Cara Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 5A via Mi Flash Tool

Cara Flash Redmi Note 5A – Xiaomi semakin gencar mempromosikan produknya di Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika saat ini banyak yang menggunakan smartphone besutan Tiongkok ini.

Salah satu tipe Xiaomi yang saat ini banyak digandrungi adalah Redmi Note 5A. Smartphone ini dikenalkan di Indonesia awal november tahun lalu dan saat itu banyak Mi Fans yang tertarik dengan performa yang dimiliki smartphone satu ini.

Meski Redmi Note 5A banyak penggunanya, namun nyatanya ada beberapa masalah yang dihadapi ketika menggunakannya.

Salah satu masalah yang sering dialami adalah lupa pola dan kata sandi sehingga membuat smartphone tidak bisa dibuka.

Masalah lainnya yaitu bootloop (stuck di logo), brick, hang, muncul notif “Sayangnya, aplikasi telah berhenti”, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah di atas, bisa diatasi dengan cara flash Redmi Note 5A.

Flashing menjadi salah satu jalan supaya smartphone tersebut bisa normal kembali.

Dalam artikel ini, saya akan berbagi tutorial cara flashing HP Xiaomi Redmi Note 5A dengan bantuan PC menggunakan software Mi Flash Tool.

Sebelum lanjut membahas cara flash Redmi Note 5A, ada beberapa hal yang ingin saya tekankan.

Flashing ini memiliki beberapa resiko, yang paling sering terjadi adalah kehilangan data, terutama jika dikarenakan lupa kata sandi atau pola tentu tindakan back up ini tidak akan bisa dilakukan sehingga semua data bisa menjadi hilang.

Jadi usahakan sebisa mungkin lakukan back up data HP (jika memungkinkan).

Tidak hanya itu saja risiko lainnya adalah menyebabkan garansi menjadi hilang. Tapi tak apa, resiko flashing ini berbanding terbalik dengan manfaat flashing yang bisa mengatasi berbagai error pada smarthpone.

Berikut ini adalah cara flash Redmi Note 5A via Mi Flash yang mudah untuk dilakukan.

Cara Flash Redmi Note 5A via Mi Flash Tool

Sebelum melakukan flashing Redmi Note 5A dengan PC, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Di bawah ini adalah persiapan, alat dan bahan yang dibutuhkan untuk flash ulang firmware Redmi Note 5A.

Persiapkan Alat dan Bahan Flashing

  1. Download software MiFlashTool
  2. Download USB Driver (minimal_adb_fastboot_v1.4.2.exe)
  3. Download firmware/stock ROM Redmi Note 5A. Pilih ROM untuk Redmi Note 5A.
  4. PC/Komputer Windows
  5. Kabel USB

Catatan: Biasanya jika anda mengunduh MiFlashTool versi terbaru, maka didalamnya sudah termasuk driver Xiaomi, jadi tidak perlu mendownload ulang driver. Tapi dalam artikel ini saya beri link download driver nya jika misalkan dalam MiFlash tidak terdapat driver nya.

Syarat Flashing Redmi Note 5A

  • Pastikan baterai di atas 50% sebelum melakukan flashing.
  • Pastikan sudah Unlock Bootloader (UBL). Ini adalah syarat terpenting agar berhasil dalam melakukan flashing. Karena jika belum UBL, maka tidak akan bisa flash ke Global ROM dan harus menggunakan metode Test Point yang merepotkan. Jika ponsel Xiaomi anda belum UBL, silahkan baca cara Unlock Bootloader Xiaomi ini.

Tahap Flashing Redmi Note 5A via Mi Flash Tool

  • Pertama, silahkan download semua bahan di atas, yang terdiri dari MiFlashTol, USB Driver dan Firmware Redmi Note 5A.
  • Silahkan ekstrak semua bahan yang telah didownload tadi, lalu letakkan pada folder yang mudah ditemukan.
  • Jangan lupa install Mi Flash Tool dan USB Driver di PC/komputer anda.
  • Jika semua alat dan bahan telah siap, langkah selanjutnya adalah dengan masuk ke Download Mode/Fastboot Mode. Untuk masuk ke menu ini caranya mudah, yaitu dengan menahan dan menekan Tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan sekitar 5-7 detik.
  • Jika langkah ini berhasil Anda akan menemukan gambar di layar berupa kelinci yang sedang memperbaiki android.

Tampilan Fastboot mode Xiaomi Redmi Note 5A

  • Tahap selanjutnya untuk flash Redmi Note 5A via Mi Flash yaitu dengan menghubungkan perangkat Xiaomi Redmi Note 5A ke komputer dengan menggunakan kabel USB yang berkualitas baik.
  • Setelah itu bukalah Mi Flash Tool yang sudah diinstal tadi, atau bisa langsung jalankan file XiaoMiFlash.exe untuk membukanya.
  • Setelah MiFlashTool terbuka, kemudian pilih tombol Select yang ada pada samping kiri.

Cara Flash Xiaomi Redmi Note 5A Bootloop

  • Kemudian arahkan ke folder firmware yang telah dieksrak tadi, lalu klik Open.
  • Selanjutnya pada bagian kanan bawah pilih “clean all” agar ponsel Xiaomi anda kembali bersih seperti baru (makanya di awal tadi sudah saya ingatkan untuk backup data terlebih dahulu).

Tutorial Flashing Redmi Note 5A via MiFlashTool

  • Setelah itu, klik tombol Refresh supaya device Xiaomi Redmi Note 5A tersebut bisa terdeteksi. Dalam kolom device akan terisi dengan huruf dan angka.

Cara Flashing Redmi Note 5A Ugglite

  • Setelah perangkatnya muncul di kolom device segera tekan tombol Flash dan tunggu sampai prosesnya selesai. Anda bisa melihat prosesnya ini pada kolom progress.
  • Jika di sana baris hijaunya sudah terisi sempurna atau proses sudah menunjukkan angka 100% dan muncul tulisan Success, maka tandanya proses flashing berhasil.

Flashing Xiaomi Redmi Note 5A Ugglite Berhasil

Dengan melakukan flashing Redmi Note 5A sesuai tutorial di atas, saya harap masalah dan error pada ponsel Xiaomi anda bisa diatasi.

Jika anda mengalami kendala saat flashing, cobalah ganti versi Mi Flash nya atau coba ganti versi firmware dengan firmware lain.

Nah demikian tutorial tentang cara flash Redmi Note 5A via Mi Flash Tool, semoga artikel ini bisa anda praktikkan dengan mudah.

Jika ada kesulitan atau pertanyaan lain silahkan berkomentar.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *