Cara Flash Advan S5E NXT via SPD Upgrade Tool (100% Tested)

Cara flash Advan S5E NXT yang mengalami bootloop, mati total ataupun yang lainnya sebenarnya tidak sulit. Disini saya akan menjelaskan bagaimana langkah flashing Advan S5E NXT via Research Download (SPD Upgrade Tool) versi terbaru untuk flashing file .pac.

Seperti yang kita ketahui, flashing menjadi solusi ampuh untuk mengatasi masalah HP Advan S5E NXT error seperti mati total ataupun booloop. Selain itu flashing Advan S5E NXT juga bisa mengatasi hp lemot, terkena virus, lupa pola/kunci layar, dan lain sebagainya.

Flashing adalah langkah terakhir yang dapat ditempuh jika masalah dan error pada ponsel Advan S5E NXT tidak bisa diatasi dengan cara biasa. Dengan melakukan flashing, itu akan menginstall ulang firmware pada ponsel, sehingga sistem ponsel akan kembali seperti bawaan pabrik (tergantung ROM/Firmware yang diflashing).

Tutorial cara flash Advan S5E NXT yang saya tulis disini sudah saya test sendiri dan berhasil mengatasi HP Advan S5E NXT yang mengalami mati total maupun bootloop. Akan tetapi saya tidak menjamin apakah hal yang sama juga terjadi pada anda.

Disclaimer: Karena proses flashing ini akan menghapus seluruh data di ponsel anda dan juga tidak menutup kemungkinan flashing akan gagal, karena kondisi masing-masing ponsel belum tentu sama. Jadi sebelum melanjutkan, mohon pertimbangkan dengan cermat, Resiko Ditanggung Sendiri.

Sebaiknya backup data HP dulu sebelum memulai.

Oke, kalau begitu silahkan simak langkah flashing Advan S5E NXT berikut ini.

Cara Flash Advan S5E NXT via SPD Upgrade Tool

Ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum melakukan flashing Advan S5E NXT.

Persiapan Flashing Advan S5E NXT

  1. Siapkan PC/laptop Windows.
  2. Siapkan Kabel USB yang masih baik.
  3. Download SPD Upgrade Tool R4.0.0001
  4. Download Firmware Advan S5E NXT v2
  5. Download USB Driver Advan S5E NXT
  6. Lakukan Backup Data (jika ponsel masih bisa hidup).
  7. Jika anda menggunakan Windows 10, jangan lupa Matikan/Disable Windows Signature di PC/Laptop anda. Ini bertujuan agar penginstalan driver berjalan lancar.

Langkah Flashing Advan S5E NXT

• Pertama, siapkan alat dan bahan serta jangan lupa unduh file penting seperti SPD Upgrade Tool, Firmware dan USB Driver.

• Selanjutnya ekstrak file SPD Upgrade Tool, Firmware dan USB Driver pada PC/Komputer anda.

• Lalu buka folder hasil ekstrak file driver. Ada 2 jenis driver yang dapat diinstall, misalnya jika anda menggunakan Windows 64bit, maka pilih yang folder x64, lalu cari file “DPInst” dan jalankan dengan cara klik kanan > Run as Administrator untuk menginstall drivernya. Jika anda Windows menggunakan yang x86, maka pilih yang folder x86. Intinya sesuaikan dengan Windows anda.

install USB Driver flashing advan S5E NXT

• Selanjutnya adalah membuka folder hasil ekstrakan SPD Upgrade Tool nya. Kemudian cari file “ResearchDownload.exe“, kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih “Run as Administrator” untuk menjalankan software tersebut.

Cara Flash Advan S5E NXT via Research Download Tool

• Setelah ResearchDownload terbuka, klik pada “Ikon Gear Satu“.

Cara Flash Advan S5E NXT via flashtool

• Kemudian cari file firmware yang sudah diekstrak tadi. File nya berformat “.pac“, bukan yang lain. Setelah ketemu, pilih file .pac tersebut dan klik “Open“.

• Tunggu beberapa saat sampai file firmware Advan S5E NXT berhasil dimuat.

• Setelah firmware berhasil dimuat, selanjutnya klik “Ikon Gear Dua“.

• Lalu pada tab Main Page, perhatikan bagian “NV_W“, klik kanan pada path/filename dimana NV_W berada. lalu ganti dengan file “nvitem“. Pastikan untuk mencentang kembali opsi “NV_W“. Agar lebih jelas, lihat gambar di bawah ini.

Cara Flash Advan S5E NXT via SPD Upgrade Tool

• Selanjutnya pada tab Options, centang opsi “Reset to Normal“.

• Kemudian pada tab Backup, hilangkan semua centang yang ada. Ini bertujuan agar IMEI tidak hilang.

• Setelah semua selesai, klik “OK” untuk menyimpan pengaturan.

• Lalu klik ikon Play (Start downloading) untuk memulai proses flashing. Kemudian akan muncul jendela download, klik saja “Yes“.

cara flashing advan S5E nxt bootloop

• Setelah itu pasang salah satu ujung kabel USB ke PC/Laptop (ujung yang satunya jangan dipasang dulu ke HP).

• Sekarang beralih ke HP Advan S5E NXT anda. Matikan ponsel tersebut, lepaskan baterai, lalu pasang lagi baterainya.

• Selanjutnya pada saat HP dalam kondisi mati, tekan volume Down (-) dan pasang kabel USB ke HP agar terhubung ke PC.

• Jika semua langkah di atas anda lakukan dengan benar, maka proses flashing akan berjalan secara otomatis pada software ResearchDownload (SPD Upgrade Tool). Jika HP tidak terdeteksi, coba periksa apakah driver sudah terinstall dengan benar atau belum.

• Tunggu proses flashing sampai selesai. Biasanya memakan waktu sekitar 10 sampai 15 menit (tergantung spek PC/Laptop anda).

Cara Flash Advan S5E NXT mati total

• Jika proses flashing selesai, maka pada bagian Progress akan muncul tulisan “Passed“. Dengan begitu, ponsel Advan S5E NXT anda akan restart secara otomatis.

Sampai disini, proses flashing sudah selesai. Sekarang anda hanya tinggal menunggu sampai ponsel hidup dan melakukan beberapa settingan dasar.

Bagaimana? Tidak begitu sulit kan? Saya yakin jika anda mengikuti panduan flashing ini dengan benar, maka proses flashing akan mudah dan berhasil.

Nah, demikian artikel tentang cara flash Advan S5E NXT ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika ada masalah atau kendala, silahkan bertanya di komentar. Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda berguna. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *