Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) via Odin (100% Work!)

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 – Suatu perangkat teknologi apapun itu memang bisa mengalami berbagai macam masalah. Termasuk juga dengan ponsel Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU).

Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh ponsel Samsung Galaxy Ace 4 ini salah satunya adalah bootloop (hang logo), mati total, hardbrick, lupa pola/PIN kunci layar, aplikasi smartphone yang sering tertutup sendiri, lupa pola/PIN, dan berbagai macam error yang lain.

Jika Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) Anda mengalami masalah dan error seperti di atas, maka sangat dianjurkan untuk melakukan flashing Samsung Galaxy Ace 4. Ada beberapa metode dan cara flash Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) yang Anda bisa lakukan.

Salah satunya Anda bisa flash untuk Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) via Odin3. Software Odin3 adalah alat flashing khusus HP Samsung. Cara flashing nya pun tidak terlalu sulit.

Bagaimana caranya? Simak tutorialnya di bawah ini!

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) via Odin3

Sebelum memulai flashing Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU), tentunya Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan semua alat dan bahan nya terlebih dahulu. Beberapa alat yang Anda perlu siapkan diantaranya..

  1. Download Samsung USB Driver
  2. Download Odin3
  3. Download Firmware Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) – 524 MB
  4. PC/Laptop/Komputer Windows
  5. Kabel USB yang masih baik
  6. HP Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) yang akan diflash
  7. Lakukan backup data jika memang masih sempat.

Setelah semuanya siap, Anda lakukan langkah flashing berikut ini..

Langkah Flashing Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU

  • Pertama – tama download dan install Samsung USB Driver di komputer/PC anda. Kalau driver sudah terinstal sebelumnya, Anda bisa lewati langkah ini.
  • Kemudian Anda perlu extract Firmware Samsung Galaxy Ace 4 yang sudah Anda download tadi.
  • Matikan ponsel Samsung Galaxy Ace 4 Anda.
  • Selanjutnya masuk ke tampilan download mode. Agar Anda bisa masuk ke download mode, Anda tinggal tekan dan tahan tombol volume bawah + tombol home/ tengah + tombol power.
  • Jika Anda sudah tekan selama beberapa saat nantinya akan muncul tulisan warning dan untuk masuk ke mode download, Anda tinggal tekan volume up/tombol volume atas. Lalu akan muncul tampilan kurang lebih seperti ini..

Mode Download Samsung galaxy Ace 4

  • Selanjutnya ekstract file software Odin3 yang sudah didownload tadi pada PC/komputer Anda.
  • Selanjutnya Anda perlu jalankan file Odin3 v3.10.7.exe dengan cara klik kanan > Run as Administrator.
  • Kemudian sambungkan smartphone anda ke komputer dengan menggunakan kabel USB.
  • Kalau sudah nantinya akan terdeteksi perangkat Samsung ke software Odin3 dan akan muncul tulisan “Added!!“.
  • Pada software Odin, silahkan klik tombol AP dan cari file firmware yang berformat “.tar.md5” di dalam folder hasil ekstrak firmware.

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 via ODIN

  • Kalau Anda sudah memasukkan file firmware ke AP, Anda tinggal klik “Start” untuk memulai proses flashing Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU).

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) via ODIN

  • Kalau proses flashing pada Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) sudah berjalan lancar, maka Anda akan segera melihat kotak berwarna hijau dan terdapat tulisan “PASS” !!

Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 bootloop

  • Kemudian ponsel Samsung anda akan reboot dengan sendirinya. Tinggal tunggu aja sampai muncul menu pengaturan, lakukan setting bahasa, jaringan dll.
  • Selesai.

Baca Juga: Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G via Odin (Tested)

Flashing berhasil tapi malah bootloop? Baca ini!

  • Jika setelah diflash HP Samsung Anda menyala hanya sampai logo (bootloop), sekarang Anda harus masuk ke recovery mode untuk memulihkan nya. Caranya dengan Anda tekan dan tahan tombol volume atas + tombol home + tombol power.
  • Kemudian akan muncul tampilan recovery mode. Anda perlu memilih “Wipe data/ factory reset”.
  • Langkah terakhir, Anda tinggal pilih “Rebot system now” maka smartphone Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) akan merestart dengan sendirinya.
  • Selesai.

Setelah proses diatas sudah dilakukan dengan benar, maka proses flashing seharusnya berhasil dan sekarang ponsel Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) anda bisa digunakan seperti sedia kala.

Semoga tutorial cara flash Samsung Galaxy Ace 4 (SM-G316HU) ini bisa membantu anda dalam memperbaiki Samsung Galaxy Ace 4 yang bootloop, mati total, dan mengatasi masalah lainnya.

Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Bertanyalah di komentar jika ada yang kurang jelas.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. mirojudin berkata:

    thanks banget sangat bermanfaat dan 100% joosssss

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *