Cara Hard Reset Samsung Grand Prime, Gampang Banget!

Hard Reset Samsung Grand Prime – HP jadul yang satu ini masih banyak yang menggunakan nya sampai saat ini, dimana HP canggih nan terbaru sudah merajalela.

Dirilis pada Oktober 2014, Samsung Grand Prime dibekali dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 (28 nm) yang didukung oleh RAM 1 GB, serta berjalan pada Android 4.4.4 Kitkat. Pada sektor penyimpanan, HP ini memiliki kapasitas memori internal mencapai 8 GB.

Sebagai HP yang sudah ketinggalan jaman, Samsung Grand Prime cukup sering mengalami masalah, misalnya seperti HP sering lemot, suka ngelag, buka aplikasi keluar sendiri, memori penyimpanan cepat penuh, HP sering restart sendiri sampai masalah seperti Samsung Grand Prime lupa pola, lupa password ataupun lupa PIN kunci layar.

Permasalahan dan error seperti di atas tentu saja sering menjumpai ponsel Samsung Grand Prime, mengingat spesifikasi nya yang lumayan kentang dan ditambah aplikasi jaman sekarang semakin berat dan ukurannya makin gede, yang membuat HP ini tersiksa.

Maka dari itu, melakukan reset ulang Samsung Grand Prime secara berkala setiap beberapa bulan sekali merupakan hal yang wajib kamu lakukan untuk menjaga agar performa nya tetap stabil.

Karena selain bisa mengatasi lemot dan ngelag, reset pabrik juga bisa membuka HP Samsung Grand Prime yang lupa pola, PIN ataupun sandi.

Jadi reset HP Samsung Grand Prime ke setelan pabrik ini memang banyak gunanya, terutama bagi kamu yang dompetnya tipis atau (maaf) orang kalangan bawah.

Karena dengan mengetahui bagaimana cara hard reset Samsung Grand Prime via recovery mode secara mandiri, kamu bisa mengatasi permasalahan dalam ponsel tanpa pergi ke tempat servis.

Oke, sekarang tak perlu basa-basi lagi, mari kita simak langkah-langkah reset tiga jari Samsung Grand Prime berikut ini.

Langkah Hard Reset Samsung Grand Prime Lupa Pola

Sebelum lanjut ke tutorialnya, saya ingin memperingatkan kamu bahwa hard reset ini akan menghapus seluruh data di memori internal HP.

Dengan melanjutkan, saya asumsikan bahwa kamu sudah memahami efek samping dari factory reset ini.

Silahkan simak panduannya berikut ini.

• Pertama, silahkan matikan atau turn off HP Samsung Grand Prime.

• Jika HP sudah mati, sekarang tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume Atas secara bersama-sama selama beberapa detik.

• Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy Grand Prime, lepaskan tombol power, tetapi tetap tahan tombol volume atas + Home.

• Setelah itu di HP akan muncul tampilan robot ijo dan segera masuk ke recovery mode secara otomatis seperti ini.

Cara hard reset Samsung grand prime via recovery mode

• Ketika sudah masuk ke recovery mode, saatnya kita melakukan reset ulang. Di mode recovery ini, kamu hanya bisa menggunakan tombol volume atas dan bawah untuk naik turun, dan tombol power untuk konfirmasi OK.

• Untuk melakukan reset, pilih menu “Wipe data/factory reset“.

• Selanjutnya pilih “Yes — Delete all user data” dan tekan tombol power untuk konfirmasi.

• Tunggu beberapa saat sampai proses wipe data selesai. Jika sudah, pilih “Reboot system now” untuk merestart HP Samsung Grand Prime.

Sampai disini, hard reset sudah selesai dan kamu hanya perlu menunggu sampai HP selesai reboot dan masuk ke tampilan pengaturan awal.

Untuk reboot pertama kali setelah reset memang agak lama, sekitar 5-20 menit, jadi silahkan tunggu saja.

Jika reboot sukses, maka HP akan masuk ke pengaturan awal. Lakukan setup seperti memilih bahasa, jaringan, dan lain sebagainya.

Ponsel Samsung Grand Prime ini bisa diupgrade ke Android 5.1 (Lollipop), yang mana sudah disematkan fitur FRP (Factory Reset Protection).

Jika HP kamu sudah upgrade ke Android 5.1, maka setelah hard reset, ponsel akan meminta verifikasi akun google yang sebelumnya tertaut di HP.

Tak perlu panik, cukup masukkan saja akun google yang sebelumnya tersinkron di HP tersebut dan ponsel akan bisa dibuka kembali.

Tapi jika kamu lupa email dan password akun google tersebut, silahkan baca cara bypass FRP Samsung Grand Prime ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang tutorial untuk mereset ponsel Samsung Grand Prime kembali ke pengaturan pabrik.

Semoga dengan menerapkan langkah-langkah reset dalam artikel ini, kamu bisa mengatasi permasalahan seperti HP Samsung Grand Prime lupa pola, lemot, memori penuh dan sebagainya.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.