Cara Hard Reset HP Vivo (Semua Tipe) via Recovery Mode, 100% Work!

Cara reset HP Vivo ini ada 2 (dua) metode, yakni reset melalui menu pengaturan, dan reset melalui recovery mode (hard reset). Yang akan saya jelaskan dalam artikel ini adalah metode ke 2, yaitu cara hard reset Vivo lewat Recovery Mode. Cara ini lebih ampuh dalam mengatasi HP Vivo yang bermasalah dan error.

Hard reset HP Vivo adalah langkah untuk mengembalikan HP Vivo ke settingan pabrik, dan membuatnya terasa lebih “segar” dan “kembali seperti baru“. Hard reset adalah solusi dari kebanyakan masalah yang terjadi di HP Vivo, seperti..

  • HP Vivo mengalami brick, bootloop atau stuck logo, alias gagal booting sehingga tidak bisa masuk ke menu HP.
  • HP Vivo tersusupi oleh virus, malware atau trojan berbahaya yang sudah mengakar jauh ke dalam sistem ponsel dan tidak bisa dihapus dengan cara normal.
  • HP Vivo lupa pola, PIN, atau sandi sehingga layar HP Vivo terkunci dan tidak bisa masuk ke menu.
  • Funtouch OS di HP Vivo sering bermasalah, seperti lemot, HP sering restart dengan sendirinya dan aplikasi sering berhenti secara tiba-tiba.
  • HP Vivo sering mengalami freeze/hang.
  • Dan masih banyak lagi..

Sebuah catatan penting sebelum anda melanjutkan membaca tutorial ini, saya akan mengingatkan anda bahwa proses hard reset Vivo ini akan menghapus seluruh data-data di ponsel. Jadi lebih baik lakukan backup atau pencadangan data terlebih dahulu.

Jika HP Vivo anda mengalami bootloop (stuck logo) atau bahkan mati total, yang menyebabkan tidak bisa masuk ke menu HP dan melakukan backup, maka anda bisa lewati langkah backup ini, dan ikhlas-kan saja data yang ada di dalamnya.

Cara Hard Reset HP Vivo (Semua Tipe)

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan HP Vivo ke pengaturan pabrik dengan cara hard reset Vivo via recovery mode.

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode

• Pertama, pastikan untuk mematikan ponsel Vivo anda.

• Selanjutnya masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol volume atas + tombol power secara bersama-sama untuk masuk ke mode fastboot. Lalu pilih Recovery Mode (gunakan tombol volume atas/bawah untuk navigasi, dan tombol power untuk memilih).

Cara Flash Hard Reset HP Vivo

Gambar: www.vivo.com

• Khusus HP Vivo dengan tampilan layar 16:9, anda bisa masuk ke recovery mode dengan cara: tekan tombol volume atas + tombol power bersamaan sampai muncul logo Vivo untuk secara langaung masuk ke recovery mode. Kemudian pilih Recovery Mode dengan menekan tombol volume bawah, lalu tekan tombol power untuk masuk ke mode recovery.

Langkah 2: Wipe Data

Setelah berhasil masuk ke recovery mode, disinilah saatnya kita melakukan hard reset HP Vivo.

• Dalam mode recovery, pilih Wipe data, lalu pilih Wipe data lagi.

Cara Hard Reset Vivo Semua Tipe

Gambar: www.vivo.com

• Kemudian anda akan diminta untuk memasukkan PIN kunci layar/lock screen (jika sebelumnya anda pernah setting PIN kunci layar).

• Tunggu sampai proses wipe data selesai.

• Setelah wipe data selesai, pilih Reboot system / Reboot system now untuk merestart HP Vivo.

Baca Juga:

Kesimpulan

Dan begitulah cara hard reset HP Vivo untuk mengembalikan ke settingan pabrik dan mengatasi berbagai masalah yang ada. Jangan lupa share artikel ini jika menurut anda bermanfaat, atau anda punya teman yang sedang mencari panduan untuk hard reset Vivo.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *