Cara Hard Reset Samsung J4 Plus via Recovery Mode (100% Sukses)

Hard Reset Samsung J4 Plus – Dirilis pada bulan Oktober 2018, ponsel ini muncul dengan varian RAM 2GB dan 3GB yang didukung oleh chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 (28 nm), serta berjalan pada OS Android 8.1 (Oreo).

Dilihat speknya secara sekilas, kita sudah tahu bahwa Samsung J4 Plus merupakan HP kentang jika dibandingkan dengan HP keluaran terbaru saat ini. Karena itulah, tak heran jika sering muncul masalah pada smartphone ini.

Masalah yang biasa dialami oleh pengguna Samsung J4 Plus misalnya seperti lupa pola, lupa password, lupa PIN, HP mulai terasa lemot, buka aplikasi sering ngadat dan keluar sendiri, penyimpanan cepat penuh, HP Samsung J4 Plus restart sendiri, dan lain sebagainya.

Cara reset HP Samsung J4 Plus lewat recovery mode merupakan solusi ampuh dalam mengatasi permasalahan tersebut, selama itu bukan masalah seperti mati total, bootloop atau hardware yang rusak.

Maka dari itu, sangat penting bagi kamu untuk mempelajari cara hard reset Samsung J4 Plus untuk mengatasi lupa password, HP terkunci, HP lemot, aplikasi keluar sendiri, HP restart sendiri dan masalah sistem lainnya.

Untuk itulah, saya sudah membuatkan artikel ini untuk kamu yang ingin mengetahui cara reset ulang Samsung Galaxy J4+ ke pengaturan pabrik. Silahkan simak tutorialnya berikut ini.

Cara Hard Reset Samsung J4 Plus dengan Tombol

Perlu diketahui bahwa reset ulang Samsung J4 Plus akan menghapus seluruh data dalam ponsel. Silahkan lakukan pencadangan data terlebih dahulu jika memungkinkan.

Dan juga, jika HP kamu tidak terkunci, maka saya sarankan untuk menghapus akun google yang tertaut lewat menu pengaturan ponsel.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kasus lupa akun google karena terkunci FRP setelah melakulan reset.

Lebih bagus lagi jika kamu masih ingat email dan password akun google tersebut, karena akun google ini dibutuhkan untuk verifikasi identitas setelah factory reset.

Sekarang simak langkah-langkah reset ulang Samsung J4 Plus via recovery mode di berikut ini.

Tahap 1: Memasuki Recovery Mode Samsung J4 Plus

Ada 2 macam metode untuk memasuki mode recovery di HP Samsung J4 Plus, tergantung kondisinya.

Untuk HP yang tidak terkunci pola, password atau PIN, maka kamu bisa menggunakan cara normal seperti berikut ini.

• Pertama, matikan HP Samsung J4 Plus.

• Ketika ponsel sudah dalam keadaan mati, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersama-sama selama beberapa detik.

• Jika kamu sudah melakukan langkah di atas dengan benar, maka akan muncul logo Samsung J4 Plus dan muncul tampilan recovery mode.

Untuk HP Samsung J4 Plus yang terkunci karena lupa pola, pin ataupun sandi, maka ada cara khusus untuk masuk recovery mode. Ikuti langkah-langkah nya berikut ini.

• Pastikan layar Samsung J4 Plus dalam keadaan hidup yang menampilkan buka kunci pola, pin atau password.

• Selanjutnya tekan dan tahan tombol power beberapa detik, lalu akan muncul 3 pilihan menu. Pilih saja “Mulai Lagi” atau “Restart“.

• Setelah HP mulai restart dan muncul logo Samsung, langsung dengan cepat tekan dan tahan tombol volume atas, sampai muncul logo Samsung Galaxy J4 Plus.

• Tunggu beberapa saat dan smartphone akan masuk ke recovery mode seperti ini.

Cara reset HP samsung j4 plus

Tahap 2: Reset via Recovery Mode

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, sekarang saatnya kita melakukan hard reset Samsung J4 Plus.

Catatan: Dalam recovery mode ini, gunakan tombol atas dan bawah untuk berpindah naik-turun. Dan tombol power untuk memilih.

• Untuk melakukan reset, pilih menu “Wipe data/factory reset“. Gunakan tombol volume bawah untuk turun.

• Kemudian pilih “Yes” dengan menekan tombol power 1x untuk memilih.

• Selanjutnya proses wipe data akan berjalan, tunggu sampai selesai yang ditandai dengan munculnya tulisan “Data wipe complete.

• Ketika wipe data sudah selesai, maka pilih “Reboot system now” untuk merestart ponsel nya.

• Proses reboot untuk pertama kali setelah reset biasanya membutuhkan waktu yang agak lama sekitar 15-20 menit, jadi mohon bersabar.

• Tunggu sampai proses reboot selesai dan HP Samsung Galaxy J4 Plus masuk ke tampilan setelan awal.

Setelah hard reset, biasanya di tampilan pengaturan awal akan muncul notifikasi: “Terdapat percobaan tanpa otorisasi untuk mereset perangkat Anda ke pengaturan default pabrik. Sambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler untuk memverifikasi identitas Anda.

Kamu tak perlu panik, karena HP Samsung J4 Plus ini hanya terkunci FRP saja.

Cukup lanjutkan dengan klik OK saja, dan sambungkan HP ke jaringan pake Wi-Fi atau data seluler dan kemudian lakukan verifikasi akun google yang sebelumnya tersinkron di HP.

Jika misalnya kamu lupa email dan password akun google lama, maka kamu bisa baca Cara Bypass Akun Google di Samsung J4 Plus ini.

Baca Juga:

Akhir Kata

Nah, itulah langkah-langkah untuk reset HP Samsung J4 Plus dengan tombol. Semoga dengan menerapkan tutorial di atas, kamu bisa mengatasi permasalahan yang menimpa ponsel kesayangan secara mandiri.

Jika masih ada yang kebingungan, jangan sungkan untuk bertanya di komentar. Saya akan membantu sesuai dengan kemampuan.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.