Cara Flash Samsung Galaxy J3 2016 (SM-J320G) Dengan ODIN (Tested)

Cara Flash Samsung Galaxy J3 – Salah satu ponsel andalan Samsung yang sampai detik ini masih banyak orang yang menggunakannya adalah Samsung Galaxy J3 (SM-J320G). Produk yang satu ini merupakan salah satu produk yang banyak orang sukai sampai saat ini, sejak diluncurkan pada tahun 2016 yang lalu.

Namun sama halnya dengan ponsel Samsung yang lain, seiring lamanya waktu penggunaan, pasti akan timbul beberapa masalah. Selain dapat mengalami bootloop, Samsung Galaxy J3 SM-J320G) juga bisa mengalami berbagai masalah yang lain, seperti:

  1. Samsung Galaxy J3 mati total, bootloop, hardbrick
  2. Samsung Galaxy J3 lupa pola/PIN
  3. Samsung Galaxy J3 terkena virus/malware
  4. Samsung Galaxy J3 sering lemot dan lag
  5. Aplikasi sering menutup sendiri (force close)
  6. Dan masih banyak lagi..

Namun masalah di atas masih bisa diatasi dengan cara flashing. Cara flash Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) juga sangat mudah. Dengan flashing, maka ponsel akan kembali normal seperti bawaan pabrik dan semua masalah serta error dapat di atasi.

Ada banyak metode untuk flashing ponsel Samsung Galaxy J3 ini. Yang paling manjur dan sering digunakan para teknisi adalah flashing hp Samsung dengan ODIN. Software ini kerap kali digunakan untuk melakukan flashing berbagai ponsel Samsung.

Cara flashing nya pun mudah dan bisa anda lakukan meskipun anda bukan seorang teknisi. Berikut cara flash Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) yang tepat, simak tutorialnya di bawah ini.

Baca Juga:

  1. Cara Flash Samsung Galaxy Mega 2 SM-G750H via Odin
  2. Cara Flash Samsung Galaxy J2 SM-J200G via Odin
  3. Cara Flash Samsung Galaxy Ace 4 SM-G316HU via Odin

Cara Flash Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) via ODIN

Sebelum menerapkan cara flash Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) ini, ada beberapa bahan yang Anda harus siapkan. Beberapa bahan yang Anda perlu siapkan tersebut diantaranya:

Persiapan Flashing Samsung Galaxy J3

  1. PC/Laptop/Komputer Windows
  2. Kabel USB yang masih bagus
  3. Ponsel Samsung Galaxy J3 yang akan diflashing
  4. Download Odin3 v3.10.7
  5. Download Firmware Samsung Galaxy J3 2016 (SM-J320G) – 815 MB
  6. Download Samsung USB Driver

Setelah Anda siapkan semua bahan tersebut, sekarang Anda bisa menerapkan cara flashing Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) ini. Namun sebelum mengikuti tutorial berikut ini, Anda harus tahu dan pahami dulu syarat – syarat untuk flashingnya meliputi :

  1. Baterai Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) harus terisi minimal 50%.
  2. Backup data/file HP Samsung anda, karena flashing akan menghapus seluruh data yang ada di dalam ponsel.

Langkah Flashing Samsung Galaxy J3 SM-J320G

Setelah bahan dan syarat flashing sudah dipersiapkan, Anda baru bisa ikuti tutorial di bawah ini:

  • Ekstrak Samsung USB driver for mobile phones dan install di PC atau laptop Anda.
  • Ekstrak juga Odin dan juga firmware Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) yang Anda sudah download.
  • Matikan Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) yang masih dalam kondisi menyala dan diamkan selama beberapa detik.
  • Masuklah pada menu download Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) dengan cara tekan dan tahan tombol volume down + home + power secara bersama – sama sampai nantinya keluar tulisan “Warning…” di bagian layar ponsel.
  • Selanjutnya Anda bisa tekan tombol Volume Up (+) untuk melanjutkan dan secara otomatis akan masuk ke download mode Samsung Galaxy J3 (SM-J320G), seperti di bawah ini.

Mode Download Samsung galaxy J3

  • Sekarang, Anda bisa hubungkan Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) dengan menggunakan kabel USB. Anda bisa gunakan kabel USB yang original atau masih dalam kondisi bagus.
  • Setelah itu buka folder hasil ekstrak Odin, cari file Odin3.exe dan jalankan dengan cara klik kanan > Run as Administrator.
  • Anda harus bisa memastikan bahwa Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) sudah terdeteksi oleh Odin, tandanya muncul tulisan “Added!” di bagian logs.

Cara Flash Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) via ODIN

  • Selanjutnya Anda bisa klik “AP” kemudian cari file firmware Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) yang berformat “tar.md5” di folder firmware sudah diekstrak. Pilih file firmware tersebut dan klik “Open”, lalu tunggu sampai firmwarenya termuat sempurna ke Odin.
  • Selanjutnya Anda bisa klik “Start” pada Odin. Odin nantinya secara otomatis menjadikan proses flashingnya akan berjalan dan tunggu sampai benar – benar selesai.

Cara Flash Samsung Galaxy J3 via ODIN

  • Ketika proses flashingnya sudah selesai maka nanti akan keluar tulisan “PASS!

Flashing Samsung Galaxy J3 SM-J320G berhasil

  • Selanjutnya smartphone anda akan reboot ulang secara otomatis.

Selesai! Nah bagaimana? Cara flash HP Samsung Galaxy J3 ini bukan hal yang sulit kan? Asalkan anda mengikuti tutorial ini dengan seksama, saya yakin anda bisa berhasil melakukan flashing smartphone kesayangan.

Kalau proses flashing lancer, kurang lebih waktu yang Anda butuhkan selama menjalankan proses flashing pada Samsung Galaxy J3 (SM-J320G) sekitar 15 menit. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda. Jika anda mempunyai masalah terkait cara flash HP Samsung ini, silahkan bertanya di komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. fery berkata:

    Sy sdh mengikuti semua step dari awal namun nyangkut tdk bisa lanjut krn tdk terdeteksi pd saat Odin di run as administrator. sdh sy lakukan penggantian kabel data / USB dgn yg paling baik namun jg tdk terdeteksi. Ada solusi?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *