WhatsApp Error: Cara dan Solusi Terbaik Mengatasi Aplikasi WhatsApp yang Bermasalah di Android

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik, dengan lebih dari 10% orang di dunia menggunakan WhatsApp. Tapi bagaimana jika aplikasi ini mengalami masalah? Jika aplikasi WhatsApp error tentu akan mengganggu aktivitas dalam mengirim pesan.

Jadi kita harus segera mencari solusi untuk mengatasi aplikasi WhatsApp yang bermasalah. Error di WhatsApp ada bermacam-macam.

Ada yang tidak bisa menginstall WhatsApp, tidak bisa menerima kode aktivasi, tidak bisa terhubung ke aplikasi WhatsApp, dan masih banyak lagi.

Disini saya akan berbagi solusi dalam mengatasi berbagai masalah dan error pada aplikasi WhatsApp, yang berdasarkan pengalaman pribadi tentunya.

Berikut ini beberapa masalah di WhatsApp dan solusi untuk memperbaikinya.

Saya tidak bisa install WhatsApp

Berdasarkan versi WhatsApp saat ini, kamu bisa menginstall WhatsApp pada smartphone android dengan versi 2.1 keatas. Tapi hal ini tidak akan berlangsung lama, karena pada akhir 2016 nanti smartphone Android yang menggunakan versi 2.1 dan 2.2 tidak akan bisa lagi menginstall WhatsApp.

Kamu dapat mengecek versi Android saat ini di menu Setting » About Phone. Disana akan tertera versi OS Android yang sedang digunakan.

Jika kamu ingin menginstall WhatsApp melalui file apk yang diunduh di website selain Google Play, kamu perlu mengaktifkan opsi Unknown Sources di pengaturan.

Untuk mengaktifkannya tinggal pergi ke Settings » Security » Unknown Sources.

Download Game War of Rings Android

Jika kamu mengalami masalah saat install WhatsApp di Google Play dan muncul kode error, mungkin masalahnya ada pada aplikasi Google Play. Jadi kamu perlu memperbaiki aplikasi Google Play Store terlebih dahulu. Caranya sudah saya rangkum disini: Cara Mengatasi 30+ Kode Error dan Masalah di Play Store.

Saya tidak kunjung mendapatkan kode Aktivasi

Jika kamu sukses menginstall WhatsApp, tapi kamu belum juga mendapatkan kode aktivasi yang dikirim via SMS, pertama pastikan kamu memasukkan nomor yang benar.

Jangan lupa cek apakah kamu sudah benar dalam memilih negara asal. Negara asal disini maksudnya negara asal nomor ponsel mu, bukan negara yang sekarang kamu tempati (jika saat ini kamu sedang berada di luar negeri).

Misal nomor ponsel mu +6289884062649, maka kamu harus memilih negara Indonesia, karena kode negara +628 adalah kode no.hp negara Indonesia. Sampai disini paham kan?

Jika kamu sudah memasukkan nomor ponsel dan sudah memilih negara dengan benar tapi kode aktivasi tidak kunjung datang, cobalah opsi Voice call alias panggilan suara.

Kamu akan menerima panggilan suara dari robot WhatsApp, panggilan tersebut akan menyebutkan kode aktivasi (dalam bahas inggris).

Pastikan sinyal dan jaringan bagus saat kamu akan menerima sms maupun voice call yang berisi kode aktivasi. Dan ingat, satu nomor ponsel hanya bisa digunakan pada satu perangkat Android saja.

WhatsApp tidak bisa dibuka, down atau tidak bisa konek

Biasanya masalah koneksi pada jaringan internet yang membuat kamu tidak bisa konek ke aplikasi WhatsApp. Jika masalah lain seperti aplikasi yang tidak bisa dibuka atau tidak bisa mengirim pesan, cobalah beberapa solusi dibawah ini.

  • Pastikan kamu menginstall versi WhatsApp yang terbaru.
  • Cek koneksi internet, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau koneksi Data) berjalan dengan baik. Pastikan kuota data masih ada jika kamu menggunakan koneksi data mobile.
  • Jika kamu memasang aplikasi sejenis Task Killer, pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp.
  • Lakukan pengosongan cache. Caranya pergi ke Setting » Applications » WhatsApp » Clear Cache.
  • Cara terakhir jika cara diatas tidak work, yaitu dengan menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Terkadang error bisa disebabkan oleh masalah server. Jika server down, tidak ada yang bisa kamu lakukan selain menunggu sampai server benar-benar pulih.

Aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak

Ada beberapa alasan kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak pada smartphone Android, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Pastikan kamu sudah memasukkan nomor kontak dengan benar.
  • Pastikan nomor mereka juga menggunakan aplikasi WhatsApp.
  • Gunakan versi WhatsApp yang terbaru.
  • Di daftar kontak pada smartphone, pastikan kamu sudah men-setting agar bisa dilihat (baik oleh manusia maupun aplikasi). Hal ini juga berlaku untuk grup kontak.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

WhatsApp memiliki kontak ganda

Sebenarnya cara ini mudah untuk diatas, yaitu dengan menginstall WhatsApp versi terbaru atau melakukan install ulang WhatsApp. Tapi ada cara lain agar kontak ganda di WhatsApp hilang.

Yups, kamu perlu menghapus kontak ganda tersebut. Bagaimana caranya? Kamu bisa baca caranya di salah satu website luar ini (karena jika saya jelaskan disini nanti terlalu panjang). Jika kamu tidak paham bahasa inggris, bisa gunakan Google Translate.

Tidak bisa memutar video di WhatsApp

Jika masalah ini terjadi pada kamu, beberapa cara perlu dilakukan. Pertama, cek apakah kamu sudah menginstall versi terbaru aplikasi Google Photos.

Jika belum menggunakan versi terbaru, segera lakukan pembaruan di Google Play sekarang juga.

Jika cara diatas tidak berhasil, cobalah pergi ke menu Setting » Apps » Google+ dan tap Uninstall updates.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

Tidak bisa melakukan voice call atau tidak bisa menjawab voice call

Jika kamu mengalami masalah saat melakukan voice call (panggilan suara) menggunakan WhatsApp, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Tidak bisa melakukan voice call ataupun menjawab voice call di WhatsApp disebabkan oleh koneksi internet. Jadi, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau data mobile) kuat dan cepat.

Barangkali kamu juga perlu untuk mematikan koneksi internet dan menghidupkannya kembali. Masalah ini juga tergantung dengan orang yang melakukan voice call dengan mu, pastikan dia juga memiliki koneksi internet yang bagus.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

WhatsApp tidak bisa memutar pesan Audio

Masalah ini mungkin berhubungan dengan fitur proximity sensor yang diandalkan oleh WhatsApp. Biasanya, proximity sensor bisa kamu temukan dekat kamera depan di smartphone android.

Pastikan fitur tersebut tidak rusak dan jangan dekatkan perangkat ke muka atau telinga saat ingin mendengarkan pesan audio dari WhatsApp. Jangan lupa untuk menaikkan volume jika suara terlalu pelan.

Tidak bisa download foto atau video di WhatsApp

Untuk mengatasi masalah ini, cobalah pergi ke Settings » Data usage dan lihat apakah kamu sudah mengaktifkan mengaktifkan fitur media auto-download.

Jika belum, cobalah aktifkan fitur ini agar bisa mengunduh foto dan video dari WhatsApp. Pilih salah satu metode download yang ada:

  1. When using mobile data: auto-download akan bekerja jika kamu menggunakan data mobile saat menggunakan WhatsApp.
  2. When connected on Wi-Fi: pilih ini jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi.
  3. When roaming: pilih ini jika kamu berada di luar negeri.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

Dan jangan lupa untuk mencentang file apa saja yang akan didownload. Dalam kasus ini, pilih Images dan Video.

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

WhatsApp diblokir di negara saya

Jika WhatsApp tidak bisa digunakan karena diblokir oleh negara tertentu, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN yang bisa menyamarkan IP seolah-olah kamu sedang berada di negara yang tidak memblokir WhatsApp.

Gunakan aplikasi VPN seperti Rocket VPN dan gunakan server US, karena di Amerika WhatsApp jelas tidak diblokir. Kamu juga bisa memilih server lain.

Selain Rocket VPN, ada banyak aplikasi VPN yang saya rekomendasikan untuk dicoba:

  1. Psiphon
  2. Betternet
  3. Touch VPN
  4. Hotspot Shield VPN Proxy
  5. SecureLine VPN
  6. Spotflux VPN
  7. Hola Free VPN
  8. ExpressVPN (berbayar)
  9. Vypr VPN (berbayar)
  10. OpenVPN Connect
  11. FinchVPN (berbayar)

Nah, itulah beberapa solusi atas masalah dan error yang terjadi pada aplikasi WhatsApp. Jika ada error lain yang belum tercantum pada artikel ini, silahkan beri tahu saya lewat komentar.

Saya akan mencari solusinya dan menambahkannya ke artikel ini sebagai pelengkap.

Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan ke komentar, saya akan selalu merespon setiap komentar yang ada.

Share artikel ini jika menurut mu bisa mengatasi permasalahan dan membantu orang lain.

Share artikel ini cuma butuh waktu kurang dari 60 detik.. Berbagi kebaikan itu juga dapat pahala lho..

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Rhuzain berkata:

    Pertama msalah pada WA saya
    Tidak bisa mngrim atau menerima pesan n tdk bisa melakukan panggilan, baik itu suara maupun vidio.
    Saya sudah melakukan semua yg sy tau
    Mulai dari melepas kartu SIM
    Juga me restart hp sya tp nihil.
    Akhirnya sya uninstal aplikasi WA saya n instal lagi, sampai disini waktu saya memasukkan no yg diminta oleh pihak WA untuk verifikasi semua baik tp waktu sya tekan tombol “selanjutnya” disitu yg muncul malah minta “boot” .

    Mohon penjelasan n solusinya bosss…
    Sebelumnya sy ucpkn trimksih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *