Cara Mudah Aktfikan USB Debugging dan OEM Unlock di HP Samsung

Bagi Anda yang memiliki ponsel Samsung dengan sistem operasi apapun entah itu Lollipop, Marshmallow, Nougat atau versi di atasnya, tentu sudah tidak asing lagi dengan istillah USB debugging atau OEM unlock. Tentu masing – masing kedua fitur ini memiliki fungsi.

Apa sih fungsi USB Debugging dan OEM Unlocking di HP Samsung?

Fungsi dari USB debugging adalah membantu atau menjembatani antara perangkat android dengan komputer/PC/Laptop. Hal tersebut diperlukan agar proses inject file ke dalam sistem android yang terdapat di perangkat dapat berjalan dengan baik.

Sementara untuk OEM Lock, fungsinya adalah untuk membantu membuka atau menutup akses bootloader pada sebuah perangkat. Fungsi ini akan memberikan atau melarang akses pada pengguna untuk melakukan custom atas sistem operasi android.

Biasanya orang yang suka ngoprek HP seperti ganti custom, flashing, UBL HP Samsung, rooting dan lain sebagainya itu perlu untuk mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di HP Samsung mereka.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan tentang cara mengaktifkan USB Debugging dan OEM unlock di HP Xiaomi.

Lantas, untuk ponsel Samsung bagaimana cara untuk mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock? Berikut saya akan berikan informasinya untuk Anda!

Cara Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di HP Samsung

Pada dasarnya cara mengaktfikan USB debugging dan OEM unlock di HP Samsung, caranya hampir sama dengan ponsel android pada umumnya. Langkah – langkahnya nyaris sama.

Tidak hanya untuk ponsel Samsung, pada berbagai sistem operasi android lainnya termasuk yang menggunakan dukungan sistem operasi Nougat, Lollipop, Kitkat, Marshmallow atau bahkan OS terlawas, semuanya sama saja.

Hanya saja mungkin pada bagian tampilannya saja yang menjadi pembedanya. Namun, satu hal yang Anda harus tahu bahwa sebelum mengaktifkan keduanya, Developer Options atau Opsi Pengembang harus terlebih dahulu diaktifkan.

Lantas bagaimana caranya?

Cara Mengaktifkan Developer Options / Opsi Pengembang di Samsung

Untuk memunculkan opsi pengembang atau developer options, langkah – langkah yang Anda harus lakukan adalah sebagai berikut..

  • Pertama – tama buka menu “Settings” di ponsel Samsung yang Anda miliki.

Cara Mengaktifkan Developer Options di Samsung

  • Selanjutnya gulirkan ke bawah, temukan dan tap di bagian “About Device”.
  • Setelah itu Anda buka “Software Information”.

Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di Samsung

  • Ketuk atau tap pada menu “Build Number” sebanyak 7 kali sampai ada pemberitahuan opsi pengembang sudah aktif atau notifikasi yang sejenis.
  • Selesai.

Untuk memastikan bahwa menu tersebut sudah benar – benar aktif, silahkan Anda buka lagi menu pengaturan, kemudian gulirkan ke bawah dan carilah menu developer options atau opsi pengembang. Biasanya terdapat di bagian atas dari menu about device.

Mengaktifkan USB Debugging & OEM Unlock di Samsung

Selanjutnya adalah mengaktifkan OEM lock dan USB debugging. Jadi cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock ini bisa dilakukan ketika menu developer options atau opsi pengembang sudah muncul.

Langkah – langkahnya sebagai berikut..

  • Pertama, Anda buka pada bagian menu “Pengaturan” / “Settings”.
  • Selanjutnya gulir atau scroll ke bawah dan cari menu “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”.

Cara Mengaktifkan USB Debugging di Samsung

  • Selanjutnya silahkan Anda aktifkan OEM unlocking dan USB debugging.
  • Selesai.

Yang suka ngoprek hp seperti ganti custom, rooting, pasang TWRP, ganti kernel, dan lain sebagainya, maka wajib untuk mengaktifkan USB debugging dan OEM unlocking ini.

Tapi saya mengarankan setelah ngoprek nya selesai, sebaiknya nonaktifkan USB debugging dan OEM unlock agar malware atau virus tidak memiliki kesempatan untuk menodai smartphone anda.

Nah, demikian tutorial mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock ini. Mudah bukan caranya? Saya yakin Anda bisa mempraktekkan nya sendiri di rumah. Untuk ponsel jenis lain, caranya hampir mirip seperti ini tinggal Anda sesuaikan saja tata letaknya menu nya.

Selamat mencoba dan semoga cara mengaktifkan USB debugging dan OEM unlock di HP Samsung diatas bermanfaat untuk Anda. Jika ada kesulitan, silahkan bertanya di komentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *