Cara Flash Samsung J5 (SM-J500G) via Odin, Dijamin Berhasil!

Cara Flash Samsung J5 (SM-J500G) – Semakin lama penggunaan sebuah smartphone, maka tak dapat dipungkiri bila HP mengalami beberapa masalah. Ponsel Samsung J5 keluaran tahun 2015 ini pun tak terkecuali. Sebagai HP yang sudah tergolong jadul, tak jarang jika HP Samsung J5 diterpa badai masalah dan error.

Jika masalahnya hanya yang ringan-ringan saja seperti memori penuh atau lupa pola, maka reset HP Samsung J5 ke pengaturan pabrik saja sudah cukup sebagai solusi. Tapi, jika masalahnya cukup serius seperti Samsung J500G bootloop atau mati total, maka kamu perlu melakukan flashing

Untuk itulah, dalam artikel ini androdot.net akan berbagi tentang tutorial cara flash Samsung J5 via Odin untuk memperbaiki berbagai masalah yang menimpa ponsel tersebut. Tutorial ini tentu saja sudah dites 100% berhasil.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tindakan flashing HP Samsung via Odin dapat mengatasi berbagai macam masalah dan error pada smartphone, diantaranya seperti..

  1. Memperbaiki HP Samsung J5 mati total atau matot.
  2. Memperbaiki HP Samsung J5 yang bootloop atau gagal booting, alias hang logo/stuck logo.
  3. Mengatasi HP Samsung J5 lemot.
  4. Mengatasi HP Samsung J5 restart sendiri atau nyala hidup sendiri.
  5. Mengatasi Samsung J5 aplikasi error, keluar sendiri, force close, dll.
  6. Mengatasi Samsung J5 hang.
  7. Mengatasi Samsung J5 an error has occurred.
  8. Mengatasi Samsung J5 memori penuh.
  9. Mengatasi Samsung J5 lupa pola kunci layar.

Dan lain sebagainya.

Selain bisa memperbaiki berbagai macam error, cara flashing Samsung J5 juga bisa bermanfaat untuk melakukan upgrade dan downgrade versi Android.

Hal ini sangat berguna terutama dalam kasus terdapat bug setelah melakukan update pembaruan, maka kamu bisa downgrade ke versi sebelumnya dengan cara flash ulang file firmware Samsung J5s via Odin.

Sekarang silahkan simak tutorial flashing nya di bawah ini. Pastikan untuk membaca langkah-langkahnya dengan teliti agar tidak ada kesalahan ya.

Cara Flash Samsung J5 SM-J500G via Odin

Peringatan: Flashing akan menghapus seluruh data dalam ponsel, jadi pastikan backup data terlebih dahulu. Jika HP Samsung J5 bootloop, brick atau matot, maka kamu harus ikhlas kehilangan data.

Disclaimer: Tolong lakukan dengan teliti. Kesalahan ataupun kerusakan akibat mengikuti tutorial ini ditanggung masing-masing pengguna. Do With Your Own Risk.

Sebelum melakukan flash ulang firmware HP Samsung J5, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Persiapan Alat dan Bahan

  1. Pastikan baterai mencukupi, setidaknya sudah terisi 50%.
  2. Siapkan laptop atau komputer Windows.
  3. Siapkan kabel USB yang masih baik untuk menghubungkan HP Samsung ke komputer.
  4. Download software Odin3 v3.07. Lalu ekstrak file tersebut.
  5. Download Samsung USB Driver, kemudian ekstrak dan install driver tersebut di laptop atau komputer kamu.
  6. Download Firmware Samsung J5 SM-J500G. Kemudian ekstrak file nya dan taruh di folder yang mudah ditemukan.

Langkah-Langkah Flashing Samsung J500G

• Langkah pertama yaitu membuka software Odin3. Buka folder tempat kamu mengekstrak Odin tadi, lalu cari file “Odin3.exe” dan buka dengan cara klik kanan > lalu pilih “Run as Administrator“. Tampilannya akan terlihat seperti ini.

Cara flash Samsung J5 bootloop mati total

• Kemudian beralih ke HP Samsung J5 yang akan diflashing, pastikan HP sudah berada pada posisi Download Mode atau Odin Mode. Jika belum tahu caranya, silahkan baca artikel ini: Cara Masuk ke Download Mode HP Samsung.

• Setelah itu hubungkan HP Samsung J5 kamu ke komputer menggunakan kabel USB. Pastikan di bagian Message ada tulisan “Added!“, yang berarti perangkat sudah terdeteksi dan siap untuk diflash.

• Pada bagian Options, pastikan yang tercentang (✓) hanya 2 pilihan ini saja: Auto Reboot dan F. Reset Time. Sisa nya jangan dicentang.

• Selanjutnya masukkan file firmware yang sudah diekstrak tadi ke software Odin. Klik tombol PDA (atau AP jika kamu pake Odin versi terbaru), lalu cari dan masukkan file firmware yang telah diekstrak tadi.

Cara Flash Samsung J500G via Odin

• Setelah semua benar, maka langkah terakhir yakni klik tombol “Start” untuk memulai flashing Samsung J5.

• Silahkan seduh kopi atau teh sambil menunggu sampai proses flashing selesai. Jika flashing berhasil, maka akan muncul tulisan “PASS” di bagian atas, dan HP Samsung akan restart secara otomatis.

Cara flashing Samsung J5 SM-J500G hang mentok logo

• Sampai disini, flashing sudah selesai dan kamu hanya perlu melakukan setting pengaturan awal di ponsel Samsung J5.

Jika kamu mengalami masalah HP Galaxy J5 (2015) terkunci FRP setelah flash ulang, silahkan lihat cara mengatasinya disini: Cara Bypass FRP Samsung J5.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara flash Samsung J5 dengan Odin. Semoga tutorial di atas bisa bermanfaat untuk kamu dalam mengatasi HP Samsung J5 SM-J500G yang bootloop, mati total, hang, restart sendiri, stuck di logo dan masalah lainnya.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.