Cara Ampuh Mengembalikan File Yang Terhapus di Android (Root dan Tanpa Root)

“Bantu saya mas, saya lupa backup data sebelum flashing hp Samsung Grand Duos ku, sekarang data di smartphone ku hilang semua. Foto, video, kontak, file, semuanya terhapus. Apa ada cara mengembalikan file/data yang terhapus di hp Android mas?” – Lina Anastasya

“HP Android saya sering dipinjam oleh anakku yang berumur 5 tahun. Sialnya, anakku tidak sengaja memformat kartu memori, dan semua data di memori tadi terhapus. Tolong bantu saya, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus di memory card? HP saya belum diroot, terima kasih” – Anton

Keluhan diatas hanyalah sebagian kecil dari penderitaan orang-orang yang kehilangan seluruh data di ponsel Android mereka.

Alasannya macam-macam..

Ada yang lupa melakukan backup data sebelum melakukan factory reset atau mengganti ROM..

Ada yang tidak sengaja memformat kartu memori..

Ada yang kehilangan data setelah diroot..

Ada juga yang salah pencet tombol hapus di file manager, sehingga menghapus file tadi.

Saya yakin kamu pasti frustasi ketika file yang sangat penting terhapus dari ponsel mu, seperti musik, foto atau video bersama kekasih, atau dokumen presentasi yang akan ditunjukkan kepada dosen, atau kumpulan game-game keren yang sudah kamu unduh bergiga-giga.

Yups, memang menyebalkan!

Saya sendiri juga kesal kalau ada file penting yang terhapus, entah itu karena salah pencet atau lupa backup.

Lalu sekarang masalahnya..,

Bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus tadi?

Ini pertanyaan besar yang ada dalam benak kita.

Setelah file/data di HP terhapus, sebenarnya data tersebut TIDAK SEPENUHNYA TERHAPUS dari perangkat Android ataupun memory card.

Benar! Kita masih bisa melakukan recovery terhadap file-file yang sudah pernah dihapus.

Bagaimana caranya?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, cara-cara ini work untuk HP android yang sudah diroot maupun yang belum diroot. Salah satu caranya menggunakan tool/software. Softwarenya bermacam-macam, akan saya bahas satu persatu disini, beserta cara penggunaannya.

Recovery Data: Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus di Android – Tanpa Root

Walaupun perangkat Android belum pernah diroot, masih ada cara untuk mengembalikan file yang hilang. Yaitu dengan menggunakan software bernama Recuva yang dibuat oleh Piriform.

Untuk dapat menggunakan software ini, kamu harus mempunyai Komputer/PC, bisa untuk Windows ataupun Mac.

Aplikasi Recuva benar-benar powerfull untuk merestore data yang hilang di Android. Tak hanya file di perangkat Android, recuva juga bisa mengembalikan file yang terhapus di memory card, mp3 player, kamera digital, USB Flash Drive atau hard disk di PC.

Selain itu, Recuva juga bisa melakukan recovery terhadap data yang terhapus akibat virus/malware, bug, ataupun system crash.

Beberapa website besar seperti PC World, LifeHacker, MakeUseOf dan DownloadSquad juga merekomendasikan recuva sebagai tool untuk recovery data.

Review Aplikasi Recuva

Benar-benar powerfull kan?

Nah, sekarang bagaimana cara menggunakan Recuva ini untuk mengembalikan file yang terhapus? Simak caranya dibawah ini.

Cara Menggunakan Recuva Untuk Mengembalikan File Yang Terhapus

Langkah #1
Pertama, kamu harus mempunyai PC/Komputer. Jika tidak punya, silahkan pinjam milk teman atau datang ke warnet. Setelah itu kamu harus mengunduh software Recuva terlebih dulu.

Klik Disini Untuk Mengunduh Recuva

Langkah #2
Kemudian hubungkan HP Android atau memory card ke PC dengan card reader atau kabel USB. Pastikan perangkat atau memory card sudah terdeteksi.

Langkah #3
Selanjutnya install dan buka softwarenya. Saat pertama kali membuka, akan muncul jendela Recuva Wizard. Klik saja tombol Next.

Selanjutnya pilih jenis file yang mau dikembalikan. Pilih All Files jika ingin mengembalikan semua tipe file. Lalu klik tombol Next.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva - 1

Langkah #4
Pilih lokasi file yang hilang. Klik Browse untuk memilih drive atau folder. Lalu klik tombol Next.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva - 2

Untuk memaksimalkan pencarian file yang terhapus, saya sarankan untuk mencentang opsi Enable Deep Scan. Selanjutnya klik Start untuk memulai scanning file.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva - 3

Tunggu dalam beberapa menit. Waktu scanning tergantung berapa besar ukuran memori penyimpanan dan berapa banyak file yang hilang. Semakin banyak, semakin lama. Tunggu saja sambil ngopi.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva - 4

Langkah #5
Jika scanning sudah selesai, maka Recuva akan menampilkan daftar file yang terhapus. Tapi tidak semua file yang terhapus bisa direcovery.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Recuva - 5

Dalam daftar file, disamping nama file ada icon berwarna hijau, kuning dan merah. Apa artinya itu?

  • Warna Hijau: file bisa dikembalikan secara utuh.
  • Warna Kuning: file hanya bisa dikembalikan sebagian.
  • Warna Merah: file sama sekali tidak bisa dikembalikan.

Langkah #6
Cari file yang ingin kamu restore. Sebaiknya pilih file yang penting-penting saja. Jika sudah ketemu, centang filenya dan klik tombol Recover.

Lalu pilih tempat penyimpanan file tersebut. Tunggu sampai proses recovery selesai.

Sampai disini, seharusnya kamu sudah bisa mengembalikan file yang terhapus di android tanpa root menggunakan recuva.

Recuva hanyalah salah satu software recovery dari sekian banyak software serupa yang beredar. Ada 1 software lagi yang “katanya” lebih powerfull dari Recuva.

Apa itu?

Namanya adalah Dr.Fone for Android. Sama seperti recuva, Dr.Fone mengharuskan kamu untuk menghubungkan perangkat Android ke PC/Komputer agar bisa menggunakan software ini.

Dibawah ini sudah saya buatkan panduan cara menggunakan Dr.Fone. Panduan ini bersumber dari situs instructables.com.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android dengan Dr.Fone

Langkah #1
Pertama, download dulu software Dr.Fone ke PC/Komputer mu. Dibawah ini saya sudah menyediakan link download versi trial yang aman dan terpercaya dari developernya (bersih dari virus/malware).

Catatan: Dr.Fone tersedia dalam versi trial (gratis) dan berbayar. Dalam versi gratis, beberapa fitur akan dibatasi. Untuk bisa menggunakan semua fitur yang powerfull, kamu harus membeli lisensi personal software ini seharga $49.95.

Klik disini untuk membeli software Dr.Fone dari website resminya. Link tersebut bukanlah link affiliasi, jadi saya tidak menerima komisi sepeserpun jika kamu membeli softwarenya.

Langkah #2
Jika kamu sudah memiliki software ini, install dan jalankan software di PC. Saat pertama kali dibuka, software ini meminta kita untuk menghubungkan HP Android ke PC menggunakan kabel USB.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Dr.Fone - 1

Pastikan daya baterai di HP Android mu minimal 30%, ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah #3
Aktifkan USB Debugging di HP Android mu. Jika kamu belum mengaktifkan ini, maka kamu tidak akan bisa menggunakan Dr.Fone untuk mengembalikan file yang terhapus tanpa root.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Dr.Fone - 2

Cara mengaktifkan USB Debugging:

  1. Untuk Android 2.3 kebawah: Settings » Applications » Development » Centang USB debugging.
  2. Untuk Android 3.0 sampai 4.1: Settings » Developer Options » Centang USB debugging.
  3. Untuk Android 4.2 keatas: Settings » About Phone » Tap Build Number beberapa kali sampai muncul catatan: “You are under deleloper mode” atau sejenisnya. Kembali ke Settings, akan muncul menu baru: Developer Options lalu centang USB debugging.

Langkah #4
Setelah langkah nomor #3 selesai, dan software Dr.Fone berhasil mendeteksi perangkat Android mu, klik Next untuk melakukan scanning data.

Catatan: Jika software tidak merespon dalam waktu yang lama, coba restart software. Jika tidak, bersabarlah. Karena mungkin software sedang menganalisa data sampai selesai.

Jika hp android mu sudah diroot, kamu harus mengklik tombol Allow yang muncul di layar ponsel agar software bisa mulai melakukan scanning.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Dr.Fone - 3

Tips: agar waktu scanning menjadi lebih singkat, sebaiknya kamu memilih tipe file yang ingin kamu kembalikan. Contohnya hanya video, atau foto, atau musik, dll.

Langkah #5
Setelah proses scanning selesai, layar akan menampilkan daftar file yang bisa kamu kembalikan dari alam kubur. Centang file yang ingin kamu kembalikan dan klik Recover.

Cara Mengembalikan File Terhapus dengan Dr.Fone - 4

Nah, selamat! Sekarang file yang terhapus dari hp android mu sudah kembali seperti sediakala.

Recuva dan Dr.Fone, dua software ini sangat ampuh untuk mengembalikan file yang hilang di android. Kamu bisa memilih salah satu yang paling cocok.

Nah sekarang bagaimana mengembalikan file yang terhapus di perangkat android yang sudah diroot? Itulah yang akan saya bahas selanjutnya.

Cara Mengembalikan File Terhapus di HP Android Yang Sudah Diroot

Ada beberapa aplikasi dari Play Store yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus untuk android yang sudah mempunyai akses superuser (root).

Beberapa software yang akan saya bahas nantinya adalah:

  1. Undeleter Recover Files & Data
  2. Disk Digger Undelete
  3. GT Data Recovery

1. Undeleter Recover Files & Data

Cara Menggunakan:

  1. Pertama, download dulu aplikasinya di Google Play. Klik Disini Untuk Download.
  2. Aplikasi ini sangat sederhana. Hal pertama yang harus kamu lakukan saat pertama kali membuka aplikasi ini adalah memilih lokasi penyimpanan yang ingin kamu kembalikan filenya (memori internal atau eksternal).
  3. Kemudian pilih menu Scan Storage. Tunggu beberapa saat sampai proses scanning selesai.
  4. Selanjutnya akan tampil list file yang bisa kamu kembalikan dalam beberapa tab: Dokumen, File, Foto, Musik, Video.
  5. Ingat! Aplikasi Undelete versi Gratis hanya bisa mengembalikan foto yang terhapus. Jika kamu ingin mengembalikan tipe file selain foto, kamu harus membeli versi Pro.
  6. Lalu pilih file mana yang ingin kamu kembalikan, kemudian pilih tombol Restore.
  7. Selesai! Sekarang file kamu sudah berhasil diamankan.

2. DiskDigger Undelete

Sama seperti Undelete, aplikasi ini memiliki versi gratis dan Pro. Untuk versi gratis, kamu hanya bisa mengembalikan file JPG, PNG dan MP4 saja.

Jika ingin mengembalikan format file yang lain, kamu harus membeli versi Pro.

Berikut ini cara menggunakan DiskDigger Undelete:

  1. Pertama, Download DiskDigger Undelete di Google Play.
  2. Install dan buka aplikasinya.
  3. Ijinkan akses root jika dimintai.
  4. Selanjutnya pilih tempat penyimpanan yang filenya ingin kamu kembalikan, lalu pilih format filenya. Cara Mengembalikan File Terhapus dengan DiskDigger - 1
  5. Proses scanning akan berjalan, tunggu beberapa menit sampai selesai.
  6. Jika scanning sudah selesai, maka akan tampil file yang bisa kita kembalikan dari alam kubur. Cara Mengembalikan File Terhapus dengan DiskDigger - 2
  7. Centang pada file yang ingin kamu restore.
  8. Lalu pilih Save this file locally. Kemudian pilih tempat penyimpanannya lalu klik OK.
  9. Selesai. Mudah, kan?

3. GT Recovery – Undelere,Restore

Cara Penggunaan:

  1. Pertama, Download GT Recovery di Google Play.
  2. Install dan buka aplikasinya.
  3. Pilih Recover File. Lalu pilih tipe file yang ingin dikembalikan. Cara Mengembalikan File Terhapus dengan GT Recovery - 1
  4. Kemudian pilih Next. GT Recovery akan memilai analisa perangkat android secara otomatis. Jika proses analisa sudah selesai, pilih Scan DeviceCara Mengembalikan File Terhapus Dengan GT Recovery - 2
  5. Setelah proses scanning selesai, akan tampil daftar file yang bisa direstore. Centang file yang ingin dikembalikan dan tap tombol save yang saya beri tanda merah di gambar. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan GT Recovery - 3
  6. Kemudian pilih lokasi penyimpanannya, dan selesai! Tap View Result untuk melihat filenya. Cara Mengembalikan File Terhapus Dengan GT Recovery - 4

Nah, itulah beberapa aplikasi dan cara penggunaannya untuk mengembalikan file yang terhapus di hp android yang sudah diroot.

Sebagai langkah antisipasi jika suatu saat ada file penting yang terhapus, saya menyarankan agar menginstall aplikasi Dumpster di hp android mu.

Fungsi aplikasi ini mirip dengan recycle bin di komputer, yakni jika ada file yang terhapus, maka file tersebut akan ditampung ke aplikasi Dumpster.

Dengan begini, kamu tidak memerlukan aplikasi recovery. Cukup dengan Dumpster, kamu bisa langsung mengembalikan file yang terhapus – dengan syarat kamu harus menginstall dumpster sebelum file tersebut dihapus.

Download Dumpster – Google Play (GRATIS)

Nah, jika kamu mengikuti panduan ini dengan benar, maka kamu akan berhasil mengembalikan file yang hilang/terhapus, entah itu pada hp android yang belum root maupun yang sudah diroot.

Semoga artikel ini bisa membantumu untuk mengembalikan file yang hilang. Share artikel ini ke teman-teman mu yang memiliki masalah serupa, semoga mereka terbantu dengan adanya artikel ini.

Jika ada pertanyaan, komentar atau ada sesuatu yang kurang dari artikel ini, silahkan berkomentar. Saya selalu membalas dan menghargai setiap komentar.

Mungkin Anda juga menyukai

54 Respon

  1. Dandi27 berkata:

    Ane pernah nyoba yang pke PC itu tpi Sizenya 2x lebih gede dari aslinya, kenapa ya gan ?

  2. Yayan Kurniawan berkata:

    Ternyata beneran gan bisa kembali hehe, mantap gan work (y)

  3. BangTekno berkata:

    Dulu pernah pake Recuva tapi nggak berhasil klo nggak salah gara2 nggak kedetect sama softwarenya :3 . Klo pake Dr.Fone baru tau ane. Ijin bookmark blognya buat jaga2 😀

  4. muthiah berkata:

    G tau banget sama dunia root root an android.
    Kalo mau ngembaliin foto pake aplikasi dr fone. Setelah mengaktifkan usb debuging apakah hp android otomatis udah di root?kalo biar hp g usah di root harus pake aplikasi apa? mohon penjelasanya..terimakasih

    • Alfiant berkata:

      Mengaktifkan usb debugging bukan berarti hh sudah rooted bro.

      Itu cuma jalan alternatif aja, biar kita bisa konekin hh ke pc. Wajib aktifkan usb debugging.

      Kalo pake recuva or dr fone, hh gak usah diroot bro. Soalnya pake PC.

  5. flashlagu berkata:

    “Setelah file/data di HP terhapus, sebenarnya data tersebut TIDAK SEPENUHNYA TERHAPUS dari perangkat Android ataupun memory card.”
    Sebenernya ada dimana gan file yg terhapus tadi? katanya tidak sepenuhnya terhapus.

    • Alfiant berkata:

      Prinsipnya sama dengan yg ada di windows, file yg terhapus memang benar2 belum terhapus sepenuhnya, itu karena sistem akan menghapus pointer dan menandai sektor yang berisi data file sebagai yang tersedia. Dari sudut padang sistem file, file tersebut tidak ada lagi di hardisk dan sektor berisi data yang dianggap sebagai free space.

      Bagaimanapun, sampai sistem benar-benar menulis data baru di sektor yang berisi file, file tersebut masih dapat dipulihkan.

      Sumber: winpoin.com

  6. Prisma berkata:

    Mantap tutornya bro..lengkap dan banyak pilihan software recoverynya..

  7. dfaethaenz berkata:

    Oke thank you berat nih kawan….

  8. nova berkata:

    misi mas, kenapa ya kok saya pake dr fone harus root dulu pake oneclickroot, jadi harus download dulu

  9. Adhan berkata:

    Min, kalau pakai Dr.Fone otomatis androidnya ke-root juga ya ?

  10. nezzchia berkata:

    masnya nerima jasa ngembaliin file yg kehapus tadi nggak ya? please dong bantu…
    drtdi nyoba mentok terus dan ingin gibe up saja, emg bkn ahlinya. sy di sidoarjo

  11. Adelia berkata:

    Mas, saya nyoba recuva. Fotonya baru kehapus kemaren2 tapi kok ga ada ya? Munculnya foto yg dulu banget?bingung

  12. Imoenk_1899 berkata:

    udah di scan tp hasilnya kosong gan.. -_-

  13. Bagus berkata:

    Kenapa hp xiaomi tidak bisa teedeteksi di recuva ? Padahal di explore ada dan sudah di debugging usb

  14. Alfriana prima berkata:

    Terima kasih banyak akan saya coba nanti infonya sangat bermanfaat ^_^

  15. Kustilah berkata:

    Mas klo hilangnya di penyimpanan internal gk bisa ya

  16. Nia berkata:

    Bisa ngembaliin foto yg kehapus lbh dari 1 thn ga??

  17. maysila berkata:

    min, kmrin saya smbungkan hp saya ke PC, kmudian saya salah delete folder storage di hp sya melalui PC , kmudian pas lgi proses delete lngsung sya cancel, tpi kburu hilang datanya.. sya sudah pakai recuva tpi tdk support ke hp sya, xiomi reno3.. akhirnya saya pke dr.fone, dn hp sudah sya root, tapi pas smua file udh muncul tpi data yg sya cari tdk muncul malah foto lama yg sngaja dhpus dan smua chache yg muncul.. apkah tdk bsa kmbali lgi krna sya slah delete ny di PC?? pdhal sblm terhapus folder storage nya kosong.. mohon pencerahannya min

  18. ribut berkata:

    Gan caranya menyimpan fto dadi dissger gmn?,,,masih bingung gan

  19. Hasya berkata:

    Kalo data yang kehapus nya ada di penyimpanan internal juga bisa ga ?

  20. Yuni fatimah berkata:

    Min kenapa setiap saya lagi pakai dr.fone, pas udh scan 40% hp saya mati, ngerestart gitu. Padahal keadaan baterai bukan dibawah 30%. Jadi gimana ya solusinya? Sedangkan kalo hp mati, putus sambungannya buat ke pc, jadi harus ngulang scan lagi

  21. Muliati berkata:

    Mas tanya donk klo misalnya foto ke hapus di chat bbm tapi uda lma banget..ngembaliinnya gmna yha..soalnya fotonya pnting bgt

  22. Bagier berkata:

    Pake DrFone mentok 90% knapa?

  23. Ryo berkata:

    Misi min saya mau nanya,hp xiaomi 4 saya kemarin bootloop karena kesalahan saat root,trus saya flash ulang hpnya dan skarang berhasil tapi sayangnya data” penting yg didalamnya kehapus smua dan sebelumnya saya lupa membackup datanya,kira” data” penting saya msh bisa kembali gk?terimah kasih mohon bantuannya

  24. luthfi berkata:

    Mas kalo file musik saya kehapus semua di internal kira” bisa direcover ngak gan

  25. Anggun berkata:

    Mas hp android saya di instal ulang, dan semua data pada terhapus, apakah file kontak hp bisa dikembalikan lagi? Penting banget soalnya

  26. Putri berkata:

    Klo file yg terhapus udh lebih dr sebulan,,apa msh bs dikembalikan.? Thanks …

  27. erwin berkata:

    file file ane hilang gara gara di root gan , itu bisa balik lagi gk ya

  28. Yusuf berkata:

    Saya pake dr.fone stuck di 90% lamaa banget itu gimana ya? Padahal yang ilang penting banget

  29. Yusuf berkata:

    Itu juga udah mas. 3x gitu terus hehe.

  30. Yusuf berkata:

    Udah juga mas. 3x itu juga udah aku restart 2x

  31. Yusuf berkata:

    Iya recuva udah nyoba pake, tapi pas nyolok hp ke laptop malah ga terdeteksi gitu mas. Searching2 katanya yang android baru ga bisa mode yang mass storage itu ya.
    Pake easeus juga malah cuma nampilin yang ada di gallery aja.
    Makanya ini bingung hehe

  32. Yusuf berkata:

    Nyoba pake yodot juga, tapi kasusnya sama kayak pake recuva. Ga bisa detect mass storage itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *