Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via SP Flashtool (100% Tested)

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 – Salah satu masalah yang sering dialami oleh smartphone HP Oppo Neo 5 adalah bootloop alias stuck logo. Bootloop ini disebabkan oleh kegagalan booting pada OS atau sistem operasi pada Android. Hal ini akan menyebabkan Anda tidak akan masuk ke dalam sistem smartphone Anda, sehingga berbagai macam aplikasi tidak akan bisa di akses sehingga smartphone Anda tidak akan pernah bisa digunakan lagi.

Selain bootloop, masalah yang sering terjadi adalah lupa pola atau PIN kunci layar, aplikasi sering force close, terkena virus/malware, hp lemot saat membuka aplikasi, atau bahkan yang paling parah adalah mati total (matot).

Untuk mengatasi masalah ringan seperti HP Oppo Neo 5 R1201 lupa pola, lemot, sering ngehang, kena virus, maka Anda bisa melakukan hard reset atau factory reset HP Oppo, tapi jika masalahnya adalah bootloop atau bahkan mati total, maka solusi paling ampuh yaitu dengan melakukan flashing.

Pada dasarnya, flashing adalah tindakan untuk menginstall ulang firmware atau ROM pada smartphone. Flashing bisa dilakukan tanpa PC (via SD Card), dan dengan PC (via software flashtool).

Sama seperti cara flash Oppo Joy 3 A11W yang pernah saya bahas sebelumnya, pada tutorial cara flash Oppo Neo 5 R1201 kali ini, yang akan saya bahas adalah flashing via flashtool juga, karena menurut saya cara ini lebih manjur. Baiklah, jika anda sudah siap, silahkan simak tutorial tentang bagaimana cara flash Oppo Neo 5 R1201 yang benar seperti berikut ini.

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via SP Flashtool

Sama seperti flashing pada umumnya, sebelum melakukan flashing, Anda harus menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan secara lengkap.

Persiapan Flashing Oppo Neo 5 R1201

  1. Siapkan PC atau Laptop Windows.
  2. Siapkan juga kabel USB yang masih bagus, kalau bisa kabel USB yang original/bawaan OPPO.
  3. Download software SP Flashtool.
  4. Download USB Driver Mediatek v1.0.1
  5. Download Firmware Oppo Neo 5 R1201 (flashtool).
  6. Jika HP tidak bootloop atau matot dan masih bisa masuk ke menu, silahkan lakukan backup data hp terlebih dahulu sebelum melakukan flashing. Backup data itu penting karena proses flashing akan menghapus seluruh data di smartphone. Jika ada SD Card/kartu memori yang terpasang, segera copot agar data didalamnya aman.
  7. Pastikan daya baterai hp Oppo anda terisi setidaknya 50%.

Langkah Flashing Oppo Neo 5 R1201

• Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengekstrak semua bahan di atas yang terdiri dari SP Flashtool, USB Driver dan Firmware Oppo Neo 5 R1201.

• Kemudian langkah selanjutnya yaitu melakukan penginstalan USB Driver pada PC/Laptop atau komputer anda. Khusus untuk SP Flashtool, Anda tidak perlu melakukan penginstalan, karena software ini bersifat portable.

• Sekarang buka folder hasil ekstrak SP Flashtool, cari file “flash_tool.exe”, buka/jalankan SP Flashtool dengan melakukan klik kanan pada file “flash_tool.exe”, kemudian pilih “Run as Administrator”.

Cara Flash Oppo Neo 5 R1201 via SP Flashtool

• Setelah SP Flashtool terbuka, klik pada “Scatter-Loading” dan arahkan ke folder hasil ekstrak Firmware Oppo Neo 5 R1201, dan cari file “MT6582_Android_scatter.txt” dan klik “Open”.

Cara Flash Oppo R1201 bootloop

• Tunggu sampai file scatter berhasil dimuat oleh flashtool.

• Selanjutnya, perhatikan pada opsi “PRELOADER”. Centang opsi “PRELOADER” jika hp Oppo Neo 5 mati total, tapi jika Oppo R1201 hanya bootloop, maka wajib hilangkan centang pada “PRELOADER” untuk berjaga-jaga agar tidak mati total jika firmware nya tidak cocok.

Cara flash oppo neo 5 lupa pola pin

• Kemudian klik “Download” untuk memulai flashing.

• Sekarang beralih ke hp Oppo Neo 5 R1201 anda. Matikan hp tersebut, lalu lepaskan baterai dan pasang lagi.

• Setelah itu, tekan tombol Volume Atas/Up (+) sambil menghubungkan ke PC/Komputer menggunakan kabel USB. Jangan lepaskan tombol Volume Up/Atas (+) sampai muncul bar warna kuning di SP Flashtool, yang menandakan bahwa proses flashing sudah dimulai.

• Sekarang anda hanya tinggal menunggu sampai proses flashing Oppo R1201 via flashtool selesai. Jika sudah selesai, maka akan muncul notif “Download OK”.

tutorial flashing oppo neo 5 r1201 tested

• Begitu flashing Oppo Neo 5 via Flashtool selesai, silahkan lepaskan kabel USB dari smartphone anda, lalu copot baterai dan pasang lagi.

• Terakhir, hidupkan HP Oppo Neo 5 R1201 hinggal berhasil masuk ke menu utama. Jika booting ulang yang memakan waktu cukup lama, silahkan tunggu saja karena memang hal yang wajar.

Tips Agar Flashing Sukses

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara flash Oppo Neo 5 R1201 kini Anda harus tahu bagaimana caranya agar flashing yang dilakukan tersebut sukses. Agar sukses Anda bisa melakukan beberapa tips atau cara berikut ini..

1. Baterai lemah

Penyebab yang pertama adalah baterai yang lemah. Baterai lemah ini akan menyebabkan koneksi smartphone ke PC menjadi terganggu dan jika smartphone tersebut mengalami mati mendadak akan membuat proses flashing berhenti di tengah jalan. Akibatnya smartphone Anda tidak akan mau menyala.

2. Firmware yang tepat

Jangan sampai salah memilih firmware, pilih yang sesuai dengan tipe smartphone Anda. Selain itu, jika firmwarenya cacat akan berpengaruh terhadap flashing Anda sehingga menyebabkan smartphone gagal booting.

Demikianlah tutorial tentang cara flashing Oppo R1201 via flashtool. Semoga panduan ini bermanfaat bagi anda yang ingin melakukan flashing Oppo Neo 5 untuk memperbaiki masalah pada smartphone. Jika ada kendala atau kesulitan, silahkan bertanya di komentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *