Vainglory vs Mobile Legends, Game MOBA Android Mana Yang Terbaik? Ini Ulasan Lengkapnya!

Mobile Legends vs Vainglory, dua game ini adalah game MOBA yang paling populer akhir-akhir ini. Dua game ini bersaing ketat sebagai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) terbaik di Android dan iOS saat ini, lebih bagus mana?

Dua game ini sama-sama memiliki banyak gamers, di PlayStore, Mobile Legends: Bang Bang sudah mencapai 10 juta unduhan sedangkan Vainglory hanya setengahnya saja, yakni 5 juta unduhan.

Banyak orang di grup-grup game berdebat soal game MOBA terbaik di android antara Mobile Legends vs Vainglory. Maka dari itu, saya akan melakukan sebuah perbandingan tentang dua game ini, yakni Mobile Legends dan Vainglory di blog Androdot ini.

Pertama, saya akan membahas game Vainglory terlebih dahulu.

Alasan Vainglory Lebih Baik dari Mobile Legends

Vainglory Moba Terbaik di Android

1. Grafik Vainglory Lebih WoW

Grafik Vainglory
Memang tidak dapat dipungkiri, di sisi grafik Vainglory menang telak dari Mobile Legends. Bagaimana tidak, ukuran total nya saja mencapai 1,2 GB. Sudah tentu grafik yang dimiliki sangat fantastis untuk ukuran game MOBA mobile.

Tapi karena grafis bagus dan ukuran game nya yang jumbo ini, banyak orang dengan smartphone low-end tidak bisa memainkan game ini.

Smartphone Lenovo A6000+ saya sendiri juga tidak kompatible dengan Vainglory, alhasil saya harus membeli smartphone baru dengan speksifikasi lebih bagus agar bisa bermain game ini.

Di update terbaru, Vainglory menambahkan fitur Engine Vulkan yang membuat grafik nya jadi makin WOW. Jadi kalau bicara soal grafik, Mobile Legends: Bang Bang kalah telak dari Vainglory.

Download Game War of Rings Android

2. Gameplay Vainglory Lebih Original

Gameplay 3vs3 Vainglory
Dilihat dari sisi Gameplay, Vainglory lebih asli dan original dibanding Mobile Legends. Map pertarungan 3vs3 dengan 1 lane memang menjadi andalan Vainglory.

Memang, gameplay 5vs5 di game League of Legends (LoL) atau DoTA di PC memiliki pengaruh yang besar bagi game MOBA Android dan iOS. Tapi itu tidak membuat developer Vainglory ikut-ikutan menjiplak gameplay 5vs5.

Disaat game MOBA mobile menerapkan gameplay 5vs5, Vainglory justru hadir sebagai MOBA mobile dengan gameplay 3vs3 namun tetap seru, mekanika Gold Mine dan Kraken yang terbaru, membuat Vainglory terkesan original dibanding Mobile Legends.

3. Vainglory Tidak Pay to Win

Istilah Pay to Win sering digunakan para gamers untuk game yang menggunakan uang agar bisa menang. Vainglory memang memiliki model freemium, yakni anda bisa bermain Vainglory secara gratis, tapi pada saat tertentu ada harus membayar dengan mata uang asli.

Misalnya untuk membeli hero dan skin. Jika mata uang di game tidak cukup, maka kamu bisa melakukan top-up dengan pulsa atau kartu kredit agar bisa membeli hero atau skin yang bisa mengubah penampilan.

Sebaliknya, tidak seperti Vainglory, model freemium di Mobile Legends sedikit pay to win. Terutama saat membeli skin, maka akan ada tambahan artibut tertentu untuk hero yang dipakai seperti tambahan Physical Attack, Magic Attack dan Health Point.

Maka dari sisi ini, Vainglory bisa dikatakan lebih kompetitif dan adil dibandingkan Mobile Legends.

4. Vainglory Punya Kompetisi Internasional (eSport)

Kompetisi eSport Vainglory
Super Evil Megacorp selaku developer Vainglory secara serius terus mengembangkan game miliknya. Terutama dalam kancah e-Sport. Bagi anda yang serius bermain game, e-Sport adalah wadah bagi para gamers untuk unjuk gigi sekaligus mencari uang.

Perkembangan eSport semakin populer akhir-akhir ini. Vainglory adalah salah satu game MOBA terbaik untuk Android dan iOS yang menyelenggarakan kompetisi eSport. Developer Vainglory selalu aktif mengembangkan wadah eSport bagi para gamers nya.

Mereka selalu aktif mencari tim eSport professional dan bekerja sama dengan berbagai organisasi eSport di dunia.

Hadiahnya juga tidak main-main. Untuk kompetisi eSport Vainglory 8 regional SEA saja, memperebutkan total hadiah $ 5.000 US dan 75.000 ICE. Bener-bener menggiurkan ya?

Dalam sisi ini, Vainglory jauh lebih unggul dibanding Mobile Legends. Tapi untuk kedepannya, mungkin Montoon selaku developer Mobile Legends juga akan menyelenggarakan kompetisi eSport bagi para gamers nya. Tunggu saja tanggal mainnya.

5. Tidak Banyak Lag

Kenyamanan saat bermain adalah hal yang paling penting. Dengan dukungan Developer yang professional, Vainglory muncul sebagai game MOBA yang paling sedikit lag, meskipun grafiknya WOW dan ukuran file nya jumbo.

Inilah kelebihan Vainglory yang menonjol. Ya, benar! Walaupun koneksi kurang stabil, bermain Vainglory tetaplah nyaman, tanpa ada lag. Mungkin karena server Vainglory sangat berkualitas dan sering tidak overload.

Hal ini sangat berbeda dengan game Mobile Legends yang membutuhkan koneksi super stabil dengan ping kecil agar bisa bermain tanpa lag. Karena terkadang di jam-jam tertentu server Mobile Legends sering overload yang membuat disconnect dan lag yang berlebihan. Jadi jangan heran jika banyak pemain Mobile Legends mengeluhkan lag saat bermain.

Wajib Baca:

Alasan Mobile Legends Lebih Baik dari Vainglory

Mobile Legends MOBA Terbaik

Setelah mengulas kelebihan Vainglory di atas, maka kali ini giliran Mobile Legends yang perlu dibahas kelebihannya sebagai game MOBA mobile yang paling populer.

1. Ukuran Game Mobile Legends Lebih Kecil

Ditinjau dari segi ukuran file, Mobile Legends lah yang paling unggul dibandingkan Vainglory. Bagaimana tidak? Ukuran total game Mobile Legends hanya berkisar 400 MB, ini 3x lipat lebih kecil dari Vainglory yang berukuran 1,2 GB.

Orang yang memiliki smartphone low-end pasti berpikir dahulu jika ingin mengunduh Vainglory, karena size nya yang jumbo untuk ukuran game MOBA Mobile. Apalagi jika tidak punya banyak kuota. Sebaliknya, Mobile Legends hadir dengan ukuran game yang lebih ringan untuk smartphone low-end.

Hal inilah yang membuat jumlah unduhan Mobile Legends 2x lipat lebih banyak dari Vainglory. Di Playstore, Mobile Legends mendapatkan 10 juta unduhan sedangkan Vainglory hanya 5 juta.

Mungkin karena daya beli masyarakat yang rata-rata hanya mampu membeli smartphone mid-end dan low-end, maka Mobile Legends lah pilihan game MOBA terbaik. Hanya dengan modal RAM 1 GB, kamu sudah bisa bermain game ini.

2. Gameplay 5vs5 Dengan 3 Lane

5vs5 Mobile Legends MOBA Terbaik

Perbedaan yang sangat mendasar antara Mobile Legends vs Vainglory itu terdapat pada gameplay nya. Terinspirasi oleh game LoL dan DOTA 2 di PC, Mobile Legends hadir sebagai game MOBA 5vs5 di Android dan iOS.

Memang tidak dapat dipungkiri, gameplay 5vs5 dengan 3 lane itu sangat seru dan lebih ramai. Dengan jumlah total 10 pemain setiap pertandingan, dengan masing-masing tim berisi 5 orang, anda dapat mengatur strategi dan taktik seperti war, jungle, push, ganking, dan lain-lain.

Mungkin salah satu alasan kenapa Mobile Legends lebih banyak diunduh ketimbang Vainglory adalah gameplay 5vs5 lebih populer daripada 3vs3. Selain itu, banyak tim eSport professional yang lebih terbiasa dengan 5vs5 di 3 lane.

Ini dikarenakan banyak orang yang lebih dulu bermain game MOBA seperti LoL, DOTA 2, dan Heroes of Newerth yang juga menggunakan gameplay 5vs5.

3. Sistem Reward dan Title

Sistem Reward dan Title Mobile Legends

Di game Mobile Legends terdapat sistem reward dan title. Yakni jika kamu meraih pencapaian tertentu, kamu akan mendapat hadiah dan juga title yang membuat akun mu semakin keren.

Ada banyak misi yang perlu dilakukan agar bisa mendapat hadiah dan title ini, seperti mendapat kill tertentu, assist, mencapai rank tertentu, mendapat kemenangan beruntun, dan lain sebagainya.

Walaupun sederhana, sistem seperti ini bisa membuat pemain selalu bersemangat dalam bermain sehingga tidak jenuh. Sebagian orang juga senang jika meraih sebuah pencapian dan diberikan title yang pantas.

4. Bisa Chat Dalam Permainan

Fitur Chat Mobile Legends

Salah satu hal yang tidak dimiliki Vainglory adalah fitur chat dalam game, inilah yang membuat Mobile Legends sedikit diatas angin. Fitur Chat sangat berguna untuk berkomunikasi dengan tim.

Terlebih lagi jika bermain random atau solo, maka fitur chat sangat dibutuhkan untuk mengatur strategi, karena tanda sinyal saja tidak cukup.

Developer Mobile Legends sangat paham hal ini, maka dari itu mereka menghadirkan fitur Chat in Game. Di update terbaru, mereka juga menambahkan fitur Voice Chat yang bisa berbicara dalam game.

Selain itu, ada juga fitur Quick Chat yang memungkinkan anda berkomunikasi tanpa perlu mengetik dengan kalimat tertentu yang sudah disediakan, jadi tidak perlu repot-repot mengetik.

5. Sistem Kontrol Virtual Pad

Virtual Pad Mobile Legends

Berbeda dengan Vainglory yang menggunakan layar sentuh untuk mengontrol hero, Mobile Legends menghadirkan Virtual Pad untuk mengontrol hero dengan lebih mudah.

Hal ini membuat Mobile Legends lebih enak dari sisi kontrol, karena kita tidak perlu mengarahkan jari kita ke tempat yang dituju, tapi hanya perlu menggunakan virtual pad untuk mengarahkan hero, menggunakan skill dan spell, dan lain sebagainya.

Selain itu juga hadir fitur auto-aim yang membuat hero yang kita gunakan bisa menarget musuh dengan mudah.

6. Status Pertarungan Yang Lebih Detail

Status Fight Info Mobile Legends

Mobile Legends mempunyai fitur Fight Info yang bisa memberi tahu kita tentang informasi pertarungan seperti recent matches, win rate, berbagai statistik seperti KDA, Push, damage on Hero, Durability, Team Fight dan lain lain.

Dengan melihat Fight Info, kita bisa tau seberapa hebat permainan yang selama ini dijalankan, peran apa yang paling cocok, dan sebagainya.

Sebagai contoh, jika kamu berperan sebagai carry dalam tim, maka statistik KDA akan lebih menonjol. Jika kamu sering berperan sebagai tanker, maka durability akan lebih tinggi. Jika kamu sering melakukan ganking, maka team fight lah yang menonjol.

Dengan hadirnya informasi statistik seperti ini, kita bisa mengetahui perkembangan dalam bermain, meskipun tidak bisa menjadi acuan bahwa kamu pro atau tidak.

Sayang sekali, fitur hebat seperti ini tidak dimiliki oleh game MOBA populer seperti Vainglory.

Penutup

Tak terasa anda sudah membaca sampai akhir artikel ini. Menurut anda pribadi, game MOBA manakah yang terbaik antara Vainglory vs Mobile Legends? 3 vs 3 atau 5 vs 5? Touchsreen atau virtual pad? 1 lane atau 3 lane?

Saya tunggu jawabannya di komentar!

Mungkin Anda juga menyukai

8 Respon

  1. aaaaa berkata:

    Moba kok pakai virtual analog. Pffffft

  2. Hexoz berkata:

    VG jelas lebih kereen , ML mana musuh mana temen susah bedainnya hahahaha..

  3. Dieltra berkata:

    gue milih game ML, karena lebih seru dibanding VG, mulai dari 5vs5 trus map nya yang biasa main di dota, masalah graphic paling ibarat beda ps 2 dan ps 3 :v
    kecuali beda kek ps 1 dan ps 4 :v

  4. junendi berkata:

    Moba kok 1 jalur situ mau ngedrag

  5. Moruvi berkata:

    Saya lebih milih VG dibanding ML, karena saya merasa klo pake analog Kurang kerasa kya moba gitu dan juga saya udah lama main VG sebelum ada ML saya udah main jadi lebih terbiasa ajalah

  6. ZeusX berkata:

    wkwkwk… yang masih mbahas MOBA kok Analog ?
    buka google.. trus ketik keyword MOBA Wikipedia… kalo udah di baca yang bener… apa ada kata kara yg MENGHARUSKAN MOBA harus Touchscreen ?
    kita ini cuma player.. apa bisa buat game kaya gitu…??
    NGEKEK OTOK WERUH UTEK TOLOLMU…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *