Ini Daftar 8 Aplikasi Perekam Layar Terbaik di Android, Tanpa Watermark!

Ada banyak tujuan kita dalam merekam layar ponsel android. Mulai dari untuk membuat video tutorial, membuat dokumen, merekam layar saat bermain game ataupun untuk keperluan membuat video Youtube.

Pada dasarnya OS Android memang mengizinkan penggunanya untuk merekam layar, sayangnya fitur tersebut tidak ada dalam bawaan ponsel Android. Karena itu dibutuhkan aplikasi dari pihak ketiga utuk merekam layar android.

Oleh karena itu dalam artikel ini saya akan berbagi 8 aplikasi perekam layar android terbaik yang bisa anda gunakan untuk merekam layar di ponsel android tanpa watermark.

Cara merekam layar di Android dengan aplikasi ini pun tidaklah sulit, tanpa root, tanpa watermark (sebagian) dan tentunya kualitas yang dihasilkan bisa mencapai 1080p alias full HD.

Nah, berikut ini daftar aplikasi perekam layar terbaik di Android dan bisa diunduh secara gratis. Silakan cek dan pilih salah satunya yang dirasa paling nyaman.

Daftar Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik 2018

Versi Androdot.Net

1. Mobizen Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Tanpa Watermark

Aplikasi ini buatan Mobizen, dan telah diunduh lebih dari 50 juta unduhan dari Play Store. Melihat rating ini tentunya tak salah jika Mobizen Screen Recorder masuk dalam urutan nomor satu dalam kumpulan aplikasi perekam layar terbaik di Android ini.

Dengan aplikasi ini Anda bisa mendapatkan video dengan resolusi 240p hingga 1080p plus frame rate hingga 60 fps.

Aplikasi screen recorder terbaik ini menyajikan berbagai fitur unggulan. Di antaranya adalah front-facing camera, yang berfungsi merekam ekspresi wajah Anda ketika menjalankan kegiatan yang sedang direkam.

Misalnya bagi para Youtuber Gamer, tentunya makin bagus video yang dihasilkan jika menampilkan ekspresi wajahnya saat main game. Yang lebih seru lagi, meskipun aplikasi ini gratisan, tidak ada watermark dalam video yang dihasilkan.

Tentu berbeda sekali dengan beberapa aplikasi screen recorder lain uang selalu menampilkan watermark.

2. DU Recorder

Cara Menggunakan DU Recorder

Selanjutnya ada DU Recorder, sebuah aplikasi perekam layar Android terbaik dari DureRecorder. Sama seperti aplikasi sebelumnya, DU Recorder juga memungkinkan pengguna Android untuk menghasilkan video berkualitas.

Dengan aplikasi ini anda bisa merekam layar android tanpa root dan tanpa ada batasan waktu perekaman. Jadi Anda bisa lebih leluasa menghasilkan video berdurasi panjang sekalipun.

DU Recorder menghasilkan pilihan kualitas HD 1080p, dengan frame rate 60 fps. Aplikasi ini menyajikan 4 fitur unggulan yang pasti Anda perlukan.

Mulai dari screen recorder (perekaman layar), Video Editor untuk mengedit video yang baru dihasilkan, dilengkapi pula dengan Screenshots and Image editing. Masing-masing fitur memungkinkan Anda mempercantik video yang dihasilkan.

Ada lagi fitur bagus bagi Youtuber maupun Video Vlogger, yaitu Live Creator. Dengan fitur ini Anda bisa menayangkan siaran langsung dengan kualitas video yang bersih, menampilkan komentar penonton, dan membagikan langsung ke Youtube maupun Facebook.

Layaklah aplikasi ini masuk dalam daftar aplikasi perekam layar android terbaik.

Di Google Play Store sendiri, aplikasi ini telah diunduh hingga lebih dari 50 juta unduhan.

3. AZ Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Xiaomi

Berada di urutan ketiga daftar aplikasi perekam layar android terbaik, AZ Screen Recorder juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video yang bersih dari watermark.

Selain itu perekaman juga tidak terbatas, dan tentu tanpa harus root ponsel android. Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menghasilkan video berkualitas Full HD.

Ada beberapa fitur premium yang bisa diperoleh dengan melakukan upgrade. Caranya, Anda harus berdonasi sejumlah uang ke pengembang aplikasi ini, Hecorat.

Fitur-fitur premium yang akan Anda dapatkan adalah:

  • Magic Button: tombol ajaib ini membuat video yang dihasilkan akan bersih dari tampilan gambar yang mengganggu. Misalnya sentuhan tangan pada beberapa bagian yang menimbulkan tampilan aneh. Dengan fitur ini maka video benar-benar hanya menampilkan apa yang ingin Anda rekam.
  • Overlay front camera: kamera depan akan merekam ekspresi wajah Anda ketika menjalankan aplikasi yang Anda rekam. Kelebihannya, tampilan gambar muka dapat diubahsuaikan lokasi dan besar kecilnya.
  • Countdown timer: fitur premium ini memungkinkan pengguna untuk bersiap lebih matang ketika akan merekam wajahnya ataupun kegiatan di Android.
  • Draw on screen: sebuah fitur unik yang memungkinkan Anda menggambar di atas layar Android saat membuat video tutorial. Misalnya menggoreskan tanda hubung, tanda panah dan sebagainya agar penonton lebih mudah memahami tutorial yang Anda buat.
  • Trim videos: sebuah fitur yang berguna untuk memotong bagian-bagian yang tidak penting dalam sebuah video.
  • Live stream: berguna untuk melakukan siaran langsung untuk Youtube maupun media social seperti Facebook.

4. Game Screen Recorder

Aplikasi Screen Recorder Tanpa Watermark

Aplikasi screen recorder gratis ini memang khusus untuk Anda yang suka membuat video game. Game Screen Recorder dari Dgenius Mobile menyajikan berbagai fitur khusus gamer yang gemar merekam aktivitas dalam bermain game.

Fitur yang disajikan antara lain identifikasi otomatis pada permainan game, tanpa batas waktu. Anda juga bisa mengedit intro pada video yang dihasilkan.

Anda juga bisa menghilangkan tombol record dengan pengaturan khusus.

Sebagai salah satu aplikasi perekam layar terbaik di android yang gratis, Game Screen Recorder tetap menyajikan fitur yang maksimal. Pantas saja sudah mencapai 1 juta lebih unduhan.

5. Super Screen Recorder

Cara Merekam Layar HP Oppo F5

Aplikasi perekam layar terbaik ini persembahan HappyBees. Selain gratis, banyak fitur-fitur yang membuatnya serasa premium.

Mulai dari waktu rekam yang tak terbatas, tanpa watermark, hingga berbagai fitur editing yang berguna memperindah video Anda.

Salah satu fitur yang berbeda dari aplikasi sejenis adalah pengehentian rekaman hanya dengan menggoyangkan smartphone.

Namun ada beberapa item yang harus dibeli dalam aplikasi ini. Untuk saat ini, jumlah unduhannya baru mencapai lebih dari 500 ribuan.

6. GO Recorder

Aplikasi Perekam Layar Terbaik

Developer Gomo juga menyajikan aplikasi perekam layar Android terbaiknya. GO Recorder menghadirkan berbagai fitur luar biasa untuk sekelas aplikasi perekam layar gratisan di Android.

Mulai dari menghasilkan video Full HD, video editor, screeshots, hingga Game Live Streaming yang berguna bagi para Youtuber.

Aplikasi ini hanya memerlukan ruang sebesar 19 MB dalam memori android Anda. Layaklah jika sudah sekitar 1 juta lebih orang yang menggunakannya dan memberikan rating yang bagus untuk aplikasi ini.

7. REC – Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Android Terbaik

Daftar aplikasi perekam layar terbaik di Android selanjutnya diisi oleh aplikasi buatan Spectrl. Aplikasi perekam layar terbaik ini tanpa root, dan tentu saja tanpa watermark.

Meskipun waktu rekam terbatas, namun ukuran 1 jam rasanya sudah sangat panjang untuk sebuah video dari android.

Selain itu ada fitur Countdown Timer alias hitung mundur yang membuat Anda lebih siap untuk merekam.

Dengan fitur yang lengkap dan gratis, aplikasi ini sukses menembus 5 juta lebih unduhan di Google Play Store.

8. ADV Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar dan Suara di Android

ADV Screen Recorder buatan developer ByteRev adalah salah satu pengisi jajaran daftar aplikasi perekam layar Android terbaik.

Sama seperti aplikasi yang sudah disebut sebelumnya, dengan ADV Screen Recorder, Anda bisa merekam dan membuat video dari layar android.

Disyaratkan minimal smartphone Anda sudah menggunakan versi Android 5.0 (Lollipop) ke atas.

Selain tanpa watermark, ada menu timer yang memudahkan pengguna mempersiapkan perekaman lebih matang.

Selain itu aplikasi perekam layar terbaik ini juga memungkinkan pengguna merekam wajahnya ataupun objek lain.

Soalnya kamera depan maupun belakang bisa diaktifkan selama waktu perekaman. Anda juga bisa menambahkan teks dan banner untuk mempercantik hasil video Anda nanti.

Nah, dari sekian daftar aplikasi perekam layar terbaik di Android tadi, setidaknya ada satu atau lebih yang pastinya cocok untuk Anda. Selamat berkreasi dan menghasilkan karya-karya dari rekaman Android Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *