Cara Flash Advan i5E via Research Download & SD Card (Tanpa PC)

Cara Flash Advan i5E – Flashing menjadi solusi dari banyaknya permasalahan pada smartphone android. Sama seperti ponsel lainnya, anda juga bisa melakukan flashing Advan i5E untuk mengatasi berbagai masalah dan error yang terjadi pada ponsel tersebut.

Banyak masalah yang sering dikeluhkan pengguna Advan i5C, seperti sering terkena malware, iklan mengganggu yang muncul tiba-tiba, ponsel Advan i5E lemot, dan lain sebagainya.

Hal ini akan memberatkan performa dan membuat kinerja smartphone Anda akan menjadi semakin buruk.

Selain beberapa masalah tersebut, cara flash Advan i5E ini juga bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah seperti:

  1. Aplikasi sering sistem force closed.
  2. Muncul pesan error pada Advan i5E.
  3. Advan i5E mengalami bootloop, matot, hardbrick.
  4. Advan i5E lupa pola atau PIN kunci layar.
  5. Dan berbagai macam masalah lainnya.

Setelah dilakukan flashing, harapan nya ponsel bisa kembali normal dan semua masalah serta berbagai error seperti di atas akan sirna.

Flashing itu sendiri sebenarnya tidak sulit kok.

Untuk cara flash Advan i5E, ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  1. Cara flash Advan i5E via ResearchDownload a.k.a SPD Upgrade Tool
  2. Cara flash Advan i5E via SD Card (Tanpa PC)

Yang pertama akan saya bahas adalah flashing Advan i5E via ResearchDownload, simak tutorialnya berikut ini..

Cara Flash Advan i5E via Research Download Tool

Cara ini tergolong sedikit rumit ketimbang cara kedua yang akan saya bahas di bawah ini. Namun, saya akan mengajari anda langkah demi langkah agar berhasil melakukan flashing Advan i5E via ResearchDownload.

Sebelum memulai proses flashing Advan i5E, anda harus menyiapkan alat dan bahan nya terlebih dahulu..

Persiapan Flashing Advan i5E dengan PC

  1. Download Android SPD Driver
  2. Download Firmware Advan i5E
  3. Download Software ResearchDownload/SPD Flash Tool R4.0.0001
  4. PC/Komputer Windows
  5. Kabel USB yang masih bagus

Setelah bahan sudah siap semua, Anda bisa melakukan cara berikut ini:

Langkah Flashing Advan i5E via ResearchDownload

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu menguduh semua bahan di atas yang terdiri dari driver, firmware dan software ResearchDownload.
  • Setelah semua bahan didownload, jangan lupa ekstrak file nya, termasuk driver, firmware Advan i5E & ResearchDownload.
  • Selanjutnya install driver pada PC/komputer anda.
  • Selanjutnya buka folder SPD Flash Tool, kemudian jalankan file UpgradeDownload.exe dengan cara klik kanan lalu pilih Run as Administrator untuk membuka software tersebut.

Cara Flash Advan i5E via ResearchDownload

  • Setelah software ResearchDownload / SPD Upgrade Tool terbuka, maka tampilannya akan seperti di bawah ini. Lalu klik menu Load Packet (icon gear).

Cara Flash Advan i5E new camera

  • Kemudian arahkan ke folder hasil ekstrak firmware Advan i5E, lalu pilih file .PAC, kemudian klik Open. Selanjutnya tunggu sampai firmware berhasil dimuat sepenuhnya.

Cara Flash Advan i5E tanpa pc

  • Setelah itu klik icon gear ganda, pastikan pengaturan nya seperti di bawah ini..

Port: All,

Baudrate: 460800,

Select Product: PAC_SC77XX_SIMLOCK.

  • Selanjutnya klik tombol “Start Downloading” atau dengan menekan tombol play, maka proses flashing akan segera dijalankan.

Cara Flash HP Advan i5E via Upgrade Download

  • Langkah selanjutnya yaitu matikan smartphone Anda, kemudian hubungkan ke komputer dengan menggunakan kabel USB yang telah disiapkan.
  • Saat menghubungkan, anda harus menekan dan menahan tombol volume atas sampai smartphone terdeteksi oleh tool tersebut. Lepaskan tombol volume atas sampai muncul tulisan “Downloading..” pada UpgradeDownload Tool.
  • Selanjutnya proses flashing akan berjalan secara otomatis.
  • Tanda proses flashing selesai Anda akan melihat notifikasi “Passed“. Setelah itu Anda bisa melepaskan kabel USB dari perangkat PC Anda.

Cara Flash Advan i5E bootloop matot

  • Smartphone Advan yang selesai di flashing akan melakukan reboot dengan waktu lama karena perangkat akan menyesuaikan dengan firmware yang baru.

Penting: Agar tidak gagal, lakukanlah cara flash Advan i5E dengan benar dan pastikan saat pengekstrakan tidak ada file yang corrupt atau tidak kompatibel.

Nah begitulah cara flash Advan i5E dengan PC. Tidak sulit kan? Tapi jika anda masih merasa cara di atas rumit, anda bisa mencoba cara kedua di bawah ini. Lebih mudah dan praktis.

Cara Flash Advan i5E Tanpa PC (via SD Card)

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah melakukan flashing dengan SD card, ini sama sekali tidak membutuhkan PC seperti metode pertama. Untuk melakukan flashing ini, pastikan anda mengisi baterai advan i5E lebih dari 60%, hal ini diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti baterai lowbat saat proses flashing.

Flashing Advan i5E ini tergolong sangat mudah dan praktis, anda hanya perlu menyiapkan firmware Advan i5E dan sebuah SD card agar bisa menjalankan cara flash Advan i5E tanpa PC ini.

Langkah Flashing Advan i5E via SD Card (Tanpa PC)

  • Untuk flashing Advan i5E tanpa PC ini, hal pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus download firmware Advan i5E terlebih dahulu.
  • Setelah terdownload, Anda harus mengekstrak dan memindahkan file tersebut ke SD Card, namun letakkanlah di luar folder agar nanti tidak kesulitan saat mencari file nya.
  • Selanjutnya masuk ke dalam menu recovery, caranya yaitu matikan ponsel Advan i5E anda, lalu tekan tombol Volume Down + Tombol Power secara bersamaan. Jika berhasil, maka Anda akan melihat logo Advan pada bagian layar.
  • Kemudian di menu recovery, pilih “Wipe Data/Factory Reset”, lalu tekan “Yes” untuk konfirmasi. Tunggu sampai proses wiping selesai.
  • Langah selanjutnya pilih menu “Update From External Storage”.
  • Lalu pilih file firmware yang tadi sudah diletakkan di SD Card. Selanjutnya pilih “Yes” untuk memulai flashing.
  • Proses flashing via SD card ini tidak akan lama, mungkin hanya 5-10 menit saja.
  • Saat proses flashing firmware sudah selesai, akan muncul menu dan pilih “Reboot system now”. Proses reboot ini akan memakan waktu 10-15 menit, sehingga Anda harus bersabar.

Selesai! Begitulah cara flash Advan i5E via SD Card. Mudahkan?

Jika anda mengikuti tutorial di atas dengan teliti, maka proses flashing Advan i5E ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda bebas memilih antara cara pertama ataupun kedua.

Kedua metode flashing Advan i5E yang saya share di atas sudah diuji dan berhasil. Jika anda mengalami kegagalan flashing, silahkan bertanya di komentar.

Jangan lupa share artikel ini ke teman anda atau bookmark agar tidak sulit mencarinya. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *