Inilah 10 Launcher Terbaik Yang Memukau, Ringan & Hemat Baterai Untuk Android

Salah satu keuntungan menggunakan ponsel android adalah tampilan layarnya yang sangat bagus dan bisa diganti-ganti. Untuk mengganti tampilan yang unik dan baru di handphone, anda bisa menggunakan aplikasi launcher. Ada banyak launcher android terbaik yang paling ringan, hemat RAM, dengan tampilan yang menakjubkan.

Dengan menggunakan launcher anda bisa mengganti tema, ikon, merubah tampilan utama, dan masih banyak lainnya.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi launcher terbaik yang ringan tapi keren dan bisa anda gunakan kapan saja. Semuanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut ini daftar launcher android terbaik yang ringan dan hemat baterai yang bisa menyulap tampilan smartphone android menjadi lebih memukau.

Nova Launcher

[Harga: Gratis/Rp 65.000]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Nova Launcher

Launcher terbaik pertama yang bisa anda gunakan adalah Nova Launcher. Nova Launcher merupakan home screen yang dapat digunakan pada handphone android versi 4.0 keatas. Home screen nova launcher memiliki tampilan yang unik menarik dan sangat fleksibel.

Bahkan fitur yang terdapat pada nova launcher dapat digunakan untuk para tuna netra. Ada beberapa fitur yang bagus dari nova launcher. Misalnya seperti merubah tema warna, merubah ikon, app drawer yang bisa ditata sesuai dengan keinginan anda, dock yang bisa di scroll dan masih banyak lainnya.

Dengan begitu akan membuat tampilan handphone android anda semakin menakjubkan. Tema yang disediakan juga sangat banyak dan tidak membuat boros baterai. Buat anda yang suka otak-atik tampilan layar handphone, nova launcher menjadi pilihan yang tepat untuk anda.

Launcher buatan developer teslacoil software ini dirancang supaya para pemilik handphone bisa merancang tampilan home screennya sesuai dengan keinginan. Jadi setiap orang akan memiliki tampilan yang berbeda-beda. Anda bisa menampilkan aplikasi favorit anda saja, menambah scroll effect, dibuat folder aplikasi, memback-up data dan masih banyak lainnya.

Bahkan untuk versi prime (seharga $4.99/Rp 65.000) anda bisa membuka tampilan layar hanya dengan satu kali sentuhan jari saja. Anda juga bisa menyembunyikan aplikasi supaya tidak mudah dibuka oleh orang lain.

ZenUI

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen ZenUI Launcher

Launcher ZenUI merupakan user interface yang dibuat dan dikembangkan khusus oleh vendor Asus. Asus ZenUI pertama kali digunakan asus pada handphone asus zenfone 4, zenfone 5 dan zenfone 6. Ada banyak keunggulan yang akan anda dapatkan jika menggunakan asus zenUI.

Launcher ZenUI dibuat dengan menggunakan tampilan grafis terbaru. Di rancang supaya navigasi pada handphone anda lebih efisien, pilihan warna yang lebih cerah, bentuk ikon yang lebih flat dan modern, model notifikasi terbaru, ringtone terbaru dan masih banyak lainnya.

Semua bentuk interface terbaru dari zenUI dapat membuat tampilan layar lebih mudah dan informative. Tampilannya juga sangat bagus dipandang mata.

Kurang lebih ada 6 hal yang diberikan asus pada launcher zenUI ini.

  • Pertama, whats next., dengan ini akan membantu mengelola dan melacak semua jadwal anda. Apa yang akan anda lakukan selanjutnya. Fungsi whast next terletak di tengah layar lock screen. Jadi pengguna dengan mudah melihat hal yang dibutuhkan.
  • Kedua, do it later, dengan fungsi ini anda dapat mengetahui artikel yang menarik dan melakukan tugas lainnya tanpa harus mengganggu kegiatan yang lain.
  • Ketiga, pixl master berfungsi untuk memberikan kualitas gambar yang unggul dan berkualitas tinggi.
  • Keempat, open cloud yang dapat membantu mengintegrasikan ruang pada dropbox, google drive dan Microsoft one drive.
  • Kelima, omlet chat yang memberikan aplikasi chat gratis buat anda.
  • Dan terakhir ada zen link yang mengintegrasikan perangkat ke berbagai koneksi.

Smart Launcher Pro 3

[Harga: Rp 58.000]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Smart Launcher Pro 3

Smart launcher pro 3 merupakan versi premium atau versi berbayar dari Smart Launcher 3. Dengan menggunakan smart launcher pro 3 anda akan mendapatkan tampilan yang lebih menarik dan inovatif dibandingkan versi gratisnya. Ada banyak kelebihan yang akan anda dapatkan.

Smart launcher pro 3 memberikan tampilan antar muka yang bersih, minimalis dan nyaman. Selain itu smart launcher pro 3 tidak memakan memory penyimpanan yang banyak dan sangat hemat baterai. Sehingga tidak membuat handphone android cepat lemot atau ngelag. Hanya dengan beberapa sentuhan saja, anda sudah bisa menjalankan berbagai macam aplikasi dengan mudah dan cepat.

Ada 5 fitur yang akan anda dapatkan jika menggunakan smart launcher pro 3.

  • Pertama fitur widget popup. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan widget dengan satu sentuhan saja.
  • Kedua widget layar yang berfungsi untuk menempatkan widget anda. supaya bisa dibuka dengan lebih mudah.
  • Ketiga fitur gerakan dua jari yang bisa memudahkan anda memulai aplikasi.
  • Keempat mempunyai update yang lebih cepat dan banyak dibandingkan versi sebelumnya.
  • Kelima ada fitur baru seperti support newicopacks, UI changes, icon normalization. Included recovery, google now, removed wallpaper, improved preferences dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan launcher ini anda harus membayar 58 ribu rupiah di playstore. Fitur yang anda dapatkan akan sepadan dengan harga yang sudah anda bayar.

Arrow Launcher

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Arrow Launcher

Arrow launcher merupakan launcher android dengan user interface terbaru buatan Microsoft. Dengan menggunakan arrow launcher anda akan mendapatkan tampilan antar muka yang lebih atraktif dan intuitif. Ditambah dengan berbagai fitur yang menarik membuat launcher ini semakin asyik untuk digunakan.

Tampilannya simple, nyaman dimata dan mempermudah pengoperasian handphone android anda. Ukurannya juga sangat kecil; hanya 4,3 mb saja, jadi tidak memakan memory penyimpanan yang banyak. Ditambah aplikasi launcher ini tidak akan membuat baterai anda cepat habis dan tidak membuat handphone menjadi lemot.

Hal ini membuat anda lebih nyaman untuk menggunakan aplikasi arrow launcher di handphone android anda.

Pada tampilan homescreen terdapat menu recent dan Apps. Menu recent berfungsi untuk pengingat daftar tampilan terbaru tenang semua file yang anda buka. Sedangkan menu Apps berfungsi untuk menampilkan icon aplikasi yang anda gunakan. Selain itu juga ada menu people untuk daftar kontak dan reminder untuk mencatat memo di layar homescreen.

Di arrow launcher juga terdapat app drawer, sehingga anda bisa mengurutkan aplikasi berdasaran abjad atau berdasarkan aplikasi terpenting. Arrow launcher bisa membuat anda lebih kreatif karena bisa kustomisasi icon dan wallpaper sendiri. Ada banyak sekali keunggulan yang bisa anda dapatkan bila menggunakan launcher ini.

Apex Launcher

[Harga: Gratis/Rp 52.799]
[Link: versi Gratis & versi Pro]

Launcher Android: Home Screen Apex Launcher

Launcher android terbaik yang hemat ram dan mempunyai tampilan yang keren salah satunya adalah apex launcher. Apex launcher mempunyai tampilan yang sedikit berbeda dengan aplikasi launcher lainnya. Ada beberapa fitur yang akan anda dapatkan.

Seperti ikon yang dapat berganti dengan ikon material design, drawer background, apex action icons, search bar, folder style yang bergaya lollipop, peningkatan kinera IU, ikon drawer yang bergaya lollipop, dan indicator yang bergaya loliipop. Jadi anda akan mendapatkan tampilan layar yang unik, menarik dan modern.

Walaupun handphone anda belum mempunyai system operasi android loliipop tapi tampilan layar anda akan bergaya android lolliopo. Tapi tidak terlihat begitu mirip.

Di playstore ada dua jenis apex launcher yaitu yang gratis dan premium. Untuk yang premium anda akan mempunyai lebih banyak fitur dibandingkan yang gratis. Dengan menggunakan apex launcher anda bisa membuat home screen sampai 9 halaman dan 7 ikon dock.

Effect yang diberikan juga sangat bermacam dan cantik-cantik. Tema dan wallpaper yang tersedia akan membuat tampilan layar anda semakin menakjubkan. Dengan menggunakan apex launcher, anda juga bisa membackup data. Jadi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan semua data anda masih aman. Apex launcher ini hanya dapat digunakan pada versi android 4.1 ke atas saja.

Google Now Launcher

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Google Now Launcher

Saat ini aplikasi launcher sangat banyak sekali. Dengan menggunakan launcher akan membuat tampilan layar handphone anda semakin menarik. Salah satu aplikasi launcher terbaik yang bisa anda coba adalah Google Now Launcher. Awalnya aplikasi ini hanya bisa digunakan pada nexus 5 saja.

Tetapi sekarang sudah bisa digunakan oleh berbagai device dan merk yang menggunakan system android jelly bean ke atas. Aplikasi ini membuat tampilan lebih menarik tapi simple. Yang paling penting tidak memakan banyak memory penyimpanan dan sangat hemat baterai. Sehingga tidak menghambat performa handphone android anda saat melakukan tugas berat seperti bermain game atau membuka banyak aplikasi.

Salah satu keistimewaan Google Now Launcher adalah adanya fitur google now yang berada di depan layar utama android anda. Jadi anda langsung melihat semua pembaharuan di google now tanpa harus membuka aplikasi google now terlebih dahulu.

Yang paling penting dengan menggunakan launcher ini anda bisa menggunakan fitur “OK google” yang saat ini sedang marak digunakan. Dengan menggunakan fitur tersebut anda bisa memerintahkan semua hal. Seperti membuka aplikasi, mengirim sms, menelepon, mendengarkan musik dan lain sebagainya hanya dengan perintah suara. Anda bisa mendownload gratis google now launcher di playstore dan dapatkan tampilan yang simple tetapi unik.

Yahoo Aviate Launcher

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Yahoo Aviate Launcher

Aviate launcher awalnya dikembangkan oleh thumbsUp labs. Akhirnya aplikasi ini dibeli oleh yahoo dan diberi nama menjadi yahoo aviate launcher. Yahoo aviate launcher hadir dengan berbagai macam kostumisasi yang bisa membuat tampilan layar android anda semakin menarik dan berbeda dari yang lain.

Dilihat sekilas tampilan aviate launcher agak berbeda dengan launcher lainnya seperti nova, go launcher dan masih banyak lainnya. Salah satu launcher terbaik ini akan membuat tampilan layar lebih sederhana dan mengatur aplikasi sesuai dengan kegunaannya.

Jadi memudahkan anda dalam mengoperasikan handphone android anda. Aplikasi dan informasi penting bisa anda buka kapan saja dengan mudah.

Ada beberapa kelebihan yang anda dapatkan jika menggunakan yahoo aviate launcher…

  1. Memiliki navigasi yang cantik dan sederhana.
  2. Menampilkan aplikasi sesuai dengan kebutuhan.
  3. Membuat tampilan layar lebih rapi dan terorganisir.
  4. Pilihan tema yang banyak.
  5. Adanya shortcut, widget, install paket icon dan masih banyak lainnya.

Kelebihan lain dari launcher ini adalah tidak akan membuat handphone android lemot, membuat tampilan semakin bagus dan hemat baterai. Anda bisa mendownload yahoo aviate launcher secara gratis di playstore. Ukurannya sangat kecil jadi tidak memakan banyak ruang di memori penyimpanan. Aplikasi ini hanya dapat digunakan pada android jelly bean ke atas.

Hola Launcher

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Hola Launcher

Aplikasi launcher selanjutnya adalah hola launcher. Hola launcher merupakan aplikasi launcher yang paling cepat dan paling kecil di dunia. Handphone android yang mempunyai system android 2.3 keatas sudah bisa diinstal aplikasi launcher ini.

Ukuranya hanya 1 Mb saja, jadi tidak akan membuat handphone lemot dan memakan memory banyak. Yang paling penting hola launcher sangat hemat baterai. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat menghemat ram sampai 40% dan prosesnya peluncuran lebih cepat dibandingkan aplikasi launcher lainnya.

Buat anda yang suka tampilan minimalis dan simple, aplikasi launcher ini sangat tepat buat anda. Hola Launcher dapat di download secara gratis di playstore.

Ada banyak sekali tema dan wallpaper yang terdapat pada hola launcher. Jadi anda bisa menggonta-gantinya sesuai dengan keinginan anda. Tetapi sayangnya hola launcher tidak mempunyai apps drawer sehingga semua aplikasi langsung berada di layar utama. Anda jadi lebih mudah untuk mengaksesnya.

Ada beberapa fitur yang akan anda dapatkan. Seperti hola swipe yang berfungsi untuk bisa melakukan peralihan aplikasi dengan mudah dan cepat. Kemudian ada fitur hola boost yang berguna untuk mempercepat pembukaan ponsel hanya dengan satu ketukan.

Fitur T9 search engine yang digunakan untuk mencari sesuatu hanya dengan dua ketukan. Fitur hola box untuk mengaktifkan file yang tersembunyi, hanya dengan gesekan dua jari pada layar android anda. Jadi anda akan mendapatkan tampilan layar yang simple, minimalis tetapi sangat cepat digunakan.

Action Launcher 3

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Action Launcher

Anda bosan dengan tampilan layar antarmuka handphone android yang itu-itu saja dan ingin merubah menjadi tampilan yang menarik?

Anda bisa menggunakan aplikasi action launcher 3. Ada banyak sekali kelebihan yang akan anda dapatkan jika menggunakan action launcher 3 ini. Tampilan layarnya memang sederhana tetapi memiliki keunikan tersendiri dibandingkan launcher yang lainnya.

Dengan menggunakan action launcher 3 anda akan mendapatkan tampilan layar yang berbeda dari yang lain. Ada beberapa fitur yang ada di action launcher 3 ini, yaitu:

  • Fitur quickdrawer, fitur ini berfungsi sebagai akses instan untuk membuka semua aplikasi di handphone anda.
  • Quicktheme yang berfungsi untuk mengatur gambar atau wallpaper pada layar anda.
  • Fitur covers yang berfungsi untuk mengakses semua aplikasi pada folder yang cepat tapi bisa menyesuaikan tema handphone anda. sehingga membuat tampilan layar handphone anda android anda semakin cantik.
  • Selanjutnya ada fitur shutter. Fitur ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk memunculkan widget pada layar anda. Hanya dengan satu kali sapuan saja bisa membuka widget secara otomatis dan cepat.
  • Fitur quickpage yang berfungsi untuk mengakses beranda dengan cepat yang berada di pojok kanan layar.

Aplikasi action launcher 3 ini dapat digunakan pada tablet anda dan kompatibel dengan berbagai launcher lainnya. Jadi anda tak perlu mensetting ulang ketika menggunakan aplikasi ini. Anda dapat mendownload secara gratis action launcher 3 di play store.

Buzz Launcher

[Harga: Gratis]
[Link: Google Play]

Launcher Android: Home Screen Buzz Launcher

Saya yakin sudah banyak orang yang tahu aplikasi buzz launcher. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi popular di play store. Buzz launcher merupakan aplikasi antar muka yang dapat membuat tampilan layar handphone android anda semakin menarik.

Ukuran buzz launcher yang kecil membuat kerja android tetap lancar dan sangat hemat baterai. Salah satu keunggulan dari buzz launcher adalah adanya fitur homepack. Fitur ini berfungsi untuk memberikan tampilan handphone android yang bagus dan instan dengan menggunakan widget dan icon pack.

Anda bisa memilih wallpaper, tema. Icon pack dan lainnya yang sangat banyak sekali. Kurang lebih ada 10.000 lebih theme buzz dan homepack yang bisa anda gunakan.

Ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda dapatkan. Anda bisa mengkustomisasi tema dan wallpaper. Bisa menggeser layar dengan lebih cepat, halus dan efek yang cantik. Hanya dengan satu sentuhan saja, anda bisa membuka berbagai macam aplikasi yang terinstal.

Anda bisa menerapkan homescreen hanya dalam waktu 5 detik saja dan masih banyak lainnya. Semua pilihan tema, widget, icon pack dan lainnya di buzz launcher selalu di perbaharui setiap harinya. Jadi hampir setiap hari anda bisa merubah tampilan layar menjadi lebih menarik.

Tampilan layar buzz launcher memang sangat simple, mudah digunakan, cepat dan mengorganisir aplikasi dengan baik. Anda bisa mendownload aplikasi ini gratis di playstore dan untuk tema anda bisa download di website resmi buzz launcher.

Penutup

Itulah 10 launcher terbaik untuk android yang ringan dan hemat baterai serta yang mempunyai tampilan memukau. Semua aplikasi launcher tarbaik tersebut dapat anda download di playstore. Ada yang versi berbayar dan ada yang gratis.

Semua aplikasi launcher tersebut dapat digunakan berbagai merk handphone android. Jadi anda bisa mempunyai tampilan yang unik dan bermacam-macam. Misal handphone Samsung mempunyai tampilan handphone asus dan masih banyak lainnya.

Anda bisa berganti tema dan widget sesuai dengan keinginan anda. Setiap launcher mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Anda punya saran launcher lain yang bagus? Share ke komentar, saya akan dengan senang hati menambahkannya ke dalam artikel.

Gunakan tombol share dibawah ini untuk memberi  tahu teman dan orang lain agar mereka tidak kudet.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *