Cara Reset HP Samsung A13 5G yg Lupa Pola, Sandi & PIN

Hard Reset Samsung A13 5G – Dirilis pada Desember 2021, Samsung A13 5G hadir dengan membawa teknologi 5G sebagai fitur unggulan nya. Pada bagian dapur pacu, ponsel ini dibekali dengan chipset Mediatek Dimensity 700 5G (7nm) yang berjalan pada OS Android 11.

Masalah yang paling umum terjadi pada HP Samsung A13 5G biasanya adalah lupa pola, lupa password atau lupa PIN kunci layar.

Maka dari itu, dalam artikel ini AndroDot.net akan berbagi cara hard reset Samsung A13 5G untuk mengatasi lupa sandi, lupa PIN atau lupa pola kunci layar.

Selain mengatasi masalah lupa kunci layar, cara reset HP Samsung A13 5G juga bisa mengatasi masalah lain seperti memori Samsung penuh, HP lemot, layar macet, aplikasi telah berhenti, dan masalah ringan lainnya.

Dan perlu dicatat bahwa cara reset ulang Samsung A13 5G dengan tombol ini tidak bisa memperbaiki masalah berat seperti bootloop atau mati total.

Tapi jika hanya masalah lupa sandi, penyimpanan penuh dan masalah ringan lainnya, maka reset pabrik sudah cukup manjur untuk mengatasi masalah tersebut.

Tak perlu basa-basi lagi, sekarang simak langkah-langkah untuk mereset ulang Samsung A13 5G via recovery mode di bawah ini.

Peringatan: Tindakan reset ulang akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Jika masih memungkinkan, pastikan untuk melakukan pendacangan data seperti backup kontak, foto, video, mp3, dokumen dan file penting lainnya.

Cara Hard Reset Samsung A13 5G Lupa Pola

Berbeda dengan cara normal untuk melakukan hard reset HP Samsung, perlu cara khusus untuk mereset ponsel Samsung yang terkunci pola, karena ponsel Samsung Galaxy terbaru memang sudah dirancang agar tidak bisa dimatikan ketika HP terkunci layarnya.

Padahal, mematikan HP merupakan langkah pertama untuk hard reset Samsung A13 5G. Selama HP tidak bisa dimatikan, maka tidak bisa masuk ke recovery mode untuk melakukan reset ulang.

Maka dari itu, perlu cara khusus seperti yang saya katakan tadi. Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Langkah Hard Reset Samsung A13 5G

• Pertama, siapkan charger atau kabel cas.

• Selanjutnya hubungkan charger ke HP Samsung A13 5G untuk dicas / diisi daya. Disarankan untuk mengecas menggunakan laptop agar kemungkinan berhasil meningkat.

• Saat charger sudah terhubung dan HP dalam keadaan sedang mengecas, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas+ Volume Bawah secara bersama-sama.

• Ketika HP sudah bergetar, layar mati dan muncul indikator pengisian daya, lepaskan ketiga tombol tersebut. Sekarang kita sudah berhasil mematikan HP yang tadinya tidak bisa dimatikan.

• Langkah selanjutnya adalah masuk ke recovery mode HP Samsung, yakni dengan cara menekan dan menahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara reset hp samsung A13 5G lupa pola

Catatan: Dalam mode recovery, silahkan pakai tombol Volume untuk naik turun dan tombol Power untuk klik OK.

• Untuk melakukan hard reset Samsung Galaxy A13 5G, silahkan pilih menu “Wipe data/factory reset“. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu “Factory data reset“.

Cara hard reset Samsung A13 5G lupa password

• Lalu tunggu sampai muncul tulisan “Data wipe completed” yang berarti proses wipe data sudah selesai.

• Sekarang pilih “Reboot system now” untuk melakukan restart HP Samsung A13 5G ke pengaturan awal. Proses restart setelah reset biasanya agak lama, jadi silahkan ditunggu saja.

• Sampai disini hard reset sudah berhasil, tinggal setting pengaturan awal seperti bahasa, jaringan, akun google, akun samsung dan lain sebagainya.

HP Minta Verifikasi Pola/Sandi Setelah Reset?

Jika setelah reset HP Samsung kamu meminta verifikasi pola, sandi atau PIN, maka cukup abaikan saja dan silahkan pilih menu “Gunakan akun Google saya” untuk membuka HP dengan akun google yang sebelumnya tersinkron di Samsung A13 5G.

Bagaimana Jika Lupa Email Google Setelah Reset?

Jika misalnya kamu lupa akun google yang tersinkron, maka kamu perlu melakukan bypass FRP untuk membuka HP nya. Silahkan baca tutorialnya disini: Cara Bypass FRP Samsung A13 5G yang Lupa Akun Google.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara mereset Samsung A13 5G ke pengaturan pabrik. Semoga tutorial di atas bisa berguna bagi kamu yang ingin mengatasi HP Samsung A13 5G lupa pola, memori penuh, Hp lemot dan masalah lainnya.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.