanya punya 1 perangkat, maka akan langsung ditampilkan.

4. Pilih “Lock“.

Buka Kunci Layar dengan ADM

5. Di layar akan muncul sebuah window, masukkan password. Anda juga tidak perlu mengisi kolom Recovery message atau phone number, karena ponsel mu sedang tidak hilang/dicuri. Selanjutnya klik “Lock” lagi.

Masukkan Password Kunci Layar

6. Jika sukses, akan muncul sebuah pesan konfirmasi dibawah tombol Ring, Lock dan Erase.

7. Sekarang lihat smartphone anda yang terkunci. Akan muncul sebuah layar yang meminta password. Yang harus anda lakukan adalah memasukkan password yang sudah dibuat tadi dan selamat! Anda sudah berhasil mengatasi hp android yang lupa kunci pola/PIN atau pola/PIN terblokir.

8. Sekarang, sebelum anda memulai menggunakan smartphone lagi, pastikan untuk menonaktifkan passsword tadi di menu pengaturan kunci layar.

Dengan cara diatas, seharusnya anda sudah berhasil dan sekarang ponsel anda sudah tidak terkunci lagi. Tapi jika masih belum berhasil juga, dibawah ini saya masih punya beberapa metode yang ampuh untuk membuka hp android yang terkunci karena lupa pola/PIN ataupun pola/PIN sudah terblokir.

Cara Membuka Android Yang Terkunci Pola/PIN dengan Login Google

Cara yang satu ini hanya bisa dilakukan pada smartphone android Kitkat (versi 4.4) kebawah. Jika ponsel anda Android lollipop keatas, langsung lewati saja cara ini dan baca cara selanjutnya dibawah, karena android lollipop keatas tidak bisa menggunakan cara ini.

Berikut ini cara membuka kunci pola yang lupa/terblokir dengan Google Login.

  1. Pertama kita harus memasukkan Pola/PIN/Password secara acak (ngawur) sebanyak 5 kali sampai terblokir. Tujuannya agar muncul opsi Forgot Pattern/PIN.
  2. Jika sudah, maka akan muncul opsi Forgot Pattern/Forgot PIN atau sejenisnya. Cara Membuka Kunci Pola dengan Akun Google
  3. Sekarang anda diharuskan untuk masuk menggunakan akun google yang sebelumnya sudah terpasang pada smartphone. Atau anda juga bisa menggunakan “backup PIN” untuk membukanya.
  4. Jika anda belum pernah membuat “backup PIN“, masuk saja menggunakan akun google tadi.
  5. Setelah berhasil masuk, maka sekarang seharusnya ponsel android anda sudah tidak terkunci lagi. Yang perlu anda lakukan sekarang adalah menonaktifkan kunci Pola atau PIN atau mengubahnya.

Cara Membuka HP Samsung Yang Terkunci Pola/PIN dengan ‘Find My Mobile’

Jika hp anda yang terkunci layarnya adalah hp samsung, maka cara ini paling cocok dan paling mudah. Find My Mobile mirip dengan Android Device Manager, dari segi kegunaan maupun fiturnya.

Bedanya Find My Mobile hanya bisa digunakan pada hp samsung saja, berbeda dengan Android Device Manager yang bisa digunakan pada semua perangkat android.

Agar berhasil membuka kunci pola/PN pada hp samsung dengan Find My Mobile, anda harus memiliki akun samsung terlebih dahulu dan sebelumnya sudah dihubungkan ke perangkat.

Berikut ini cara membuka layar yang terkunci di hp samsung..

1. Kunjungi web Samsung Find My Mobile. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan Laptop/PC. Jika lewat smartphone, gunakan browser chrome atau firefox.

2. Masuk menggunakan akun samsung yang terhubung dengan hp samsung anda.

3. Di halaman antarmuka Find My Mobile, seharusnya anda bisa melihat nama hp anda di bagian sidebar kiri, ini menandakan bahwa akun dan perangkat sudah terhubung.

4. Lihat bagian sidebar kiri. Ada beberapa menu. Pilih ‘Unlock my screen‘ dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai.

Cara Membuka Kunci Pola di HP Samsung

5. Selanjutnya akan muncul jendela notifikasi yang memberitahu bahwa layar hp samsung anda sudah tidak terkunci lagi.

Sukses Unlock Layar HP Samsung

Sekarang cek hp samsung anda dan pastikan layar sudah tidak terkunci lagi.

Cara Menonaktifkan Kunci Layar dengan Pattern Password Disable

Cara ini hanya diperuntukkan bagi orang yang sudah paham cara ‘mengoprek’ android, dan tidak dianjurkan bagi pemula.

Agar berhasil, anda memerlukan custom recovery yang sebelumnya sudah diinstall dan ponsel anda harus mempunyai slot SD card.

Kenapa harus punya slot SD card? Karena kita nanti akan mentransfer file ZIP ke ponsel dan biasanya mustahil mengirim file ke ponsel yang sedang terkunci, kan? Makanya kita membutuhkan slot SD card untuk memasukkan memory card yang sudah berisi file zip tadi.

Berikut ini langkah-langkahnya..

  1. Unduh file Pattern Password Disable.zip dan transfer file zip ini ke memory card.
  2. Masukkan memory card ke ponsel.
  3. Reboot perangkat ke mode recovery.
  4. Flash file zip di SD card anda.
  5. Setelah itu reboot.
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses boot up selesai. Jika sudah selesai, seharusnya layar ponsel anda sudah tidak terkunci lagi.

Jika di layar disuruh memasukkan kunci pola atau PIN, jangan panik. Ini normal, cukup masukkan pola atau PIN sembarang saja dan layar akan terbuka.

Cara Lain Membuka Layar HP Andoid Yang Terkunci atau Lupa Pola/PIN

Jika cara yang sudah saya share diatas berhasil bagi anda, selamat! Tapi bagaimana jika tetap tidak berhasil? Tenang, ada cara lain yang masih ampuh untuk membuka layar yang terkunci atau lupa pola dan PIN.

Cara ini tidak saya test disemua ponsel android, jadi cara ini belum tentu work bagi semua orang, tapi anda patut mencobanya. Berikut ini caranya:

1. Lakukan panggilan telepon ke hp android yang terkunci layarnya.

2. Terima panggilannya dan tekan tombol kembali selama panggilan berlangsung. Tujuannya agar anda bisa mengakses semua menu tanpa memasukkan pola/PIN/password.

3. Sekarang masuk ke menu Setting » Security » Lock Screen dan cobalah untuk menghapus pola atau PIN.

Karena sebelumnya anda lupa PIN atau kunci polanya, maka anda perlu mengingat-ingat kembali PIN atau polanya. Anda juga bisa mencoba-coba kombinasi PIN atau pola seingat anda, sampai PIN/Pola yang dimasukkan berhasil dan cocok.

4. Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan kunci layar atau mengganti PIN/Pola dengan yang baru.

Nah, sampai disini seharusnya anda sudah berhasil membuka hp android yang terkunci. Jika belum, maka cara terakhir adalah menghapus seluruh data yang ada, dengan begitu semua data termasuk pengaturan lock screen juga ikut terhapus.

Disini saya akan menjelaskan 2 metode cara menghapus seluruh data. Pastikan anda melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak ada data yang hilang.

Cara Hapus Data Dengan Android Device Manager

ADM memiliki banyak fungsi, salah satunya adalah menghapus semua data di smartphone dari jarak jauh. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Masuk ke web Android Device Manager.
2. Pilih perangkat dan Tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Ring, Lock dan Erase.

Hapus Data dengan ADM

3. Kemudian pilih Erase untuk menghapus semua data di hp android.

Hapus Seluruh Data dengan Android Device Manager

4. Pilih tombol Erase lagi untuk menghapus seluruh data. Sekarang semua data sudah terhapus termasuk pengaturan kunci layar sehingga anda bisa masuk tanpa harus memasukkan kunci pola atau PIN.

Cara Menghapus Data dengan Factory Reset

Semua orang tau factory reset adalah jalan keluar untuk kebanyakan masalah di android, termasuk layar yang terkunci atau lupa kunci pola/PIN.

Tapi bagaimana caranya melakukan factory reset bila masuk ke menu Setting saja tidak bisa karena hp sedang terkunci? Solusinya adalah dengan melakukan factory reset melalui recovery mode. Berikut ini langkah-langkahnya.

Note: demi berjaga-jaga, lepaskan memory card agar data didalamnya tidak ikut terhapus.

1. Masuk ke recovery mode. Cara masuk ke recovery mode sangat mudah, matikan ponsel android, lalu tekan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home secara bersama-sama dalam beberapa detik.

Kombinasi tombol untuk masuk ke recovery mode berbeda-beda untuk tiap merk/tipe smartphone, anda bisa melihat beberapa kombinasi tombol recovery mode di artikel ini.

Jika kurang lengkap, anda bisa mencarinya di situs pencarian Google.

2. Nah, sekarang saya anggap anda sudah berhasil masuk ke recovery mode. Tekan tombol Volume UP/Down untuk memilih menu.

3. Pilih Wipe data/factory reset, tekan tombol home untuk memilih.

4. Selanjutnya pilih Reboot. Tunggu beberapa saat sampai perangkat anda hidup. Dan seharusnya sekarang anda sudah tidak disuruh memasukkan kunci pola ataupun PIN.

Penutup

Agar kedepannya anda tidak lupa kunci pola ataupun PIN, sebaiknya dicatat atau discreenshot dan letakkan di komputer atau tempat lain. Tujuannya jika suatu saat lupa maka akan mudah mengingatnya. Bookmark juga artikel ini agar memudahkan anda mencari solusi untuk mengatasi layar hp android yang lupa pola atau pin.

Jika anda merasa artikel ini berguna, share ke teman-teman anda yang memiliki masalah serupa. Bagikan juga ke orang lain agar mereka tidak kudet, gunakan tombol share dibawah ini ya.

Jika ada pertanyaan atau memiliki metode lain untuk membuka kunci pola dan PIN di hp android, anda bisa meninggalkan komentar di bawah ini.

Mungkin Anda juga menyukai

19 Respon

  1. agus berkata:

    Kalau say kejadiannya, krn masukan pasword pake android device dan lupa paswordnya hingga hp tsbt terkunci. Apa yg hrs sy lakukan? Mohon petunjuknya.

  2. dinda berkata:

    ka, pake cara yg findmymobile, tp ko belum kebuka kebuka ya, udah nunjukin gembok kebuka warna merah, tp hpnya belum kebuka. harus pake koneksi apa gimana? harus kehubung ke internet ya?

  3. ratna berkata:

    Saya memakai pola kunci tetapi saya lupa pola kunci hp sy dan hp sy pun terkunci dan meminta masuk kan akun gogle..
    Yg jadi masalah saya tdk tau nama akun gogle sy email dan kata sandi saya
    Mohon petunjuknya agar saya bisa segera membuka kembali hp saya

  4. Danang berkata:

    Waktu saya pakai Cara Membuka HP Android Yang Terkunci Pola/PIN dengan Android Device Manager (ADM), setelah saya lock gagal dengan notifikasi “Karena Google telah memverifikasi bahwa kunci layar telah disetel, sandi yang dimasukkan tidak diperlukan” bagaimana yah Pak.
    terimakasih atas bantuannya

  5. ahmad berkata:

    kalau masalahnya begini bagaimana
    pinnya gk lupa tapi androidnya sentuhnya rada error , modenya kan 0024 lh tombol 0 gk bisa di sentuh

  6. zetnov berkata:

    klo hp hang kemudian dimatikan dan setelah dihidupkan pola yang dibuat berubah hingga hp terkunci, solusinya gimana untuk hp xiaomi redmi pro

  7. Fanny berkata:

    Gan hp sya dikunci org pake fingerprint tapi accountnya juga di pake sma hp yg ngunci hp sya itu. Jadi yg ke deteksi malah bukan hp saya. Gmna ya caranya biar bsa buka kuncinya. Tq

  8. satria berkata:

    Cara lain mrmbuka kunci pola dan pin

  9. vincent berkata:

    aku udah buat yang ini
    Unduh file Pattern Password Disable.zip dan transfer file zip ini ke memory card.
    Masukkan memory card ke ponsel.
    Reboot perangkat ke mode recovery.
    Flash file zip di SD card anda.
    Setelah itu reboot.
    Tunggu beberapa saat sampai proses boot up selesai. Jika sudah selesai, seharusnya layar ponsel anda sudah tidak terkunci lagi.
    tapi kok gak jadi ya??

  10. Sendy Anggun berkata:

    Maaf gan saya sudah lakukan semua cara yg kamu perintahkan tp belum juga bisa membuka pin password hp saya.. hamya bisa menemukan ponsel saja tp pass pinnya ga bs kebuka.. kalo gitu harus gmn yah ga? Mohon bantuannya gan thx

  11. ari berkata:

    Hp lupa pola gimna gan ngebukanyA lagi

  12. exy berkata:

    Hp oppo saya lupa pola trus paswot imel saya jga lupa gimana cara mengatasi mas. Tolong solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *