Cara Flash Asus Zenfone C Z007 via Flashtool & SD Card (Tanpa PC)

Cara Flash Asus Zenfone C Z007 – Flashing memang kerap kali dijadikan sebagai cara paling ampuh pada saat smartphone mu, khususnya jika smartphone Asus Zenfone C kesayangan Anda mengalami bootloop atau bahkan mati total. Maka dari itu, pada artikel kali ini kami akan membagikan kepada Anda tentang cara flash Asus Zenfone C dengan mudah yang bisa dicoba.

Penting sekali untuk diketahui bahwa biasanya kerusakan pada sebuah smartphone dibagi menjadi dua jenis, yakni kerusakan pada bagian hardware dan software. Apabila yang rusak adalah bagian hardware, maka Anda harus beli spare part yang baru.

Sementara itu jika yang terjadi kerusakaan di bagian softwarenya, maka Anda bisa memperbaiki sendiri tanpa harus repot – repot membawa ke service center.

Kerusakaan software yang biasanya terjadi, yakni aplikasi force close, lemot, system error, hardbrick, bootloop dan lain sebagainya. Salah satu cara mengatasi masalah bootloop atau smartphone mati total adalah dengan melakukan flashing.

Flashing sendiri merupakan proses memasukkan ulang sistem operasi di perangkat berbasis Android. Dan di bawah ini adalah beberapa langkah flash yang bisa dicoba pada Asus Zenfone C.

Disclaimer: Do With Your Own Risk

Cara Flash Asus Zenfone C Dengan Mudah

Siapkan terlebih dulu beberapa file yang dibutuhkan untuk flashing smartphone Asus Zenfone C berikut ini.

  1. PC, komputer, atau laptop yang sudah menggunakan OS Windows
  2. Kabel data, gunakan saja kabel data bawaan
  3. Unduh Firmware Asus Zenfone C Z007 (938 MB), lalu ekstrak
  4. Unduh Asus Android USB Driver
  5. Unduh Asus Flashtool

Kemudian berikut ini adalah langkah – langkah flash Asus Zenfone C yang harus Anda simak dan coba praktekkan.

Dalam artikel ini akan saya bahas 2 metode flashing Asus Zenfone C, yaitu dengan menggunakan software Asus Flashtool dan lewat SD Card (Tanpa PC).

Cara Flash Asus Zenfone C via Asus Flash Tool

  • Pertama – tama, silakan pastikan terlebih dulu kapasitas daya pada smartphone Asus Zenfone C Anda sudah terisi lebih dari 50% untuk melakukan flashing.
  • Jika sudah, lanjutkan dengan masuk ke Download Mode. Caranya mudah sekali, yakni dengan menekan tombol Power + Volume UP secara bersamaan. Apabila sudah masuk ke Download Mode, silakan lepaskan kedua tombol tersebut.
  • Sekarang install software Asus Flash Tool, dengan cara klik kanan lalu pilih Run as Administrator.
  • Kemudian sambungkan smartphone Asus Zenfone C yang Anda miliki ke PC, komputer, atau laptop Anda dengan menggunakan kabel USB. Apabila sudah muncul ikon USB, itu artinya perangkat Anda sudah terdeteksi oleh komputer.
  • Silakan dipilih tipe ZC451CG, kemudian pada Wipe Data pilihlah opsi Yes. Lalu klik browse untuk memasukkan Firmware yang sudah Anda unduh tadi.
Cara Flash HP Asus Zenfone C
  • Lanjutkan dengan mengeklik pada ikon USB, dan klik pula tombol Start untuk memulai proses flashing smartphone Asus Zenfone C. Tunggu sampai proses flashing ini selesai.
Cara Flash Asus Zenfone C via Flashtool
  • Apabila proses flashing sudah selesai, maka state akan berganti warna menjadi hijau dan munculah notifikasi Flash Image Successfully. Itu artinya proses flashing Asus Zenfone C sudah selesai dan berhasil dijalankan.
Cara Flash Asus Zenfone C tested Work
  • Jika sudah, tutup software Asus Flash Tool dan pilih menu Reboot pada Droidboot untuk melakukan restart pada perangkat Anda.
  • Tunggu sampai proses booting berjalan, lalu akan muncul Start Up Standart Android untuk mengatur akun Google, bahasa, jaringan, dan lain sebagainya.

Selain cara di atas, ada cara flash Asus Zenfone C lainnya yang tidak kalah mudahnya untuk Anda lakukan, misalnya saja via SD Card berikut ini.

Cara Flash Asus Zenfone C Tanpa PC (via SD Card)

  • Siapkan saja SD Card yang sudah diformat ke Fat 32 Default. Kemudian unduh Firmware Asus Zenfone C, pilih yang paling baru.
  • Bila sudah, lanjutkan dengan mengcopy file ke dalam SD Card dalam bentuk Zip. Jangan letakkan di folder manapun.
  • Setelah itu pasang SD Card ke smartphone Asus Zenfone C Anda.
  • Masuk saja ke Recovery Mode, caranya adalah dengan menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  • Lalu pilih menu yang paling bawah, yakni Apply Update From Sdcard.
  • Pilihlah file Firmware yang tadinya sudah dicopy ke SD Card. Proses flashing pun akhirnya berlangsung.
  • Jika sudah selesai, maka layar akan langsung kembali ke menu Recovery tadi. Kemudian Tap Reboot System. Sehingga smartphone Anda akan melakukan restart sendiri secara otomatis, dan loading menuju ke Wizard Setting atau Home Screen . Di sini Anda harus lebih bersabar sebab loading akan terjadi cukup lama.
  • Selesai.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara flash Asus Zenfone C dengan mudah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Jangan lupa share artikel ini ke teman anda yang ingin melakukan flashing hp Asus Zenfone C nya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *