Cara Flash Oppo A53 Tanpa PC via SD Card (100% Work)

Cara Flash Oppo A53 – Sebenarnya tidak sulit kok untuk Memperbaiki HP Oppo A53 mentok logo (bootloop), Oppo A53 lupa pola, lupa password, layar terkunci, Oppo A53 mati sendiri, lemot, hang, ataupun masalah lainnya. Flashing adalah solusi jitu dari segala permasalahan pada sistem Oppo A53 yang error tersebut.

Flashing Oppo A53 artinya menginstall ulang firmware atau stock ROM pada Oppo A53 dengan firmware yang baru agar error dan masalah pada sistem bisa diperbaiki. Kondisi HP Oppo A53 setelah diflashing akan kembali seperti baru keluar dari pabrikan.

Flashing hp Oppo A53 ada 2 metode, yakni flashing menggunakan alat flashtool (dengan laptop/PC), dan flashing lewat recovery mode dengan SD Card.

Cara yang termudah dan simpel adalah flashing via SD Card, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Karena cara ini menggunakan menu recovery mode yang tertanam di HP dalam melakukan flashing, tidak seperti flashing di PC yang menggunakan alat flashtool.

Sekarang, mari kita lanjut ke langkah-langkah flashing di bawah ini. Pastikan baca dengan teliti setiap langkahnya agar tidak ada yang salah dalam proses flashing ya.

Cara Flash HP Oppo A53 via SD Card

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum flash ulang Oppo A53 lewat recovery mode, pastikan anda membaca panduan ini dengan cermat agar tidak gagal dalam flashing Oppo A53.

Persiapan 1: Baterai & Backup Data

Pertama, pastikan daya baterai minimal 40% atau lebih, agar nantinya tidak terjadi gagal flashing karena baterai drop.

Kedua, jika masih bisa masuk ke menu smartphone, disarankan untuk backup semua data (termasuk backup data email dan password akun Google yang tertaut) terlebih dahulu.

Karena proses install ulang firmware Oppo A53 via SD Card ini akan menghapus seluruh data yang ada dalam ponsel.

Dan dalam beberapa kasus, anda akan diminta untuk verifikasi akun Google setelah flashing HP Oppo A53 selesai.

Itulah kenapa backup data adalah hal yang penting.

Persiapan 2: Siapkan & Download Firmware Oppo A53

Pertama, siapkan SD Card (kartu memori) dengan ruang penyimpanan yang cukup, karena file firmware biasanya berukuran besar.

Selanjutnya download: Firmware Oppo A53.

Jika HP Oppo A53 bootloop (mentok logo Oppo) atau Oppo A53 lupa pola/password, anda bisa mendownload firmware nya lewat HP teman atau lewat komputer (bisa pake komputer warnet kalau tidak punya komputer sendiri).

Selanjutnya letakkan file firmware Oppo A53 yang sudah didownload tadi ke SD Card / Kartu Memori. Jangan letakkan di folder manapun, cukup taruh di direktori root saja.

Lalu masukkan SD Card/kartu memori tersebut ke HP Oppo A53 yang akan diflash.

Setelah persiapan sudah selesai, maka sekarang anda bisa lanjut ke langkah-langkah flashing berikut ini.

Langkah Flashing HP Oppo A53 Tanpa PC

• Langkah pertama, yaitu matikan/turn off smartphone Oppo A53 anda.

• Selanjutnya saat Oppo A53 dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power + tombol volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik, sampai muncul logo Oppo.

• Tunggu beberapa saat sampai HP Oppo A53 masuk ke mode pemulihan atau recovery mode (ColorOS Recovery).

• Akan muncul tampilan untuk memilih bahasa, pilih “English“.

cara flash hp oppo A53 lupa sandi pola

• Sebelum flashing, disarankan untuk mereset data HP Oppo A53 lewat menu Wipe data terlebih dahulu. Pilih Wipe data > Wipe data and Cache > pilih Yes.

• Setelah itu pilih “Install from storage device“.

cara flash hp oppo A53 bootloop mentok logo

• Kemudian pilih “From SD card“.

cara update pembaruan firmware oppo A53 via recovery mode

• Lalu cari file firmware Oppo A53 yang sudah diletakkan di SD Card pada tahap persiapan tadi.

• Jika sudah ketemu, pilih firmware tersebut dan nanti akan muncul pesan konfirmasi: “Installation package, this operation can not be undone“, maka klik saja “OK” untuk memulai proses install ulang firmware Oppo A53 via SD Card.

• Tunggu sampai proses flashing Oppo A53 selesai. Biasanya akan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.

• Jika flashing berhasil, maka akan muncul notif “updating succesfully“, yang menandakan bahwa install atau update firmware Oppo A53 telah sukses.

• Terakhir, kembali ke menu ColorOS Recovery dan pilih “Reboot” untuk merestart HP Oppo A53.

• Proses reboot untuk pertama kali setelah flashing biasanya memang agak lama, jadi mohon ditunggu sampai selesai.

• Setelah booting selesai, maka anda akan dibawa ke layar wizard setting HP Oppo A53. Silahkan setting pengaturan awal seperti memilih bahasa, lokasi, dll. Sampai tahap ini proses flashing sudah berhasil.

Catatan: Flashing lewat recovery mode ini tidak bisa memperbaiki HP Oppo A53 mati total (matot), karena HP yang matot tidak bisa mengakses mode recovery.

Solusi terakhir adalah dengan flashing Oppo A53 via Flashtool (dengan PC/komputer). Jika tidak mau ribet, silahkan datang saja ke tempat servis HP terdekat di daerah anda.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tutorial flashing Oppo A53 tanpa PC, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi HP Oppo A53 yang bootloop, lupa sandi, lupa pola, hang, dan masalah lainnya. Semoga bermanfaat.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.