Cara Mudah Menjadikan HP Android Sebagai Modem di PC/Laptop Melalui USB dan Wi-Fi

Menjadikan hp android sebagai modem untuk Laptop/PC bukanlah hal baru. Malahan sudah banyak orang yang mengetahuinya. Akan tetapi orang yang awam masih saja bingung.

Untuk itulah saya membuat artikel ini, khusus bagi kamu yang masih bingung dalam mensetting ponsel android agar bisa dijadikan modem di Laptop/PC.

Banyak alasan mengapa orang enggan membeli modem langsung dan memilih menjadikan hp android mereka sebagai modem. Selain modem sekarang harganya mahal, membuat hp android jadi modem adalah hal yang paling praktis.

Jadi fungsi smartphone android sekarang ada banyak, salah satunya bisa dijadikan sebagai modem. Benar-benar praktis dan hemat duit. Baiklah, karena panduan ini hanya untuk pemula, saya akan menjelaskan secara detail beserta gambarnya.

Beberapa letak dan nama pengaturan mungkin agak berbeda antara smartphone yang saya gunakan dengan yang kamu miliki saat ini. Tapi intinya tetap sama.

Metode membuat android sebagai modem ada 3:

  1. Melalui kabel data/USB
  2. Melalui sambungan Wi-Fi
  3. Melalui koneksi bluetooth

Saya hanya akan jelaskan yang nomor 1 dan 2 saja, karena yang nomor 3 sudah terlalu jadul, ribet dan tidak semua PC/Laptop sudah terinstall bluetooth. Kita mulai dari yang pertama..

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Dengan Kabel USB

Hal pertama yang harus kamu pastikan yaitu kamu harus memiliki paket data internet (kuota) yang aktif. Jika belum, kamu bisa beli kuota internet via paypal.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat hp android menjadi modem di PC/Laptop.

Download Game War of Rings Android

Hal yang harus dipersiapkan:

  • HP Android dengan versi 2.3 keatas
  • Kabel USB yang kompatibel dengan PC/Laptop. Lebih bagus jika menggunakan bawaan HP.
  • Paketan Internet

1. Sambungkan ponsel Android ke PC/Laptop menggunakan kabel USB. Pastikan sudah terdeteksi dengan baik di Laptop/PC.

2. Beralih ke HP Android, sekarang buka menu Settings » Wireless and Networks (atau Connections jika di ponsel Samsung). Di HP lain seperti Levono A6000 ada di Settings » More.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem

3. Kemudian pilih Tethering & Portable atau Tethering & hotspot kemudian centang USB Tethering.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via USB Tethering

4. Jika ada tulisan Tethered di bawah menu USB tethering, maka sambungan sudah aktif. Sekarang cek di Laptop/PC, apakah sudah terkoneksi ke internet atau belum.

Cara mengeceknya tinggal klik icon pc yang ada di pojok kanan bawah dekat jam.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via USB - 2

Dari gambar diatas, ada tulisan Connected, artinya sudah berhasil terkoneksi ke internet. Soal kecepatan tergantung sinyal dan kuatnya jaringan di hp android.

Cara Menjadikan HP Android Sebagai Modem Dengan Wi-Fi Hotspot

Jika smartphone android kamu sudah dilengkapi dengan Wi-Fi Hotspot, maka kamu bisa berbagi koneksi internet ke PC/Laptop.

Sebenarnya bukan hanya ke PC/Laptop saja, tapi bisa juga ke sesama hp android. Tapi dalam tutorial ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara berbagi koneksi internet dari hp android sehingga bisa digunakan di PC/Laptop.

Berikut ini langkah mudah membuat hp android jadi modem melalui sambungan Wi-Fi.

1. Pastikan laptop/PC sudah memiliki Wi-Fi.

2. Masuk ke menu Settings di hp android, pilih Wireless and Networks / Connections lalu pilih Tethering & hotspot.

3. Selanjutnya aktifkan WLAN hotspot. Di hp lain mungkin namanya berbeda, seperti: Mobile Hotspot atau Portable Hotspot.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via Wi-Fi

4. Jika ini pertama kalinya kamu mengaktifkan WLAN Hotspot/Mobile Hotspot, maka kamu harus membuat Network SSID terlebih dahulu.

Cara Membuat Network SSID di WiFi Android

– Isi Network SSID dengan nama, terserah nama apapun boleh.
– Bagian Security pilih WPA2 PSK.
– Isi juga bagian passwordnya, usahakan pakai password yang kuat dan gampang diingat.

Kemudian pilih Save.

5. Sekarang beralih ke PC/Laptop, aktifkan Wi-Fi sampai perangkat bisa mendeteksi Network SSID yang sudah kita buat tadi.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via Wi-Fi 1

6. Setelah terdeteksi, klik Connect dan Jangan lupa centang Connect automatically agar kedepannya bisa terkoneksi secara otomatis saat terhubung. Selanjutnya masukkan password yang sudah kamu buat di hp android tadi kemudian klik Next.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via Wi-Fi 2

7. Sekarang cek apakah sudah terkoneksi atau belum. Klik icon pc di pojok kanan bawah pada Laptop, lalu pilih Networks. Jika ada tulisan Connected, maka sudah berhasil terkoneksi.

Cara Membuat HP Android Jadi Modem via Wi-Fi 3

Nah, begitulah cara menjadikan smartphone android menjadi modem. Dengan mempraktekkan cara ini, kita tak perlu repot-repot membeli modem yang harganya mahal.

Cukup bermodalkan hp android, sudah bisa berinternet ria di Laptop/PC.

Jika masih bingung, ada pertanyaan atau ada metode lain silahkan berkomentar. Saya selalu merespon setiap komentar di blog ini.

Jika kamu merasa artikel ini membantu, sebarkan/share ke teman-teman. Jangan biarkan mereka kudet, bagikan informasi ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *