Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool (Tested), Hanya 10 Menit!

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 – Flashing menjadi cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi berbagai macam masalah yang terjadi pada smartphone, salah satunya adalah mengatasi masalah yang bisa terjadi pada Oppo Yoyo R2001.

Masalah yang sering terjadi pada Oppo R2001 ini diantaranya adalah bootloop (stuck di logo), ponsel hanya getar saat dihidupkan, hardbrick/matot, lupa pola/sandi, ponsel terserang virus/malware, ponsel lemot, aplikasi sering menutup dengan sendirinya, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti mengembalikannya ke pengaturan pabrik atau hard reset, upgrade firmware, dan masih banyak lagi lainnya.

Flashing merupakan cara paling ampuh dan mujarab untuk mengatasi berbagai masalah pada smartphone. Dengan menerapkan cara flash Oppo Yoyo R2001 ini, ponsel anda akan kembali normal seperti baru beli.

Nah kalau begitu bagaimana cara flash Oppo Yoyo R2001 yang mengalami masalah dengan bootloop, Oppo R2001 hanya getar saja, mati total, dll? Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan.

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool

Dalam tutorial ini saya akan menggunakan software SP Flashtool untuk flashing Oppo R2001, karena ponsel ini menggunakan chipset Mediatek. Proses flashing nya pun cukup mudah, hanya perlu kurang lebih 10 menitan saja (jika semuanya lancar).

Sebelum memulai flashing, ada beberapa alat dan bahan yang perlu anda persiapkan terlebih dahulu.

Persiapan Flashing Oppo Yoyo R2001

  1. Download SP Flashtool
  2. Download All MTK USB Driver
  3. Download Firmware Oppo Yoyo R2001
  4. Siapkan PC/komputer Windows
  5. Siapkan kabel USB yang masih bagus
  6. Backup data jika ponsel masih bisa digunakan (dalam artian tidak bootloop/matot)
  7. Berdoa dan konsentrasi agar proses flashing berjalan lancar

Langkah Flashing Oppo Yoyo R2001

  • Pertama silahkan download ketiga bahan di atas yang terdiri dari SP Flashtol, Driver dan Firmware Oppo Yoyo R2001.
  • Selanjutnya ekstrak semua bahan yang telah didownload.
  • Jangan lupa install USB Driver MTK pada PC/komputer anda.
  • Selanjunya buka folder hasil ekstrakan SP Flashtool, cari file “flash_tool.exe” dan buka dengan cara klik kanan lalu pilih “Run as Administrator”.

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via SP Flashtool

  • Setelah flashtool terbuka, tampilannya seperti di bawah ini. Langsung saja klik “Download Agent”.

Cara Flash Oppo R2001 Bootloop

  • Lalu arahkan ke folder hasil ekstrak SP Flashtool dan cari file “MTK_AllInOne_DA.bin”. Kemudian klik “Open”.

Cara Flash Oppo R2001 mati total

  • Setelah itu langsung saja Anda klik di “Scatter-Loading” kemudian masuk ke folder firmware dan cari file dengan nama “MT6582_Andorid_scatter.txt”. Kemudian klik “Open”.

Cara Flash Oppo Yoyo R2001 via flashtool

  • Tunggu beberapa saat sampai file scatter berhasil dimuat.
  • Cara flash Oppo Yoyo R2001 selanjutnya yang harus Anda bisa lakukan yaitu centang pada UBOOT kemudian lakukan klik di area kosong pada kolom “Location”, kemudian isikan dengan file “LK” dimana file ini ada di dalam folder firmware yang sudah di extract sebelumnya.
  • Selanjutnya centang juga pada opsi USRDATA dan klik pada area kosong di kolom “Location” tersebut, lalu arahkan ke folder hasil ekstrak firmware dan cari file “userdata_nvram_only.ext4.tar”.

Cara Flash Oppo R2001 getar saja

  • Setelah itu Anda bisa klik “Download” untuk memulai flashing.
  • Kemudian Anda bisa mematikan smartphone Anda, kemudian sambungkan smartphone tersebut ke PC.
  • Tunggu sampai smartphone Oppo R2001 Anda terdeteksi dan proses flashing tersebut akan berjalan dengan secara otomatis. Jika ponsel sulit terdeteksi oleh PC, cobalah tekan tombol Volume Atas (+) agar ponsel cepat terdeteksi.
  • Tunggu sampai proses flashing selesai. Flashing Oppo Yoyo R2001 akan selesai jika anda melihat tanda centang Download OK.

cara flash oppo r2001 bootloop bandel

  • Selesai! Kini anda sudah berhasil melakukan flashing Oppo Yoyo R2001.

Resiko Flashing

Ada beberapa risiko yang bisa didapatkan dengan flashing ini yaitu smartphone akan mati total jika flashingnya gagal. Tidak hanya itu saja smartphone akan menjadi corrupt muncul bug ketika flashing gagal dilakukan.

Penyebab gagal flashing adalah download yang cacat dimana ada file yang tidak ikut terdownload dengan sempurna. Ada beberapa browser yang tidak bisa melakukan support download dengan sempurna meski ukuran file sama persis dengan ukuran berkas yang di download.

Penyebab selanjutnya adalah driver yang tidak bisa di instal dengan baik dimana komputer tidak bisa mendeteksi smartphone tersebut. Tidak hanya itu saja firmware yang cacat juga menjadi penyebab yang sangat berbahaya karena flashing menjadi gagal kemudian menyebabkan bootloop.

Yang lebih membahayakan lagi smartphone dengan firmware yang cacat menyebabkan brick baik itu soft maupun hard hal itu dikarenakan firmware tersebut akan dimasukkan ke dalam ROM.

Melihat dari risiko dan penyebabnya, sudah sepatutnya Anda yang akan melakukan flashing melakukannya dengan hati-hati jangan sampai semua risiko tersebut terjadi pada smartphone Anda.

Sebelum melakukan beberapa cara flash Oppo Yoyo R2001 seperti yang disebutkan di atas Anda bisa mempertimbangkan baik dan buruknya terlebih dahulu.

DO WITH YOUR OWN RISK!

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *