Cara Flash Oppo Neo 3 R831K via SP Flash Tool (Tested), 100% Berhasil

Cara Flash Oppo R831K – Sama halnya seperti smartphone Android pada umumnya, Oppo Neo 3 R831K juga mempunyai berbagai masalah seiring penggunaan.

Pemakaian yang berlebihan, lupa pola, bootloop, aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak jelas dan terkena virus/malware menjadi sumber masalah yang tidak bisa diremehkan.

Jika hal ini terjadi, biasanya ponsel Oppo R831K akan mati, hang logo (bootloop), error wipe data anda cache failed ataupun mengalami error lainnya.

Kalau sudah begini, maka kamu harus mencari cara flash Oppo Neo 3 R831K dengan PC agar smartphone mu kembali normal.

Flashing adalah solusi terakhir untuk mengatasi permasalahan di Oppo Neo 3 R831K mu, ini merupakan cara paling ampuh untuk mengembalikan smartphone ke performa semula.

Yah walaupun sebagian masalah bisa diatasi dengan cara hard reset Oppo, tetapi masalah yang serius seperti mati total hanya bisa diatasi dengan cara flash Oppo R831K tersebut.

Untuk melakukannya, kamu hanya cukup mengikuti panduan lengkap bagaimana cara flash Oppo Neo 3 R831K via SP Flash Tool berikut ini.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Yang Bootloop, Lupa Pola & Matot

Sebelum memulai proses flash Oppo Neo 3 R831K dengan PC, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu, yaitu mempersiapakan segala sesuatunya mulai dari software, ROM dan juga tentu saja driver.

Persiapan Flashing Oppo R831K

  1. Isi baterai smartphone kamu minimal sampai dengan 70%, bertujuan agar smartphone tidak mati saat proses flashing berlangsung. Apabila mati, kerusakan yang lebih buruk mengancam smartphone kamu.
  2. Jika memungkinkan, lakukan backup data ponsel.
  3. Dowload Firmware Oppo Noe 3 R831K, ukurannya cukup besar yaitu 570 MB dan dilindungi dengan password: oppo1
  4. Download software SP Flash Tool (pilih yang versi terbaru).
  5. Download juga USB Driver MT65xx.
  6. Persiapkan kabel USB untuk menghubungkan smartphone ke PC atau laptop. Usahakan kabel USB yang masih bagus agar proses flashingnya nanti lancar jaya.
  7. Tentu saja, persiapkan pula PC/Laptop Windows kamu.

Proses Flash Oppo Neo 3 R831K Via PC via SP Flash Tool

  • Saya asumsikan kamu sudah mengunduh semua software yang diminta di langkah persiapan awal tadi. Maka, langkah pertama adalah mengekstrak semua file yang berjenis RAR termasuk SP Flashtool.
  • Berikutnya, install driver USB di PC/komputer.
  • Sekarang buka folder Flashtool yang sudah diekstrak tadi dan klik kanan pada file flash_tool.exe lalu klik Run as Administrator.

Cara Flash Oppo R831K via SP Flashtool

  • Ketika SP Flash Tool berjalan, kamu akan melihat berbagai macam menu.

Cara Flashing Oppo R831K dengan PC

  • Klik menu Download Agent di kanan atas lalu akan muncul popup jendela Windows Explorer, cari dan temukan folder MTK All in One dan klik tombol Open.

Cara Flash oppo Neo 3 Bootloop

  • Berikutnya, klik tombol tab Scatter-loading dan buka folder firmware Oppo Neo 3 R831K yang tadi sudah diunduh, kemudian cari file yang namanya ada MT65xx_Android_scatter. Lalu klik tombol Open.

Cara Flash Oppo Neo 3 R831K Lupa Pola

  • Ketika file scatter sudah dimuat, maka kamu akan melihat beberapa baris file di dalam Flash Tool, di barisan file tersebut hilangkan tanda centang pada PRELOADER dan UBOOT. Lakukan hal ini apabila smartphone Oppo Neo 3 R831K kamu masih bisa menyala tapi mentok logo (bootloop).

Cara Flash Firmware Oppo R831k

  • Tetapi jika smartphone kamu mati total, maka centang semua daftar file.
  • Setelah pengaturan selesai, sekarang klik tombol Download yang juga ditandai dengan ikon panah berwarna hijau di pojok kiri atas Flash Tool.
  • Sekarang beralihlah ke smartphone, matikan ponsel Oppo Neo 3 R81K. Apabila baterai masih terpasang, langsung saja colokkan kabel USB tanpa menekan apapun. Tetapi jika baterai tidak terpasang, hubungkan smartphone ke PC sambil menekan tombol volume atas (plus) sampai ada notifikasi pemasangan driver terlihat di layar smartphone.
  • Saat driver sudah berhasil mendeteksi ponsel mu, akan terlihat bar warna kuning pada SP Flash Tool yang menandakan proses flashing sedang berlangsung.

Cara Flash oppo R831K getar saja

  • Tunggu proses flashing sampai selesai. Jika flashing berhasil, maka akan muncul notifikasi seperti ini gambar di bawah ini.

Cara Flash Oppo R831K Hang Logo

Selesai! Sekarang ponsel Oppo R831K mu sudah berhasil diflash.

Selanjutnya, cabut smartphone dari komputer kemudian hidupkan seperti biasa. Tetapi di proses booting pertama ini akan memakan waktu sangat lama, bisa 10 sampai dengan 15 menit.

Jika sudah menyala, lakukan beberapa pengaturan dasar seperti setting bahasa, jaringan, dan lain-lain.

Baca juga cara flashing HP Oppo lainnya..

Bagaimana? Flashing itu tidak terlalu sulit kan? Asal anda memiliki PC di rumah, anda tidak perlu pergi ke tempat service HP untuk flash ponsel Oppo Neo 3 R831K.

Semoga tutorial ini bisa memandu anda untuk melakukan flashing secara mandiri. Tutorial ini sudah berhasil saya test di ponsel Oppo Neo 3 R831K yang mengalami bootloop.

Akan tetapi dengan kondisi environment yang berbeda-beda, mungkin saja tutorial di atas belum tentu berhasil di perangkat Oppo kamu. Jadi pahami bahwa resiko kegagalan ditanggung kamu sendiri.

Tapi saya berdoa semoga kamu berhasil melakukan flashing Oppo R831K. Jika anda mengalami masalah, silahkan bertanya di komentar. Saya akan selalu menjawabnya selama saya bisa.

Mungkin Anda juga menyukai

3 Respon

  1. pejabat berkata:

    sudah saya tes tingal nunggu booting ya,, klo gagal brarti emmc ya

  2. pur berkata:

    mantap,,,mksh bosku

  3. Pri berkata:

    mantapp boss ku work 100% hp yg tadinya bootloop sdh kembali normal, trims ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *