Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking di HP Xiaomi

Sebenarnya pada semua tipe hp Xiaomi baik yang menggunakan sistem operasi android Lollipop, Marshmallow bahkan Nougat, cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking di Xiaomi relatif sama.

Jika pun ada perbedaan, perbedaan tersebut hanya sedikit saja mungkin dari bahasa atau istilah yang digunakan. Sebagai tips dan trik bagi Anda yang ingin mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking Xiaomi, berikut saya berikan informasinya untuk Anda!

Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking Xiaomi

Bagi Anda yang memang hobi dalam melakukan modifikasi smartphone android seperti menginstall custom recovery, melakukan prosedur rooting smartphone dan custom ROM, tentu sangat penting bagi Anda untuk mengaktifkan USB debugging.

Apa Fungsi USB Debugging?

Sebenarnya, USB debugging sendiri fungsinya berguna untuk membuat koneksi antara perangkat android dan komputer/PC/Laptop dengan menggunakan Android Software Development Kit yang memungkinkan perangkat Android menerima file, perintah dan sejenisnya dari PC. Serta juga memungkinkan PC menarik berbagai informasi penting seperti log file dan perangkat android.

Banyak sekali kegunaan fitur ini. Sebagai contoh, USB Debugging juga diperlukan dalam proses unlock bootloader xiaomi, yang mana harus menghubungkan perangkat smartphone ke PC.

Karenanya fitur ini tersedia pada Developer Mode agar memberikan akses yang lebih pada ponsel Xiaomi Anda. Fitur pada developer options tersebut secara default masih tersembunyi. Sehingga Anda perlu melakukan beberapa langkah agar fitur Developer Options terbuka.

Baca Juga:

  1. Cara Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi (100% Work)
  2. Cara Mudah Hard Reset HP Xiaomi (Semua Tipe)
  3. Cara Flash Xiaomi Mi A2 via MiFlashTool

Cara Mengaktifkan Developer Options Xiaomi

  • Pertama – tama Anda masuk ke menu “Setting/Setelan”.
  • Kemudian pilih “About Phone”.

Cara Mengaktifkan Developer Mode Xiaomi

  • Tap sebanyak 7 kali pada “MIUI version” sampai muncul notifikasi yang mengatakan “You are a developer now”. Dengan begini, menu Developer Options sudah terbuka.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Xiaomi

  • Setelah menu Developer Options terbuka, selanjutnya masuk ke menu “Setting” lagi.
  • Lalu pilih “Additional Settings” > Pilih “Developer Options”.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Xiaomi

  • Scroll ke bawah sampai pada bagain Debugging, aktifkan “USB Debugging”.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Xiaomi Redmi note 4

  • Terakhir, akan muncul pop-up lalu klik “OK”.

Cara Mengaktifkan USB Debugging Redmi 4x

Sampai pada tahap ini maka Anda harus bersyukur karena USB debugging mode pada ponsel Xiaomi Anda sudah aktif. Kemudian selanjutnya Anda harus melakukan aktivasi pada OEM unlocking Xiaomi.

Cara Mengaktifkan OEM Unlocking Xiaomi

  • Buka “Additional Settings” > “Developer Options”.

Cara Mengaktifkan OEM Unlocking Xiaomi

  • Geser ke bawah sampai Anda menemukan “OEM Unlocking”. Akan tetapi jika OEM unlocking tidak ada pada beberapa ROM tertentu, maka Anda bisa melewati langkah ini.
  • Namun jika ada OEM Unlocking, klik aktifkan.

Cara Mengaktifkan OEM Unlocking Redmi Note 4

  • Selanjutnya kalau Anda sudah menemukan kotak dialog OEM Unlocking, Anda klik “Enable”.
  • Sampai pada tahap ini, maka proses pengaktifan OEM unlocking sudah selesai.

Jika sudah Anda terapkan step by step diatas, itu artinya ponsel Xiaomi Anda sudah bisa digunakan untuk dimodifikasi dalam hal apapun. Anda sebagai developer bisa melakukan apapun.

Akan tetapi sebagai catatan yang harus Anda ingat bahwa jika ada sesuatu dari modifikasi yang Anda lakukan dan merusak HP Anda, maka garansi pabrik akan hangus dan tidak diberikan untuk Anda.

Saya menyarankan agar mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking ketika dibutuhkan saja. Jika anda sudah selesai melakukan rooting atau pasang TWRP Xiaomi, sebaiknya matikan kedua fitur tersebut. Lalu jika suatu saat anda membutuhkannya, anda bisa mengaktifkannya kembali.

Karena tentu jika dibiarkan dalam kondisi masih aktif, hal tersebut akan memberikan akses bagi malware atau berbagai potensi virus untuk menyusup ke dalam perangkat android Anda dan menyadap atau mencuri berbagai data penting yang Anda miliki.

Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Jadi aktifkan seperlunya saja. Semoga cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking Xiaomi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang kurang jelas, silahkan bertanya di komentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *