Cara Flash Advan S3D (TCS3535B) via Research Download (Tested)

Cara Flash Advan S3D – Flashing HP adalah metode untuk menginstall ulang firmware atau ROM pada sebuah ponsel. Biasanya flashing dilakukan untuk memperbaiki berbagai error pada smartphone, untuk pindah ROM, maupun untuk upgrade ataupun downgrade firmware.

Nah, jika hp Advan S3D anda mengalami masalah, seperti Advan S3D bootloop, lupa pola, layar terkunci, hang, ataupun Advan Vandroid S3D mati total, maka cara ampuh untuk memperbaikinya yakni dengan melakukan flashing hp Advan S3D. Cara flash Advan S3D ini adalah jalan terakhir jika cara lain untuk memperbaiki error pada smartphone tidak berhasil.

Tapi perlu anda catat, flashing mempunyai satu resiko, yakni seluruh data di hp anda akan terhapus. Jadi pastikan untuk mencadangkan data hp anda terlebih dahulu, itupun jika hp anda masih bisa nyala dan masuk ke menu. Tapi jika hp anda bootloop ataupun matot, maka anda harus rela kehilangan seluruh data.

Dalam tutorial ini, metode flashing yang akan kita gunakan adalah flashing menggunakan PC. Kenapa harus pake PC?

Karena hp Advan S3D ini menggunakan chipset Spreadtrum, maka flashing nya harus menggunakan software flashing khusus untuk chipset Spreadtrum, yaitu Research Download. Jadi PC atau Laptop ataupun Komputer Windows diperlukan untuk menjalankan software flashing ini.

Baca Juga:

Oke, sekarang anda bisa simak tutorial flashing hp Advan S3D via Research Download di bawah ini.

Cara Flash Advan S3D via Research Download

Sebelum memulai flashing, ada alat dan bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Persiapan Flashing Advan S3D

  1. Siapkan PC/Laptop Windows.
  2. Siapkan kabel USB yang masih bagus.
  3. Download software Research Download v2.9.9005.
  4. Download USB Driver Spreadtrum.
  5. Download Firmware Advan S3D (Build Number: TCS3535B/C21D/OS2.3)
  6. Pastikan daya baterai di atas 60% untuk berjaga-jaga.
  7. Lakukan backup data jika memungkinkan, karena proses flashing Advan S3D akan menghapus seluruh data di memori internal hp.

Jika persiapan di atas sudah selesai, sekarang mari kita lanjut ke tahap berikutnya.

Langkah Flasing Advan S3D

• Pertama, silahkan ekstrak bahan yang sudah didownload tadi, yang terdiri dari: Research Download, USB Driver dan Firmware.

• Selanjutnya install USB Driver Spreadtrum di PC anda. Ini bertujuan agar HP Advan S3D bisa terdeteksi saat akan flashing.

• Kemudian buka folder hasil ekstrak Research Download, cari file “ResearchDownload.exe” dan jalankan dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as Administrator“.

Cara Flash Advan S3D (TCS3535B)

• Setelah software terbuka, klik ikon roda gigi satu, lalu akan terbuka tab baru. Selanjutnya arahkan ke folder hasil ekstrak firmware Advan S3D, kemudian pilih file firmware yang berformat “.pac“, dan klik “Open“.

Cara Flash Advan Vandroid S3D

 

• Tunggu beberapa saat sampai file firmware berhasil dimuat. Jika berhasil dimuat, akan muncul nama file firmware di bagian atas.

• Selanjutnya, klik icon Play (Start Downloading) untuk memulai proses flashing.

Cara Flash Advan S3D lupa pola bootloop

• Sekarang beralih ke HP Advan S3D anda. Matikan hp tersebut, copot baterai nya dan pasang lagi.

• Kemudian hubungkan hp Advan S3D ke PC/Laptop dengan kabel USB sambil terus menekan tombol volume atas (+). Jika tidak berhasil, coba ganti dengan menekan tombol volume bawah.

• Jika driver sudah terinstall dengan benar, maka proses flashing akan dimulai secara otomatis, ditandai dengan munculnya bar warna progress di Research Download.

• Tunggu sampai proses flashing selesai. Biasanya berlangsung sekitar 10-15 menit.

cara memperbaiki advan s3d terkunci

• Saat flashing Advan S3D sudah selesai, akan muncul notif “Passed” pada Research Download.

• Terakhir, anda bisa mencabut kabel USB dari hp Advan S3D, dan nyalakan hp tersebut. Lamanya booting akan membutuhkan waktu sekitar 10 menitan, jadi ditunggu saja. Jika bisa masuk ke menu secara dengan lancar, maka flashing sukses.

Nah demikianlah tutorial flashing Advan S3D bootloop, lupa pola, atau bahkan mati total. Semoga artikel ini bisa menjadi panduan bagi anda yang ingin melakukan flashing Advan Vandroid S3D secara mandiri.

Jika anda punya pertanyaan ataupun kendala, silahkan bertanya di komentar. Jangan lupa simpan artikel ini untuk berjaga-jaga jika anda ingin melakukan flashing di lain waktu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *