Cara Sukses Mengatasi HP Samsung A12 Lupa Pola, Sandi & PIN

Jika kamu sedang mencari bagaimana cara untuk membuka HP Samsung A12 yang terkunci pola, password ataupun PIN, maka kamu sudah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi tentang cara mengatasi HP Samsung A12 yang lupa password, pin ataupun pola kunci layar.

Metode yang saya gunakan dalam artikel ini yaitu dengan cara hard reset Samsung A12 via recovery mode. Simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Sudah menjadi hal umum jika para pengguna smartphone itu sering lupa kunci layar, tidak peduli mau itu orang tua, bapack2, emak2, ataupun anak muda sekalipun.

Lupa pola, lupa sandi dan lupa PIN kunci layar ibarat sudah menjadi penyakit yang terus menimpa pengguna smartphone, tak terkecuali para pengguna Samsung Galaxy A12. Salah satu solusi dalam mengatasi Galaxy A12 lupa pola yaitu dengan cara hard reset Samsung A12 dengan tombol.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa reset HP Samsung A12 bisa mengatasi berbagai permasalahan sistem dalam smartphone, mulai dari Hp lemot, ngelag, memori penuh, aplikasi error, sampai berguna untuk menghapus kunci pola, pin dan sandi yang lupa pada ponsel Samsung A12.

Tak perlu basa-basi lagi, simak tutorialnya berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung A12 Lupa Pola, Password & PIN

Cara memperbaiki Samsung A12 yang terkunci layarnya ini tidak bisa dilakukan dengan cara normal untuk hard reset HP Samsung. Karena pada saat layar HP dalam keadaan terkunci, maka HP tidak bisa dimatikan.

Padahal untuk bisa melakukan hard reset, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu HP harus dimatikan terlebih dahulu, kemudian menekan kombinasi tombol volume atas + power untuk masuk ke recovery mode dan pada akhirnya melakukan wipe data untuk menghapus kunci pola Samsung A12.

Akan tetapi, cara hard reset seperti di atas tidak bisa dilakukan karena HP Samsung A12 yang dalam keadaan layar terkunci tidak bisa dimatikan.

Oleh karena itu, kita akan menggunakan trik khusus yang biasa digunakan oleh para kang servis dalam memperbaiki HP Samsung A12 yang lupa password. Simak tutorialnya berikut ini.

Langkah Membuka HP Samsung A12 yg Lupa Pola/Sandi/PIN

• Pertama, pastikan layar HP dalam keadaan menyala/hidup.

• Selanjutnya tekan dan tahan tombol volume bawah + power bersama-sama selama beberapa detik, tekan terus kedua tombol tersebut sampai layar HP mati.

• Pada saat layar HP mati, langsung dengan cepat lepaskan tombol volume bawah dan beralih menekan tombol volume atas (tombol power masih tetap ditekan).

• Tahan kedua tombol tersebut (vol atas + power) sampai masuk ke mode recovery seperti ini.

Cara hard reset Samsung A12 lupa pola

Contoh tampilan recovery mode di Android

Catatan: Dalam mode recovery, gunakan tombol volume untuk naik turun dan tombol power untuk memilih/OK.

• Jika sudah sukses masuk ke recovery mode, selanjutnya kita akan melakukan reset ulang Samsung A12. Gunakan tombol volume bawah untuk berpindah ke bawah dan pilih “Wipe data/factory reset“. Tekan tombol power 1x untuk OK/memilih.

Cara mengatasi HP Samsung A12 lupa password pola pin

• Kemudian tekan volume bawah 1x untuk memilih “Factory data reset“, dan tekan tombol power 1x untuk konfirmasi. Setelah itu proses wipe data akan berjalan. Tunggu saja sampai selesai.

• Jika sudah selesai, pilih “Reboot system now” dengan menekan tombol power 1 kali untuk restart HP Samsung A12. Proses restart untuk pertama kalinya setelah reset biasanya agak lama, jadi ditunggu saja.

Sampai disini proses hard reset sudah selesai. Sekarang kamu hanya perlu menunggu sampai HP Samsung A12 berhasil restart dan masuk ke tampilan pengaturan awal. Selanjutnya lakukan setting seperti memilih bahasa, konek ke jaringan Wi-Fi/data seluler, dan lain sebagainya.

Catatan: Jika sudah berhasil melakukan hard reset tapi HP masih meminta untuk memasukkan kunci layar (pola, pin, sandi) sebelumnya, maka kamu tak perlu panik.

Cukup abaikan saja dan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk masuk ke menu utama dengan akun Google yang sebelumnya tersinkron di HP Samsung A12.

Jika misalnya kamu lupa akun google yang tersinkron di HP Samsung A12 tersebut, kamu bisa baca solusinya disini: Cara Bypass Akun Google di Samsung A12.

Baca Juga:

Akhir Kata

Bagaimana? Caranya tidak susah kan? Saya yakin selama kamu mengikuti tutorialnya dengan benar, maka kamu pasti berhasil mengatasi HP Samsung A12 yang lupa kunci layar dengan hard reset lewat recover mode.

Demikianlah artikel kali ini tentang cara reset pabrik Samsung A12 dengan tombol untuk membuka HP Samsung A12 yg terkunci. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.