Cara Flash Asus Zenfone 2 Laser Z00RD via Flashtool dan Tanpa PC

Melalui artikel ini, saya akan menjelaskan kepada Anda tentang cara flash Asus Zenfone 2 Laser Z00RD (ZE500KG & ZE550KL) yang mudah via Flashtool dan SD Card.

Pada dasarnya, flashing ini biasanya dilakukan pada saat ponsel Asus Zenfone 2 mengalami masalah seperti ponsel yang lemot atau lelet, lupa pola/sandi kunci layar, aplikasi tiba-tiba error atau sering keluar sendiri, Asus Zenfone 2 Z00RD bootloop, atau bahkan mengalami mati total.

Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi beberapa masalah tersebut, misalnya saja dengan melakukan hard reset HP Asus Anda, apabila memang smartphone Asus Zenfone 2 Laser Z00RD yang Anda miliki tersebut masih bisa digunakan (tidak bootloop atau matot).

Namun apabila bootloop, silakan Anda coba gunakan tombol kombinasi power + volume atas atau power + volume bawah. Tapi pada beberapa perangkat yang mengalami kendala yang sama, langkah hard reset ini ternyata sering sekali tidak berhasil ataupun memberi solusi.

Jadi apabila masalah pada Asus Zenfone 2 terbilang parah, sangat disarankan sekali agar Anda melakukan flashing Asus Zenfone Laser 2 Z00RD via Flashtool atau SD Card.

Baca Juga:

Baiklah daripada harus berlama – lama lagi, langsung saja Anda ikuti langkah – langkah flashing hp Asus Zenfone 2 Laser Z00RD berikut ini.

Cara Flash Asus Zenfone 2 Laser Z00RD (ZE500KG & ZE550KL) via Flashtool & SD Card

Dalam tutorial ini, akan saya bagi menjadi 2 metode, yakni flashing dengan Flashtool dan Flashing tanpa PC (dengan SD Card). Anda boleh memilih salah satu nya.

Cara Flashing Asus Zenfone 2 Laser Z00RD via Flashtool

Pertama, sebelum memulai flashing ada beberapa alat dan bahan flashing yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Diantaranya adalah..

  1. Download Asus USB Driver
  2. Download Firmware Asus Zenfone 2 Laser Z00RD: ZE500KG / ZE550KL (Pilih yang sesuai dengan model ponsel anda. Kalau belum tau, silahkan googling dulu gan).
  3. Download dan instal Asus Flashtool v1.0.0.45 di PC Anda.
  4. Siapkan PC/Komputer/Laptop Windows dan kabel USB yang masih bagus.
  5. Isi baterai HP minimal 50%.
  6. Lakukan backup data hp (jika memungkinkan), karena proses flashing ini akan menghapus seluruh data yang ada di ponsel anda.

Langkah Flashing Asus Zenfone 2 Laser via Flashtool

  • Langkah pertama, silakan Anda download alat dan bahan di atas yang berupa USB Driver, Firmware dan Asus Flashtool.
  • Install USB Driver.
  • Install juga Asus Flashtool pada PC anda.
  • Kemudian lanjutkan dengan membuka Asus Flashtool yang tadi sudah diinstall pada PC Anda.
  • Jika sudah terbuka, klik pada bagian “Model”, lalu scroll dan pilih model yang cocok untuk ponsel anda, “ZE500KG” atau “ZE500KL“.

Cara Flash HP Asus Zenfone 2 ZE550KL via Flashtool

  • Lalu pada bagian “Wipe data“, pilih “Yes“.
  • Selanjutnya, klik icon folder yang berwarna kuning, kemudian Anda bisa mengarahkannya ke folder firmware yang sudah Anda ekstrak tadi.
  • Silakan Anda cari file firmware yang sudah berekstensi .zip, misalnya: www_ZE500KG_V12.8.5.227_M3.6.42 _Phone-user.raw.zip.
  • Apabila memang masih dalam bentuk .raw, archieve file pakai winrar atau winzip ke format .zip.
  • Kemudian untuk langka selanjutnya silakan Anda beralih ke smartphone Asus Zenfone 2 Laser Z00RD, silahkan matikan ponsel Asus Zenfone 2 anda.
  • Lalu masuk saja ke Droidboot Mode. Caranya adalah dengan menekan tombol volume atas (+) dan tombol power sampai tampil logo Asus. Apabila logo Asus ini sudah tampil kemudian lepaskan tombol powernya, namun tetap tekan tombol volume atas sampai muncul layar Droidboot di smartphone Anda.
  • Setelah itu koneksikan atau hubungkan smartphone Asus Zenfone 2 Laser Z00RD Anda ini ke PC menggunakan kabel USB yang sudah disiapkan pada langkah awal tadi.
  • Apabila Driver USB sudah terinstal dengan benar, maka PC Anda seharusnya bisa mendeteksi dan menyelesaikan instalasi driver smartphone secara otomatis. Jika sudah selesai, maka Anda bisa melihat Device terdeteksi di program Asus Flashtool.
  • Jika sudah terdeteksi maka Anda bisa langsung mengeklik “Start” di bagian atas, dan proses flashing pada Asus Zenfone 2 Laser Z00RD akan berjalan. Tunggu proses flashing ini sampai selesai.

Cara Flash Asus Zenfone Zenfone 2 Z00RD via Flashtool

  • Jika proses flashing sudah selesai, maka akan muncul lingkaran hijau dengan notif “Flash image succesfully“.

Selesai! Sekarang Anda bisa melepaskan ponsel dari PC lalu hidupkan perangkat Anda.

Cara Flash Asus Zenfone 2 Laser Z00RD Tanpa PC

Jika dibandingkan dengan metode yang pertama, cara flash Asus Zenfone 2 Lazer Z00RD via SD Card ini terbilang cukup mudah dan simpel. Anda tak perlu repot-repot menyiapkan PC, cukup sediakan SD card dan firmware Asus Zenfone 2 Lazer Z00RD saja.

Berikut ini langkah flashing Asus Zenfone 2 Laser Z00RD dengan SD Card, simak baik-baik agar flashing berhasil.

  • Langkah pertama adalah download firmware Asus Zenfone 2 Laser Z00RD, dan pastikan versi recovery-nya sama.

Download Firmware Asus Zenfone 2 Z00RD

  1. ZE500KG – UL-ASUS_Z00RD-WW-13.10.10.25-user.zip
  2. ZE500KL – UL-ASUS_Z00E-WW-12.8.5.106-user.zip
  3. Firmware versi lain bisa anda cari disini.
  • Pilih satu firmware yang cocok dengan ponsel Asus Zenfone 2 Laser anda.
  • Selanjutnya salin hasil download firmwarenya ke SD Card, dan jangan diletakkan di folder manapun agar lebih mudah mencarinya.
  • Sebelum Anda mulai flashing, pastikan baterai smartphone Asus Zenfone 2 Laser Z00RD terisi minimal 50% untuk menghindari kegagalan flashing yang dikarenakan baterai lowbat.
  • Lalu masuk ke Mode Recovery dengan cara menekan tombol volume down + power selama beberapa detik.
  • Tunggu saja sampai logo Asus muncul, setelah itu Anda bisa melepaskan tombol power, tetapi pastikan jari Anda masih tetap menekan tombol volume down (-) sampai masuk ke menu recovery.
  • Di menu recovery ini, anda tidak bisa menggunakan layar sentuh. Satu-satunya cara yaitu dengan menggunakan tombol volume atas-bawah untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih/konfirmasi.
  • Karena disini tujuan kita adalah flash ulang, maka kita harus memilih “Wipe data/factory reset” dan “Wipe cache partition” terlebih dahulu.
  • Jika sudah, pilihlah “Apply Update From SD Card”.

Cara Flash Asus Zenfone 2 Laser Z00RD tanpa PC

  • Pilih Firmware Asus Zenfone 2 Laser Z00RD, dan tunggu sampai proses flashing selesai. Lamanya proses flashing biasanya antara 10-20 menit.

Bagaimana? Caranya sangat mudah kan? Cara ini tidak sesulit cara flashing pertama yang menggunakan flashtool, karena hanya bermodalkan SD card dan recovery bawaan.

Nah demikianlah tutorial tentang cara flash Asus Zenfone 2 Laser ZE500KG & ZE550KL via Flashtool dan SD Card. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memandu anda untuk melakukan flashing sendiri tanpa harus pergi ke tukang servis.

Jika ada hal ataupun kendala terkait cara flash Asus Zenfone 2 Z00RD ini, silahkan tanya di komentar. Semoga bermanfaat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *