Cara Flash Vivo V15 via SD Card (Tanpa PC) 100% Berhasil

Cara Flash Vivo V15 – Ponsel Vivo V15 hadir dengan layar IPS LCD 6.53 inci, yang ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P70 dan RAM sampai 6 GB. Tak sampai disitu, untuk urusan memori internal Vivo V15 memiliki internal sampai 64 GB. Seiring berjalannya waktu, HP Vivo V15 ini bisa mengalami beberapa masalah.

Masalah yang bisa saja terjadi pada Vivo V15 diantaranya adalah..

  • HP Vivo V15 bootloop (stuck logo).
  • Ponsel Vivo V15 lupa pola/PIN/password, sehingga layar terkunci dan tidak bisa masuk ke menu.
  • Terkena virus, trojan atau malware yang tidak bisa dihapus dengan cara normal.
  • Smartphone Vivo V15 mengalami gagal update saat melakukan pembaruan OS/firmware.
  • HP Vivo V15 terasa lemot dan berat.
  • Aplikasi sering force close atau tiba-tiba berhenti.
  • Vivo V15 sering restart sendiri.

Dan masih banyak lagi.

Untuk itu, tindakan perbaikan perlu dilakukan. Solusi umum untuk mengatasi error di Vivo V15 yaitu dengan melakukan factory reset atau hard reset. Tapi jika kedua cara tersebut belum juga mengatasi masalah, maka perlu dilakukan flashing.

Apa itu Flashing?

Flashing pada sebuah ponsel adalah tindakan yang dilakukan untuk install ulang OS atau firmware atau ROM ponsel tersebut. Dengan menginstal ulang, maka HP akan terasa sama seperti baru keluar dari pabrikan. Hampir mirip dengan factory reset & hard reset, hanya saja flashing ini bisa menjangkau lebih dalam ke sistem.

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara flash Vivo V15 tanpa PC, alias flashing Vivo V15 lewat recovery mode menggunakan SD Card.

Untuk anda yang berniat melakukan flashing Vivo V15 tapi tidak mempunyai PC/laptop, maka tutorial flashing Vivo V15 via SD Card ini sangat cocok untuk dicoba.

Cara Flash Vivo V15 Tanpa PC (via SD Card)

Ada beberapa catatan penting yang perlu anda ingat sebelum lanjut ke proses flashing. Simak beberapa hal penting berikut ini.

Catatan Penting

• Jika HP Vivo V15 anda menggunakan versi Android 8 (Oreo) ke atas, downgrade ke versi yang lebih rendah tidak dapat dilakukan, misalnya downgrade ke Android 7 (Nougat). Jadi sebelum memulai flashing, cek terlebih dahulu versi Android ponsel Vivo di menu Settings > System Update.

Sebagai persiapan, isi daya baterai HP Vivo V15 sampai terisi minimal 40%. Karena proses flashing Vivo V15 tanpa PC ini membutuhkan waktu, jadi pastikan daya baterai mencukupi agar tidak gagal flashing gara-gara baterai drop tengah jalan.

Sangat disarankan untuk mendacangkan data (backup data) terlebih dahulu, karena flashing ini akan menghapus seluruh data di ponsel anda.

Do With Your Own Risk.

Langkah Persiapan Flashing Vivo V15 Tanpa PC

  1. Pertama, lakukan Hard Reset terlebih dahulu, ini bertujuan untuk mengurangi resiko error saat proses flashing. Baca tutorialnya disini: Cara Hard Reset HP Vivo.
  2. Kedua, siapkan SD Card / MicroSD.
  3. Ketiga, unduh Stock ROM/Firmware Vivo V15 (PD1831F) ini. File firmware ini 100% bersih dari virus/malware, karena anda mengunduhnya langsung dari situs resmi Vivo.
  4. Keempat, pindahkan file firmware tersebut (dalam bentuk .zip) ke SD Card/MicroSD. Jangan letakkan di folder manapun.
  5. Terakhir, masukkan SD Card/MicroSD ke HP yang akan diflash.

Catatan: Pastikan nomor model HP Vivo V15 anda sama dengan nomor model firmware yang digunakan dalam artikel ini, yakni PD1831F. Cara mengeceknya yaitu masuk ke menu Pengaturan > Tentang Ponsel > Pengaturan Lainnya, selanjutnya akan tertera nomor model HP Vivo anda.

Tapi jika HP dalam keadaan bootloop atau layar terkunci (lupa pola/PIN) atau karena alasan lain yang menyebabkan anda tidak bisa mengakses menu HP, maka anda bisa mengecek nomor model nya pada dus box/kardus HP.

Langkah Flash Vivo V15 via SD Card

Setelah anda sudah melakukan persiapan yang matang, maka ikuti tahap-tahap flashing di bawah ini.

• Langkah pertama, matikan ponsel Vivo V15 anda.

• Saat HP dalam keadaan mati, masuk ke Fastboot Mode di HP Vivo V15, dengan cara tekan dan tahan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan sampai muncul logo Vivo, tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan Fastboot Mode.

Cara Flash Vivo V15 lupa sandi/pola

Gambar: www.vivo.com

• Di layar Fastboot, pilih Recovery Mode (gunakan tombol volume atas/bawah untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih).

• Setelah itu pilih Install update (Install pembaruan) > SD Card (kartu SD).

Cara Flash Vivo V15 yang bootloop/brick

Gambar: www.vivo.com

• Selanjutnya pilih file firmware yang sudah diletakkan di SD Card tadi, dan proses flashing akan berjalan.

• Kemudian tunggu sampai proses flashing Vivo V15 menggunakan SD Card ini selesai.

• Setelah flashing selesai, pilih Reboot system untuk merestart HP Vivo V15 anda.

• Done! Sekarang anda hanya harus menunggu sampai restart HP V15 selesai dan masuk ke menu homescreen/layar awal.

Baca Juga:

Kesimpulan

Nah begitulah cara flash Vivo V15 via SD Card ini, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan flashing Vivo V15 tanpa PC.

Perlu diperhatikan bahwa metode flashing tanpa PC ini tidak akan bisa mengatasi HP Vivo V15 yang mati total/matot, karena HP yang matot tidak akan bisa masuk ke recovery mode. Satu-satunya solusi yakni flashing menggunakan PC/komputer.

Jika ada pertanyaan terkait masalah ini, silahkan tanyakan di komentar.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.