Cara Hard Reset Samsung A5 Dengan Mudah (100% Sukses)

Hard Reset Samsung A5 – Seiring berjalannya waktu dan semakin lama pemakaian, cukup wajar jika smartphone mengalami masalah, ponsel Galaxy A5 ini pun tak terkecuali.

Mulai dari masalah lemot, suka ngelag, aplikasi tiba-tiba berhenti, HP cepat panas, memori penuh, sampai masalah seperti Samsung A5 lupa pola, lupa password ataupun lupa PIN kunci layar.

Yah, namanya juga barang elektronik, tak ada smartphone yang sempurna dan bebas dari masalah. Bagi orang yang punya rezeki lebih, tak perlu repot-repot mikir karena hanya perlu pergi ke tempat servis dan terima jadi.

Tapi bagi kaum dompet tipis, tak punya pilihan lain selain mengatasinya secara mandiri.

Kabar baiknya, selama masalah yang menimpa HP Samsung A5 ini hanya masalah sistem yang ringan seperti HP lemot, aplikasi error, lupa pola atau ngelag, maka bisa diatasi dengan cara reset HP Samsung A5 via recovery mode.

Jadi selama itu bukan masalah berat seperti bootloop, mati total atau kerusakan hardware seperti EMMC rusak, maka cara reset ulang Samsung Galaxy A5 ini sudah cukup untuk memperbaiki masalah di smartphone.

Selama mengikuti tutorial dalam artikel ini dengan benar, maka kamu pun bisa melakukan reset pabrik Samsung A5 dengan tombol secara mandiri seperti yang dilakukan oleh para kang servis.

Tutorial ini berlaku untuk hard reset Samsung A5 2016 dan Samsung A5 2017. Simak panduan nya berikut ini.

Cara Reset HP Samsung A5 via Recovery Mode

Reset ulang lewat recovery mode biasa disebut dengan hard reset. Kenapa demikian?

Karena untuk memasuki mode recovery, dibutuhkan tiga kombinasi tombol fisik yang ditekan dengan tiga jari.

Oleh karena itulah, hal ini disebut dengan hard reset, karena kita akan reset ulang menggunakan tombol hardware.

Sebelum lanjut, saya ingin memperingatkan bahwa hard reset HP Samsung akan menghapus seluruh data dalam smartphone. Lakukan backup data jika masih sempat.

Oke, dengan lanjut membaca tutorial di bawah ini, saya asumsikan bahwa kamu sudah mengerti efek samping dari hard reset. Sekarang, sima tutorialnya berikut ini.

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode Samsung A5

Untuk Samsung A5 yang tidak terkunci layarnya, maka bisa masuk ke recovery mode menggunakan cara normal.

• Pertama, silahkan matikan/turn off HP Samsung A5.

• Ketika ponsel sudah berada dalam keadaan mati, silahkan tekan & tahan tombol power + volume atas + Home secara bersamaan.

• Lepas tombol power ketika muncul logo Samsung Galaxy A5.

• Kemudian lepas tombol volume atas dan tombol Home ketika sudah muncul tampilan biru.

• Selanjutnya HP akan beralih ke tampilan android tumbang dengan tulisan “No command” atau “Tidak ada perintah”. Pada tampilan ini, cukup tunggu saja sampai HP masuk ke recovery mode secara otomatis (biasanya butuh waktu 1-2 menit).

Bagaimana untuk HP Samsung Galaxy A5 yang lupa pola?

Untuk HP Samsung A5 yang lupa password, lupa PIN ataupun lupa pola, maka kamu perlu cara khusus untuk masuk ke recovery mode.

Ponsel ini dirancang agar tidak bisa dimatikan ketika layar tekunci, sedangkan untuk bisa masuk ke recovery mode, smartphone harus dimatikan terlebih dahulu.

Lalu bagaimana caranya? Simak triknya berikut ini.

• Pertama, pastikan layar HP berada di tampilan buka kunci pola, sandi ataupun PIN.

• Selanjutnya tekan tombol power agak lama, dan akan muncul tiga pilihan. Pilih saja “Restart” atau “Mulai lagi” untuk merestart Samsung A5.

• Saat layar mati dan HP mulai restart, segera cepat-cepat tekan dan tahan tombol Volume atas + Home + Power secara bersama-sama sampai muncul logo Samsung Galaxy A5.

• Lepas tombol power ketika muncul logo Samsung Galaxy A5.

• Kemudian lepas tombol volume atas dan tombol Home ketika sudah muncul tampilan biru.

• Setelah itu HP akan beralih ke tampilan android tumbang dengan tulisan “No command” atau “Tidak ada perintah“.

cara reset ulang samsung a5 lupa pola

• Pada tampilan ini, cukup tunggu sebentar sampai HP masuk ke recovery mode secara otomatis (biasanya butuh waktu 1-2 menit).

• Jika berhasil, maka kamu akan masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara hard reset Samsung A5 2017 2016

Langkah 2: Factory Reset Samsung A5

Catatan: Dalam mode recovery ini, gunakan tombol power untuk konfirmasi OK dan tombol volume atas-bawah untuk naik-turun.

• Untuk melakukan hard reset Samsung A5, silahkan pilih “Wipe data/factory reset“.

• Selanjutnya pilih “Yes” untuk melakukan wipe data.

• Tunggu sampai proses wipe data selesai. Jika sudah selesai, kemudian pilih “Reboot system now” untuk restart HP Samsung A5.

• Proses restart untuk pertama kali setelah reset biasanya membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 15-20 menit, jadi mohon bersabar.

• Tunggu sampai proses reboot selesai dan HP Samsung A5 masuk ke layar pengaturan awal.

Setelah reset via recovery mode, biasanya di tampilan pengaturan awal akan muncul notifikasi:

Terdapat percobaan tanpa otorisasi untuk mereset perangkat Anda ke pengaturan default pabrik. Sambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler untuk memverifikasi identitas Anda.

Kamu tak perlu panik, karena HP Samsung A5 ini hanya terkunci FRP saja.

Lanjutkan dengan klik OK, dan sambungkan ke jaringan Wi-Fi atau data seluler dan lakukan verifikasi dengan login menggunakan akun google yang sebelumnya tersinkron di ponsel.

Tapi jika kamu lupa email atau password akun google yang tersinkron di HP, silahkan baca Cara Bypass FRP Akun Google di Samsung A5 ini.

Baca Juga:

Nah, begitulah langkah-langkah untuk reset 3 jari Samsung A5.

Saya berharap tutorial di atas bisa membuat kamu paham tentang gimana cara hard reset Galaxy A5 yang benar dan bisa mengatasi masalah pada smartphone kesayangan.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.