Cara Flash Xiaomi Mi A2 via Mi Flash Tool (Tested), 100% Berhasil!

Cara flashing di tiap merk smartphone berbeda-beda, termasuk cara flash Xiaomi Mi A2 yang bisa dilakukan dengan laptop atau hanya menggunakan SD Card. Prosedur dan persiapan yang harus dilakukan sedikit lebih rumit dan panjang, karena Xiaomi menerapkan sistem yang berbeda dari merk lainnya.

Proses flash Xiaomi Mi A2 sendiri dilakukan karena alasan yang beragam. Sejumlah pengguna menemukan masalah serius ketika melakukan tweak di sistem perangkat sehingga kalau tidak bootloop ya hardbrick.

Bahkan ada beberapa yang mati total alias matot.

Walaupun beberapa masalah seperti lupa pola, hp terkena virus/malware dll bisa diatasi dengan cara hard reset HP Xiaomi, tapi masalah serius seperti bootloop/mentok logo ataupun mati total hanya bisa diatasi dengan cara flashing Xiaomi Mi A2.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi metode ampuh untuk flashing Xiaomi Mi A2, yaitu flashing via Mi Flashtool (ini memerlukan PC). Berikut ini adalah cara flash Xiaomi Mi A2 dengan Laptop menggunakan software flashing resmi dari Xiaomi, yaitu Mi Flash Tool.

Cara Flash Xiaomi Mi A2 via Mi Flash Tool

Sebelum proses flashing Xiaomi Mi A2 dengan PC dimulai, anda perlu melakukan beberapa langkah persiapan.

Persiapan Flashing Xiaomi Mi A2 via Mi Flash

Pertama, anda perlu mempersiapkan alat dan bahan nya yang terdiri dari MiFlash, Firmware/ROM dan USB Driver. Ukuran file lumayan besar, jadi pastikan anda terhubung ke WiFi atau persiapkan kuota yang maksimal dan stabil.

  1. Download Firmware/Stock Rom Xiaomi Mi A2 (Pilih yang firmware Mi A2, jangan sampai salah pilih).
  2. Download USB Driver
  3. Download Mi Flash Tool
  4. Siapkan kabel USB yang masih bagus.

Setelah ketiga file di atas telah anda download, ekstrak semua file yang telah didownload tadi. Jangan lupa pastikan daya baterai minimal 50%, dan lakukan backup data hp jika masih memungkinkan.

Unlock Bootloader-nya Dahulu

Tetapi proses flashing belum bisa dimulai, anda perlu memeriksa dahulu status bootloader-nya.

Caranya masuk ke Pengaturan – Pengaturan Tambahan – Opsi Pengembang – Status Mi Unlock. Jika sudah terbuka (unlocked), maka anda bisa memulai proses flashing. Jika terkunci (masih locked), anda harus melakukan Unlock Bootloader (UBL) HP Xiaomi terlebih dahulu.

Kenapa harus UBL? Karena jika belum UBL, maka proses flashing via Mi Flash Tool ini akan gagal. Jadi usahakan ponsel anda harus dalam kondisi unlocked bootloader.

Langkah Flashing Xiaomi Mi A2

  • Saya asumsikan semua file yang diunduh sudah diekstrak di langkah pertama tadi.
  • Install USB Driver pada PC/komputer anda.
  • Sekarang, buka folder hasil ekstrak Mi Flash Tool, kemudian cari file XiaoMiFlash.exe dan jalankan dengan cara klik kanan > Run as Administrator.

Cara Flash Xiaomi Mi A2 bootloop

  • Setelah Mi Flash terbuka, klik tombol “Select” dan pilih file stock ROM/Firmware Xiaomi Mi A2 yang semestinya juga sudah diekstrak pada langkah sebelumnya.

Cara Flash Xiaomi Mi A2 mati total

  • Kemudian pada bagian kanan bawah Mi Flash, pilih opsi “Clean All” atau “Flash_All”.
  • Sekarang beralih ke smartphone, matikan perangkat lalu masuklah ke mode fastboot dengan cara menekan tombol power + volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik sampai muncul logo fastboot Xiaomi lalu lepaskan.
  • Colokkan kabel USB ke laptop, hubungkan dengan ponsel.
  • Di Mi Flash Tool, klik tombol “Refresh”.
  • Jika smartphone sudah terdeteksi, klik tombol “Flash” untuk memulai proses flashing Xiaomi Mi A2.
  • Setelah selesai, maka akan muncul tulisan “Succes” pada Mi Flash, dan smartphone akan restart dengan sendirinya. Tunggu sampai proses booting selesai dengan sempurna.

Cara Flash Xiaomi Mi A2 tested

Selamat! Ponsel anda sekarang sudah bisa digunakan kembali.

Kekurangan metode ini hanya satu, yaitu ponsel harus Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Jika flashing mengalami kegagalan, cobalah ganti dengan veri Mi Flash yang lain atau coba ganti firmware/ROM nya. Jika memungkinkan, aktifkan juga USB Debugging dan OEM Unlocking (jika ponsel masih bisa nyala).

Nah begitulah tutorial cara flash Xiaomi Mi A2 dengan menggunakan Mi Flash Tool. Cukup mudah kan? Jika anda mengikuti tutorial ini dengan seksama, saya yakin anda akan bisa melakukan flashing Xiaomi Mi A2 sendiri.

Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertanya di komentar jika mengalami kendala.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *