Cara Unlock Bootloader Xiaomi: UBL HP Xiaomi Redmi Semua Tipe (100% Berhasil)

Semua ponsel Xiaomi yang rilis di awal tahun 2016 itu sudah dalam keadaan bootloader terkunci, demi alasan keamanan. Jika bootloader dalam keadaan terkunci (locked), maka kamu tidak akan bisa root hp xiaomi, ganti ROM, pasang TWRP, XPOSED, dan lain sebagainya. Apalagi jika anda masih menggunakan ROM distributor yang biasanya tidak akan mendapatkan update via OTA, maka anda wajib unlock bootloader (UBL).

Berbeda dengan hp xiaomi terdahulu seperti generasi Redmi 1S dan Redmi 2 yang tidak perlu UBL jika ingin melakukan perubahan pada sistem seperti rooting, pasang TWRP dan sebagainya.

Seperti yang saya katakan tadi, seluruh hp xiaomi terbaru dalam keadaan bootloader terkunci. Maka dari itu, Unlock Bootloader (UBL) harus dilakukan jika anda ingin mengoprek hp xiaomi tersebut. Namun jika anda orang yang tidak suka ngoprek, atau anda orang yang tidak paham soal flashing ROM, root, tweak, custom ROM, dll, maka saya tidak menyarankan untuk unlock bootloader.

Percuma! Buat apa hp xiaomi diunlock bootloader jika hp nya tidak dioprek.

Perlu anda ketahui, tutorial ini cocok untuk UBL hp xiaomi terbaru seperti Mi 5, Xiaomi Redmi 3, 3 Pro, 3S, 3 Prime, 3x, Redmi Note 3, Note 3 Pro, Kenzo, Redmi 4, 4A, 4X, 4 Prime, Redmi Note 4, Note 4X, dan semua punsel xiaomi keluaran tahun 2016 keatas.

Sebelum saya menjelaskan cara unlock bootloader hp xiaomi, saya akan memberi tahu beberapa resiko unlock bootloader:

  • Garansi hilang. Ini sudah jelas, garansi akan hangus jika ponsel xiaomi anda sudah dalam keadaan UBL. Kalau anda mau service hp di SC Xiaomi, maka usahakan bootloader dalam keadaan terkunci (locked).
  • HP xiaomi bisa mengalami softbrick, yang lebih parah bisa mati total jika gagal saat instal OS.
  • Semua data akan hilang setelah UBL, jadi usahakan backup data hp xiaomi terlebih dahulu.

Intinya, Do With Your Own Risk. Kalau anda berhasil melakukan UBL hp xiaomi, maka jelas anda sudah bisa mengoprek perangkat xiaomi sesuka hati anda.

Untuk bisa melakukan UBL, maka ada 2 tahap yang harus dilalui:

  • Pertama, anda harus request/meminta permohonan unlock bootloader ke pihak xiaomi.
  • Kedua, setelah mendapatkan izin unlock, anda bisa melakukan UBL dengan software MI Unlock.

Persiapan Unlock Bootloader HP Xiaomi

  • Harus punya Laptop/PC/Komputer, kalau tidak punya bisa pinjam teman. Usahakan jangan di warnet karena biasanya warnet sering error dan banyak virusnya.
  • Kabel USB, usahakan yang original.
  • Harus punya akun Mi.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Pastikan baterai diatas 50%.
  • Aktifkan USB Debugging.
  • Yang jelas harus punya HP Xiaomi yang mau diunlock bootloader nya.

Download Alat dan Bahan

Oke, saya mulai tutorialnya dari tahap pertama dulu.

Tahap 1: Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi

Cara Request Unlock Bootloader Xiaomi - 1

  • Karena website ini berbahasa china, maka anda perlu menggantinya ke English/Indonesia dengan mengklik pada simbol “” yang berada di bawah halaman untuk mengubah bahasa.

Ganti Bahasa - Mi Account

  • Kemudian Log In menggunakan akun Mi yang anda pakai di hp xiaomi. Jika anda belum punya akun Mi, klik “Create Mi Account” untuk membuat akun baru.

Login ke Mi Account

  • Jika sebelumnya anda belum pernah membuat akun di forum MIUI, maka pada langkah ini akan muncul pesan seperti di bawah ini. Isi saja dengan nickname anda, jangan pake spasi.

Masukkan Username MIUI Forum

  • Setelah itu klik tombol biru, lalu anda akan diarahkan ke forum miui. Abaikan saja hal ini. Langsung saja kembali ke website http://en.miui.com/unlock.
  • Klik tombol “Unlock Now”, maka anda akan disuruh mengisi formulir untuk meminta unlock bootloader.
  • Isi formulir tersebut dengan Nama anda (tanpa spasi); pilih negara indonesia; nomor HP yang masih aktif; dan alasan kenapa anda melakukan unlock bootloader (dalam bahasa inggris).

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Trik Agar Request Unlock Bootloader Xiaomi Cepat Diterima

Disini saya akan memberi trik, contoh alasan yang masuk akal untuk request UBL dan cepat diterima, seperti di bawah ini:

My Xiaomi Redmi 4A hard brick! I dont have any solution to fix this problem. I have to unlock bootloader, so i can fix this problem from fastboot method. I need fast approval for unlocking bootloader of my Xiaomi device. Thanks.

Alasan diatas hanyalah contoh, anda bisa sedikit memodifikasinya. Intinya gunakan alasan yang bersifat mendesak atau darurat. Kalau alasan anda bersifat darurat seperti bootloop, hardbrick, softbrick, dll pasti pihak Xiaomi akan memprioritaskan anda terlebih dulu.

Ingat, jangan gunakan alasan seperti: “I want request unlock bootloader for my xiaomi device” atau “I will modify xiaomi device”. Jika alasan anda sesederhana ini, maka kemungkinan proses approval akan lama, mungkin bisa memakan 7-10 hari atau bahkan lebih dari itu.

  • Setelah selesai mengisi formulir, masukkan kode captcha dan centang “I confirm that…” dan klik tombol “Apply now”.
  • Tunggu beberapa menit sampai anda menerima kode konfirmasi yang dikirim via SMS. Masukkan kode konfirmasi tersebut dan klik “Next”.

Masukkan Kode Konfirmasi

  • Jika sudah muncul pesan seperti ini: “Submitted. Please wait for the review”. Maka proses request izin untuk unlock bootloader telah sukses.

Yang harus anda lakukan sekarang adalah menunggu sampai mendapatkan SMS persetujuan dari Xiaomi. Biasanya memakan waktu 5-7 hari, atau bahkan bisa sampai 10 hari. Tergantung situasi, kondisi dan alasan anda, karena yang request unlock bootloader gak cuma dari indonesia, tapi dari seluruh dunia.

Jika anda belum mendapatkan sms persetujuan unlock bootloader, silahkan bookmark artikel ini. Jika anda sudah mendapatkan SMS dari Xiaomi, silahkan buka lagi artikel ini untuk melihat cara unlock bootloader dengan Mi Unlock Tool.

Nah setelah menunggu beberapa hari, akhirnya pihak Xiaomi mengirimkan pesan persetujuan seperti gambar di bawah ini.

SMS Presetujuan UBL Dari Xiaomi

Oke, sekarang lanjut ke tahap 2, yaitu unlock bootloader xiaomi menggunakan software Mi Unlock Tool.

Tahap 2: Cara Unlock Bootloader Xiaomi (Semua Tipe)

Persiapan Sebelum UBL

  • Download alat dan bahan: driver, Mi Unlock Tool, ROM China Developer (jika belum punya).
  • Pastikan hp xiaomi anda saat ini menggunakan ROM China Developer, karena banyak yang gagal UBL saat menggunakan ROM distributor atau ROM Global Stable.
  • Aktifkan USB Debugging. Caranya: pergi ke Settings > About Phone lalu tekan 7x pada “MIUI Version”. Lalu kembali ke menu Settings > Additional setting > Developer Option > Centang USB Debugging.
  • Aktifkan juga OEM Unlocking yang terdapat pada menu Developer Option.

Setelah persiapan selesai, mari kita lanjut ke langkah berikutnya.

  • Pertama, pastikan anda sudah menginstall driver yang cocok untuk smartphone anda. Jika pada laptop sudah terinstall PC Suite, SP Flash Tool atau MiFlashTool, abaikan saja langkah ini.
  • Pastikan Akun Mi pada hp xiaomi yang akan UBL sudah terlihat “Online”. Caranya buka website https://i.mi.com, kemudian login menggunakan akun Mi anda, lalu klik “Find Device”.
  • Jika sudah terlihat Online, silahkan ekstrak file Mi Unlock yang sudah anda download tadi.
  • Kemudian cari file yang bernama “miflash_unlock.exe” . Buka dan jalankan program tersebut.

Mi Flash Unlock

  • Setelah terbuka, akan muncul peringatan. Klik “Agree” untuk melanjutkan. Jangan lupa untuk memastikan laptop/PC anda sudah terhubung ke internet.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi - MI Flash Unlock

  • Selanjutnya Sign In menggunakan akun Mi yang sudah mendapat persetujuan Unlock Bootloader.

Sign In Ke Mi Unlock Tool

  • Jika sudah  sign in, akan muncul tombol “Unlock”. Karena ponsel dan PC belum saling terhubung, maka tombol Unlock nya tidak bisa diklik.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Terbaru

  • Sekarang pastikan smartphone xiaomi anda sudah masuk ke Fastboot mode. Caranya matikan hp xiaomi, lalu tekan dan tahan tombol volume down + tombol power sampai muncul tampilan MIUI Bunny sedang memperbaiki robot android, seperti gambar di bawah ini.

Cara Masuk Fastboot mode Xiaomi Redmi

  • Kemudian hubungkan smartphone xiaomi anda ke PC/Laptop dengan kabel USB. Jika sudah terhubung, maka tampilannya akan jadi seperti ini.

Tutorial Unlock Bootloader Xiaomi

  • Sekarang klik tombol “Unlock”. Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika sudah berhasil unlock bootloader maka akan muncul pesan “Unlocked succesfully”.

Unlock Bootloader Xiaomi Berhasil

Selamat! Anda sudah berhasil unlock bootloader hp xiaomi. Sekarang anda bisa melakukan root, flashing ROM, cusrom, install TWRP, dan lain sebagainya.

Jika anda mengalami masalah saat unlock bootloader, seperti proses unlock stuck di 50% atau 99% dan muncul pesan “Couldn’t verify device”, mungkin ada beberapa kesalahan:

  • Anda tidak menggunakan ROM China Developer. Kebanyakan kasus gagal unlock bootloader xiaomi yang saya lihat di grup dan forum, mereka gagal UBL karena tidak menggunakan ROM Developer China. Solusinya pindah ke ROM Developer China terlebih dahulu agar proses unlock bootloader xiaomi berhasil.
  • Belum mengaktifkan OEM Unlocking. Ini penting, banyak orang yang melewatkan langkah ini.

Setelah anda sukses unlock bootloader (UBL), sekarang anda boleh pindah ke ROM Global Stable atau yang lain.

Nah, sampai disini tutorial cara unlock bootloader hp xiaomi semua tipe. Jika ada kekurangan dalam artikel ini, sampaikan lewat komentar agar saya bisa memperbaiki artikel ini menjadi lebih baik lagi sehingga layak menjadi rujukan.

Jika ada langkah yang kurang jelas, silahkan berkomentar.

Jangan lupa share artikel ini pada orang yang ingin unlock bootloader hp xiaomi mereka, itung-itung buat nambah pahala karena membantu orang lain yang kesusahan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *