11 Game RPG Android Dengan Grafik & Gameplay Terbaik (Offline & Online)

Android merupakan salah satu sistem operasi untuk smartphone yang sekarang ini paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan oleh mudahnya mengakses seluruh aplikasi yang disediakan. Misalnya aplikasi dan game yang bisa dengan mudah anda dapatkan di Play Store. Di Play Store anda bisa mengunduh game apapun yang anda sukai dan bahkan kebanyakan dari game-game tersebut bisa anda dapatkan dengan gratis.

Terlebih lagi game yang tersedia di Play Store pun sangat lengkap sehingga anda bisa memilih game yang terbagi menjadi berbagai macam kategori. Seperti kategori puzzle, racing, action, adventure, board game, music dan yang sekarang ini sedang menjadi favorit adalah Role Playing Game atau yang lebih sering disebut sebagai game RPG.

Oleh karena itulah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang 11 Game RPG Android Terbaik di tahun 2017.

Ulasan mengenai 11 game jenis game RPG Android yang Terbaik di tahun 2017 ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari game RPG yang menarik dan menantang untuk menghabiskan waktu luang.

Sebenarnya terdapat sangat banyak sekali game yang termasuk ke dalam kategori Role Playing atau RPG ini. Namun 11 game yang akan kita bahas disini merupakan game yang paling banyak dimainkan oleh para pengguna Android dan telah terbukti memiliki sangat banyak peminat dan juga telah didownload oleh jutaan pengguna.

Dan langsung saja berikut ini adalah..

11 Game RPG Android yang terbaik tahun 2017

1. S.O.L : Stone Of Life Ex

Game RPG Android Terbaik: Stone of LIie Ex

Game RPG yang satu ini merupakan salah satu game diantara ribuan game yang terdapat di Play Store yang bisa anda dapatkan secara gratis. Game yang satu ini juga termasuk ke dalam kategori game Role Playing (RPG) yang menjadi favorit ribuan bahkan jutaan pengguna Android.

Hal tersebut terbukti dari adanya angka download yang telah mencapai 3 juta lebih. Oleh karena itu sudah tidak diragukan lagi bahwa game Stone of Life Ex ini merupakan game yang sangat disukai dan telah dimainkan oleh banyak gamer.

Apalagi game yang satu ini juga telah mendapatkan rating sebanyak 4.3 bintang yang telah diberikan oleh sebanyak 138.628 pengguna yang menyumbangkan ratingnya untuk game RPG ini.

Game Stone Of Life Ex ini adalah game yang dikembangkan oleh Developer game ternama asal Korea Selatan yakni Oddy Arts yang juga telah memproduksi berbagai macam game yang juga laris manis. Untuk masalah ukuran memang game ini memiliki ukuran yang tidak terlalu kecil namun tidak terlalu besar sehingga sangat pas dan tidak memberatkan smartphone anda karena ukuran game ini hanyalah 42 MB saja.

Sehingga jika anda ingin mendownload game Stone Of Life Ex ini tentunya terlebih dahulu anda harus meluangkan ruang sekitar 42 MB agar game bisa berjalan dengan lancar dan ponsel tidak mengalami lag dan lemot.

Gameplay Stone Of Life Ex:

Mode: Offline
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

2. Shinobi Heroes

Game RPG Android Terbaik: Shinobi Heroes

Game RPG untuk Android yang berikutnya adalah game yang bernama Shinobi Heroes. Game Shinobi Heroes ini merupakan game RPG yang mana kita memainkan peran sebagai seorang ninja. Gameplay pada Shinobi Heroes ini sangat menarik, yaitu anda harus menjalankan ratusan misi ninja setiap harinya dan sebisa mungkin anda harus menjadi ninja yang terbaik dengan cara mengalahkan musuh-musuh yang ada.

Dan yang membuat game ini sangat disukai, karena game Shinobi Heroes ini tidak seperti game ninja kebanyakan karena pada game ini anda bisa merekrut puluhan hingga ratusan ninja yang bisa anda manfaatkan untuk membantu anda untuk memngalahkan semua bijuu dan tentunya untuk menyelesaikan misi utama yakni menyelamatkan desa Konoha.

Dalam game yang berukuran 46.30 MB ini anda bisa mendapatkan berbagai macam fitur yang tidak terdapat pada game ninja yang lain. Seperti misalnya fitur Summon Bijuu dimana anda bisa melatih 10 bijuu terkuat yang nantinya akan membantu anda dalam pertarungan sebagai pet.

Jika anda berhasil melatih bijuu menjadi yang terkuat maka anda bisa mencapai misi anda menjadi ninja yang terkuat.

Fitur yang lain yaitu fitur Rekrut Ratusan Ninja yang mana memungkinkan bagi anda untuk merekrut ratusan ninja yang masing-masing memiliki karakteristik dan juga kemampuan yang berbeda-beda. Terdapat ninja yang berkemampuan sebagai partner anda dalam menyerang musuh, atau bisa juga ditempatkan sebagai ninja yang bertahan atau bisa juga digunakan sebagai ninja untuk tim medis.

Selain kedua fitur diatas, game yang dikembangkan oleh Mochi Game Studio dari Kuala Lumpur Malaysia ini juga menyediakan berbagai fitur lain yang membuat game ini menjadi sangat disenangi seperti misalnya Chakra Sistem yang merupakan tenaga dalam untuk semua ninja di Shinobi Heroes. Selain itu terdapat juga misi dan event harian yang bisa anda mainkan untuk menambah poin anda dalam memenangkan misi untuk menjadi ninja yang terkuat.

Gameplay Shinobi Heroes:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

3. Crasher

Game RPG Android Terbaik: Crasher

Game yang berikutnya yaitu adalah game Crasher yang merupakan game RPG online yang dikembangkan oleh developer ternama asal Korea, yakni 4399enGame. Game Crasher ini awalnya merupakan game yang hanya terdapat dalam versi Korea. Namun kini game ini lebih dikembangkan lagi sehingga bisa dimainkan oleh seluruh gamer di seluruh dunia.

Dan ternyata hal tersebut membuahkan hasil yang sangat memuaskan karena terbukti dengan jumlah angka pengunduh yang mencapai 1 juta lebih. Dan hal tersebut tentunya cukup menjadi bukti bahwa game ini cukup disukai dan telah dimainkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Bahkan game ini telah mendapatkan rating sebanyak 4,7 bintang dari sekitar 90 ribu pengguna. Sangat tidak mengherankan jika game ini masuk ke dalam daftar 11 Game RPG terbaik untuk Android di tahun 2017 ini.
Game RPG yang satu ini menyuguhkan berbagai macam fitur yang sangat menyenangkan, menantang dan juga menegangkan karena anda akan dihadapkan dengan multiple player atau dua pemain dalam satu layar.

Yang mana dalam game ini anda juga akan disuguhi dengan lebih dari 17 peta yang bisa anda jelajahi seperti misalnya Dawn city, Lost City, Hawburg, Snow Field dan masih banyak lagi peta atau lokasi lainnya yang akan membuat anda semakin penasaran dan semakin tertantang.

Gameplay Crasher:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

4. Dungeon Hunter 5

Game RPG Android Terbaik: Dungeon Hunter 5

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama pengembang asal Perancis, Gameloft bukan? Ya. Gameloft merupakan salah satu pengembang game yang sangat terkenal karena telah mengembangkan banyak sekali game yang rata-rata menjadi favorit para gamer.

Dan salah satu game dari Gameloft yang sekarang ini sedang menjadi favorit para gamer di tahun 2017 ini adalah game Dungeon Hunter 5 yang mana sebenarnya game ini merupakan lanjutan dari seri Dungen Hunter 4.

Game yang berukuran cukup besar ini termasuk ke dalam 11 Game RPG Android Terbaik karena dilihat dari jumlah downloadnya saja sudah bisa mengalahkan ratusan game-game yang lain karena jumlahnya mencapai lebih dari 5 juta download. Angka 5 juta tersebut merupakan angka yang sangat besar karena jarang game yang bisa mencapai angka download hingga menyentuh 5 juta.

Dalam game ini anda akan berjuang bersama dengan jutaan Bounty Hunters lainnya untuk memerangi kegelapan yang menguasai dunia. Dan dalam game ini anda juga akan disuguhkan dengan kurang lebih 69 misi yang harus anda selesaikan setiap harinya. Terdapat beberapa mode yang akan membuat game menjadi semakin menarik seperti misalnya Co-Op Mode yang memungkinkan anda untuk berjuang berdampingan bersama 3 player lainnya untuk menjalankan misi, atau dalam istilah game RPG namanya Party.

Gameplay Dungeon Hunter 5:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

5. The Bard’s Tale

Game RPG Android Terbaik: The Bard's Tale

Selanjutnya yaitu terdapat game The Bard’s Tale yang merupakan game yang dikembangkan oleh inXile Entertainment yang berlokasi di Newport Beach, California, US. Game yang satu ini memang baru mencapai angka download yang tidak begitu fantastis yakni hanya sekitar 500 ribu lebih. Namun game ini telah mendapatkan rating sebanyak 4,6 bintang dari sekitar 62 ribu pengguna yang mana hal tersebut cukup menjadi bukti bahwa game ini sangat disukai dan sangat digemari oleh para pengunduhnya.

Ukuran dari game ini sangat besar, yaitu lebih dari 1,5 GB. Tentu anda harus menyediaan cukup ruang di memori agar bisa memainkan game ini dengan baik. Namun memang sayangnya untuk bisa mendapatkan game yang satu ini anda harus mengeluarkan dana sekitar IDR 23.500. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa angka downloadnya tidak begitu tinggi pada game yang memiliki gameplay dan grafik yang sangat menarik ini.

Game The Bard’s Tale ini merupakan game yang tidak hanya menyenangkan dan menantang untuk dimainkan namun game ini juga sangat lucu sehingga bisa menghibur para gamer. Terlebih lagi game ini menawarkan tampilan gambar dengan kualitas 3D yang membuat game terlihat semakin nyata sehingga semakin memaksimalkan jalan permainan.

Gameplay The Bard’s Tale:

Mode: Offline
Harga: Rp 23.506
Link: [Google Play]

6. Seven Knights

Game RPG Android Terbaik: Seven Knights

Game berikutnya yaitu game Seven Knights yang merupakan game yang dikembangkan oleh pengembang ternama asal Korea Selatan yakni Netmarble Games. Game yang telah didownload oleh lebih dari 5 juta pengguna ini memiliki ukuran yang cukup kecil yakni sekitar 44 MB. Dan game ini telah mendapatkan rating sebanyak 4.3 bintang dari sejumlah 226.300 pengguna yang tentunya menjadi bukti bahwa game ini merupakan game yang sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Gameplay dari Seven Knights ini yaitu anda harus menjadi kestaria yang akan menghadang dan melawan Dewa Kehancuran untuk mengembalikan kedamaian di Negeri Ladenberg. Dalam game ini anda sebagai ksatria akan dibantu juga oleh Evan dan Karin untuk menyatukan seluruh ksatria di dunia dan untuk mencapai misi utama yaitu menarih kemenangan.

Terdapat banyak sekali fitur yang tersaji dalam game ini yang akan membuat game menjadi semakin seru. Seperti misalnya 3D Battle yang memungkinkan anda untuk memilih tim dari ratusan hero dari kombinasi yang kuat. Selain itu anda juga bisa menjalankan battle dengan cepat dan mudah dengan menggunakan mode double speed. Atau anda juga bisa menggunakan strategi perang untuk berbagai quest di Ladenberg dengan Power Up, Rank Up, atau Gear Up.

Gameplay Seven Knights:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

7. Final Fantasy VI

Game RPG Android Terbaik: Final Fantasy VI

Game berikutnya adalah game Final Fantasy VI yang merupakan game buatan Jepang dari developer Square Enix. Game yang satu ini memang merupakan game yang sangat menantang dengan gameplaynya yang menarik karena game ini juga merupakan seri dari game Final Fantasy yang pertama rilis pada tahun 1994.

Namun sayangnya pada Play store jumlah download dari game ini baru mencapai angka 100 ribu saja. Hal tersebut mungkin dikarenakan harga game yang sangat mahal. Untuk bisa mendapatkan game ini anda harus membayar seharga Rp. 223.385. Harga tersebut merupakan harga yang cukup tinggi untuk sebuah game.

Namun tentunya seri game Final Fantasy yang keenam ini memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan seri-seri game yang sebelumnya. Seperti misalnya tampilan grafiknya yang terlihat semakin nyata sehingga membuat anda semakin nyaman dalam memainkan game ini.

Tampilan grafik yang apik dan menarik tersebut tidak lain merupakan campur tangan desainer grafik ternama dari Jepang yakni Kazuko Shibuya. Selain itu game tersebut kini juga telah dilengkapi dengan touch control yang sangat nyaman untuk digunakan sehingga tidak membuat bosan para pemainnya.

Gameplay Final Fantasy VI:

Mode: Offline
Harga: Rp 223.385
Link: [Google Play]

8. Kritika: The White Knights

Game RPG Android Terbaik: Kritika

Dan yang berikutnya adalah game yang angka downloadnya telah mencapai angka 10 juta, yakni game Kritika: The White Knights. Game ini tentunya menjadi game  RPG yang sangat digemari karena bisa dilihat dari angka downloadnya yang mencapai angka 10 juta download.

Dan angka 10 juta merupakan angka yang sangat besar yang mampu membuktikan bahwa game tersebut memiliki daya tarik sehingga sangat banyak orang yang menyukai dan pada akhirnya mendownload game yang satu ini. Terlebih karena game ini merupakan game yang bisa anda download secara gratis di Play Store sehingga tentunya para gamer tidak sungkan untuk mendownload file aplikasi game yang satu ini.

Game yang dikembangkan di Korea oleh Gamevil ini memiliki ukuran yang agak besar yakni sekitar 68 MB sehingga anda harus meluangkan sedikit ruang pada smartphone anda untuk bisa menyimpan game dan memainkannya.

Game yang termasuk ke dalam 11 Game RPG Android Terbaik ini akan sangat menantang saat anda mainkan karena anda akan bermain melawan musuh-musuh yang tangguh seperti Burst Breaker yang mampu meledakkan medan perang hanya dengan satu serangan.

Atau bisa juga anda melawan Eclair yang akan menggiring musuh pada kehancuran atau bisa juga Blood Demin yang dengan senjata tombaknya yang haus darah selalu menuntut nyawa. Atau masih banyak lagi musuh-musuh yang lain seperti Crimson Assassin, Dark Valkyrie, Berserker, Cat Acrobat dan juga Shadow Mage.

Gameplay Kritika: The White Knights:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

9. Kingdom Warriors

Game RPG Android Terbaik: Kingdom Warriors

Dan untuk game yang berikutnya yaitu game Kingdom Warriors yang merupakan game dari Snail Games USA Inc. Game yang satu ini merupakan game yang angka downloadnya mencapai 50 ribu. Game yang satu ini bisa anda dapatkan dengan gratis atau free langsung dari Play Store di Smartphone Android anda.

Game dengan ukuran file apk ebesar 25,21 MB ini merupakan game RPG yang akan mengajak anda untuk memasuki dunia yang kacau. Sehingga anda ditugaskan untuk memimpin pasukan yang anda miliki untuk bisa memenangkan pertarungan.

Dalam game Kingdom Warriors ini anda bisa memiliki lebih dari 40 pahlawan yang termasuk ke dalam pasukan anda yang akan menuntun dan membantu untuk menuju kemenangan. Pahlawan-pahlawan tersebut merupakan pahlawan yang telah dikenal seperti misalnya Cao-cao, Lu Bu, dan juga Guan Yu. Game ini pun juga akan menuntut anda untuk semakin mengembangkan pasukan anda dan juga menuntut anda untuk terus meningkatkan strategi yang anda miliki.

Gameplay Kingdom Warriors:

Mode: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

10. Marvel Future Fight

Game RPG Android Terbaik: Marvel Future Fight

Dan game selanjutnya yaitu game Marvel Future Fight yang menjadi game yang saya masukkan ke dalam 11 Game RPG di Android yang Terbaik karena angka downloadnya yang mencapai 10 juta lebih. Angka yang sangat fantastis untuk sebuah game. Selain itu game ini juga telah mendapatkan rating sebanyak 4,5 bintang dari lebih dari 1,4 juta pengguna.

Game RPG yang satu ini merupakan game dengan gameplay yang sangat menarik karena anda bisa menyatukan seluruh Hero-Hero terkenal dan terhebat dari seluruh dunia Marvel seperti misalnya The Avengers, Spiderman dan Guardian of The Galaxy.

Gameplay dari game ini berawal ketika anda mendapatkan pesan dari Direktur SHIELD Nick Fury yang mengatakan bahwa dimensi dari multiverse telah bertabrakan sehingga keselamatan umat manusia berada di tangan anda. Sehingga dalam game ini anda akan diajak untuk mengumpulkan para superhero dan juga Super Villain yang hebat untuk menjadi bagian dari tim anda untuk melindungi alam semesta dengan menggunakan segala cara.

Terdapat banyak sekali fitur yang bisa anda nikmati dalam game ini seperti misalnya 3v3 Battle, Single Player Campaign dan masih banyak lagi fitur yang lainnya. Dengan segala keunggulan ini tidak heran jika Marvel Future Fight ini termasuk ke dalam Game RPG Android Terbaik di tahun 2017 ini.

Gameplay Marvel Future Fight:

Mode: Offline
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

11. Art of Sword

Game RPG Android Terbaik: Art of Sword

Game RPG yang satu ini adalah favorit saya. Art of Sword masuk dalam daftar game paling populer di Play Store. Game ini berbasis MMORPG, yang artinya anda bisa bermain dengan pemain lain dari seluruh dunia. Tentunya game ini membutuhkan koneksi internet agar bisa memainkannya.

Gameplay Art of Sword sangat menarik, karena mempunyai grafik dan animasi yang sangat bagus, dalam arti tidak jelek dan juga tidak terlalu HD. Ada 4 kelas yang bisa anda pilih, diantaranya adalah: Grand Duelist, Sorcerres, Future Guardian dan Vampire Hunter. Game ini memiliki banyak misi yang harus diselesaikan. Terdiri dari 8 stage dengan level kesulitan yang terus meningkat.

Yang membuat game ini sangat menarik adalah eventnya. Dalam game ini anda bisa ber-party dengan 3 pemain lain untuk menaklukkkan dungeon bersama-sama. Guild war, Steel jungle dan hopeless canyon adalah event yang paling banyak dimainkan.

Dalam Guild War anda bisa berperang bersama guild anda melawan guild lain. Sedangkan steel jungle dan hopeless canyon adalah mode PvP 4 vs 4, yang mana anda bisa bertarung dengan tim pemain lain. Sangat seru, kan? Ukuran total game buatan SiamGame ini bisa mencapai lebih dari 400 MB, atau lebih tepatnya sekitar 483 MB.

Jadi, sediakan ruang memori yang cukup agar bisa memainkan game jenis MMORPG ini.

Gameplay Art of Sword:

Status: Online
Harga: Gratis
Link: [Google Play]

Catatan: 11 game RPG Android Terbaik ini bukan hanya berdasarkan jumlah download saja namun juga berdasarkan jumlah rating yang tinggi dari masing-masing game dan beberapa review dari para gamer. Semua video gameplay game rpg diatas bukanlah milik Androdot.net, akan tetapi kami ambil dari situs youtube.

Nah demikian ulasan mengenai daftar game rpg yang terbaik yang wajib kamu mainkan di tahun ini. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk mencari game rpg android, baik itu offline maupun online.

Daftar diatas akan selalu saya update mengikuti perkembangan, jadi tolong bookmark agar tidak bingung dalam mencari saran game rpg untuk android.

Share info ini dan jangan biarkan temanmu kudet!

3 Respon

  1. game RPG pada mobile atau android khususnya telah berkembang sangat pesat yang mungkin kedepannya dapat menggeser peran PC sebagai platform utama yang selama ini telah menjadi ‘label’ platform terbaik untuk game RPG

  2. maurin berkata:

    buset.. banyak banget game RPG sekarang ini.. entah mau main yang mana.. terkadang game RPG dengan grafik bagus. tapi ceritanya ngebosenin.. btw thx buat infonya

  3. Raditya berkata:

    Memang ajeb banget gan diatas tersebut. Kalau ane si.,, tetep main SOL. Game nya kagak ngebosenin, sudah upgrade gak abis-abis heheh.. keren banget dah. Makasih gan sudah review nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *