Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi, Sudah UBL atau Belum?

Melakukan UBL atau unlock bootloader pada ponsel Xiaomi memiliki banyak tujuan. Salah satunya adalah bertujuan untuk memodifikasi smartphone android tersebut.

Karena tentu secara default semua smartphone Xiaomi yang baru bisa dipastikan terkunci bootloadernya sehingga mereka tidak bisa melakukan modifikasi.

Selain itu, pada beberapa ponsel Xiaomi terbaru mengharuskan UBL terlebih dahulu jika ingin melakukan flashing hp Xiaomi.

Jika Anda sudah merasa melakukan unlock bootloader namun masih ragu apakah sudah berhasil atau belum, Anda bisa cek status UBL nya. Cara mengecek status unlock bootloader Xiaomi bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan PC dan tanpa PC.

Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam tutorial di bawah ini!

Cara Mengecek Status Unlock Bootloader Xiaomi

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, ada 2 metode untuk mengetahui apakah ponsel anda sudah UBL atau belum. Cara yang pertama adalah melalui menu Mi Unlock status di Pengaturan, dan cara yang kedua adalah mengecek status UBL nya dengan bantuan PC.

Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Cek Status UBL Xiaomi Tanpa PC

Cara mengecek status unlock bootloader Xiaomi tanpa PC ini bisa digunakan hanya pada MIUI 8 ke atas. Langkah – langkahnya sebagai berikut..

  • Pertama, pastikan Anda sudah mengaktifkan “Developer Options”. Caranya yaitu dengan Anda masuk pada menu “Settings” kemudian pilih “About Phone” dan tap 7 kali pada “MIUI version” sampai muncul notif “You are developer now”.

Cara Cek Status UBL Xiaomi Tanpa PC

  • Kemudian selanjutnya masuk pada menu Developer Options (Opsi Pengembang). Caranya yaitu masuk ke menu “Settings” dan pilih “Additional Settings”. Kemudian pilih “Developer Options”.

Cara Mengecek Status UBL Xiaomi

  • Pada menu Developer Options, cari pilihan “MIUI unlock status” dan buka.
  • Jika muncul tulisan “This device is Unlocked” atau “Perangkat telah terbuka”, artinya ponsel Xiaomi anda sudah UBL.

Cara Mengetahui Status Unlock Bootloader Xiaomi

  • Sebaliknya, jika terdapat tulisan “This device is Locked” atau “Perangkat ini terkunci”, artinya HP Xiaomi anda belum UBL.

Cara Cek Status Unlock Bootloader Xiaomi via PC

Kemudian cara yang kedua adalah menggunakan PC. Cara mengecek status unlock bootloader dengan menggunakan PC sebagai berikut ini..

  • Pertama – tama Anda download file ADB Fastboot and Driver v1.4.3 pada PC anda.
  • Ekstrak file tersebut dan jalankan file “adb-setup-1.4.3” dengan cara klik kanan > Run as Administrator.
  • Ketika instalasi dilakukan, nanti Anda akan diperintah untuk memilih Yes (Y) atau No (N).
  • Kemudian ketik “Y” dan tekan enter, lakukan sebanyak 3 kali berturut – turut sampai instalasi berhasil.

Cara Cek Status UBL Xiaomi dengan PC

  • Jika instalasi sudah berhasil, buka direktori C:/adb dan arahkan kursor pada ruang kosong kemudian tekan SHIFT + klik kanan.

Cara Cek status Unlock Bootloader Xiaomi via PC

  • Pilih “Open command window here”. Nantinya akan otomatis membuka Command Prompt.
  • Sekarang pada ponsel, masuk fastboot mode. Caranya adalah Anda harus matikan ponsel kemudian tekan Power + Volume Down secara bersamaan sampai muncul logo Mi Bunny.
  • Hubungkan ponsel dengan PC atau laptop Anda menggunakan kabel USB.
  • Selanjutnya kembali ke Command Promp Adb tadi dan ketikkan perintah seperti ini..

fastboot oem device-info

  • Lalu tekan enter.
  • Sekarang, lihat informasi pada bagian “Device unlocked”. Jika tertulis “true” artinya smartphone Xiaomi Anda sudah berhasil unlock bootloader.
  • Akan tetapi jika yang Anda temukan adalah tulisan “false” maka artinya smartphone Xiaomi Anda belum UBL.

HP Xiaomi yang masih terkunci bootloadernya biasanya adalah HP – HP android Xiaomi keluaran terbaru seperti Redmi Note 4, Redmi 4x, Mi4c, Redmi 5a, Redmi 6 Pro, Redmi 6a dan juga beberapa jenis HP Xiaomi yang lain.

Sementara yang sudah lama dirilis kebanyakan sudah diunlock seperti Xiaomi Redmi 2, Redmi 1s, Redmi 2 Prime, Redmi Note3G, Mi4, dan Mi4i. Dengan melakukan unlock bootloader, manfaat yang Anda bisa rasakan antara lain Anda bisa mengganti custom ROM, melakukan instalasi custom recovery misalkan TWRP, bahkan Anda juga bebas melakukan rooting.

Anda bisa flashing kernel dan masih banyak lagi manfaat yang Anda bisa dapatkan lainnya. Akan tetapi dengan melakukan unlock bootloader, juga ada beberapa kekurangan yang akan Anda rasakan setelahnya.

Beberapa kekurangan tersebut diantaranya keamanan Hp yang berkurang, garansi yang hilang, resiko terjadinya hardbrick, resiko bootloop sampai mati total. Itulah manfaat dan kekurangan yang Anda harus tahu.

Nah demikian tutorial cara mengecek status unlock bootloader Xiaomi, semoga dengan menerapkan tutorial ini, anda bisa mengetahui apakah HP Xiaomi anda sudah UBL atau belum. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *