Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro via MiFlash (Tested), Mudah Banget!

Cara Flash Redmi 6 Pro – Ketika kinerja ponsel Redmi 6 Pro tidak berjalan seperti sedia kala dan ponsel seringkali mengalami lag, hang, bootloop, lupa pola dan berbagai masalah yang lain, maka hal ini pasti menjengkelkan ya?

Biasanya solusi untuk mengatasi permasalahan pada Redmi 6 Pro diatas yaitu dengan cara flash Redmi 6 Pro untuk mengatasi bootloop, hardbrick, lupa pola, matot dan lain sebagainya.

Proses flashing sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Asalkan Anda sudah siapkan bahan – bahannya dan tahu bagaimana cara flashing Redmi 6 Pro yang tepat.

Satu hal yang Anda harus tahu bahwa masing – masing smartphone memiliki medote flashing yang berbeda dengan bahan yang juga berbeda yang Anda perlu siapkan. Termasuk dengan cara flash Xiaomi Redmi 6 Pro ini.

Bagi Anda pemilik Xiaomi Redmi 6 Pro dan ingin melakukan flash untuk mengembalikan kinerja ponsel Anda seperti baru keluar dari pabrik, disini kami akan bagikan tutorial lengkapnya untuk Anda. Simak informasinya di bawah ini!

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro via MiFlashTool

Sebelum kita membahas tutorial cara flash Xiaomi Redmi 6 Pro, kita perlu siapkan dulu semua bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan flash Xiaomi Redmi 6 Pro yang Anda perlu siapkan diantaranya adalah..

Bahan Flashing Redmi 6 Pro

  1. Download Firmware/ROM MIUI Xiaomi Redmi 6 Pro. Jangan sampai salah pilih.
  2. Download USB Driver Xiaomi Redmi 6 Pro (adb)
  3. Download Mi Flash Tool 20180528
  4. PC/komputer Windows
  5. Kabel USB yang masih bagus

Syarat Flashing Redmi 6 Pro

  1. Lakukan Backup data ponsel anda jika memungkinkan. Tapi kalau kondisi HP dalam keadaan hardbrick atau bootloop, lewati saja langkah ini.
  2. Pastikan ponsel Redmi 6 Pro yang akan diflash sudah Unlock Bootloader (UBL). Karena jika belum UBL, kemungkinan besar flashing akan gagal.

Jika tidak yakin apakah hp Xiaomi anda sudah UBL atau belum, anda bisa mengeceknya. Untuk mengecek status Unlock Bootloader pada Xiaomi Redmi 6 Pro, ikuti langkah – langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama – tama Anda masuk ke menu Settings.
  2. Setelah itu Anda bisa langsung pilih menu About Phone.
  3. Tekan sebanyak 7 kali pada MIUI Version sampai Anda tahu notifikasi bahwa Anda masuk ke dalam mode Developer.
  4. Lalu kembali saja ke menu Settings, kemudian pilih Additional Settings.
  5. Pilih Developer Options
  6. Pilih Mi Unlock Status

Xiaomi Redmi 6 Pro Belum UBL

Jika disana terdapat logo gembok. Disana juga tertulis pilihan “This Device is locked”. Kotak dialog tersebut artinya ponsel Anda masih belum di Unlock Bootloader (UBL). Anda bisa membaca tutorial ini untuk melakukan UBL: Cara Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi.

Langkah Flashing Redmi 6 Pro

Kalau sudah semua langkah diatas Anda lakukan dan semua bahan Anda siapkan, segera lakukan cara flash Xiaomi Redmi 6 Pro di bawah ini:

  • Pertama – tama Anda perlu ekstrak file MiFlashTool dan Install USB Driver Xiaomi yang Anda sudah download tadi.
  • Lalu ekstrak file firmware/Stock ROM Xiaomi Redmi 6 Pro tadi.
  • Selanjutnya buka folder hasil ekstrak MiFlashTool.zip.
  • Kemudian cari file XiaoMiFlash.exe, lalu klik kanan dan pilih Run as Administrator untuk membukanya.
Cara Flash Redmi 6 Pro Bootloop

XiaoMiFlash.exe => Run as Administrator

  • Setelah MiFlash terbuka, selanjutnya klik tombol select yang dapat Anda temukan di bagian pojok kiri atas. Lalu arahkan ke lokasi folder hasil ekstrakan firmware/Stock ROM Redmi 6 Pro.

Cara Flash Xiaomi Redmi 6 Pro

  • Kemudian silahkan Anda pilih opsi Clean All, ini lebih kami rekomendasikan untuk Anda agar semuanya bersih setelah dilakukan flashing.
  • Masuk pada mode fastboot di Xiaomi Redmi 6 Pro dengan Anda tekan tombol Volume Bawah + Power. Begini tampilan mode fastboot Xiaomi.

Tampilan Fastboot mode Xiaomi Redmi 6 Pro

  • Jika sudah masuk ke mode fastboot silahkan sambungkan Xiaomi Redmi 6 Pro ke laptop atau PC.
  • Pada bagian Mi Flash, pilih refresh supaya software mendeteksi perangkat Xiaomi Redmi 6 Pro.
  • Selanjutnya silahkan Anda klik tombol Flash untuk memulai proses flashing. Tunggu sampai proses semuanya selesai, seperti di bawah ini.

Flashing Xiaomi Redmi 6 Pro Berhasil

Jika prosesnya selesai, Xiaomi Redmi 6 Pro akan restart dengan sendirinya. Akan tetapi jika Anda belum pernah flash, pertama kalinya biasanya akan butuh waktu lama saat proses booting berlangsung .

Jadi, Anda harus bersabar.

Baca Juga: Cara Flash Redmi 6A MTK via MiFlash, 100% Berhasil!

Itulah bagaimana cara flash Xiaomi Redmi 6 Pro yang Anda harus tahu. Jika anda mengikuti tutorial ini dengan benar, seharusnya anda akan berhasil melakukan flashing Redmi 6 Pro.

Jika saat flashing mengalami kendala atau error, baca cara mengatasinya disini: Cara Mengatasi Error Saat Flashing Menggunakan MiFlash.

Selamat mencoba tutorial yang kami bagikan diatas dan semoga berhasil.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *