Cara Masuk ke Recovery Mode di HP Samsung yg Lupa Pola

Dalam artikel ini, kamu akan mempelajari bagaimana Cara Masuk ke Recovery Mode di HP Samsung yang tidak bisa dimatikan dan HP dalam keadaan terkunci karena lupa pola, password dan PIN. Simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu bisa mengetahui langkah-langkah nya dengan benar.

Seperti yang kita tahu, bahwa pada setiap smartphone Samsung Galaxy, terdapat fitur mode pemulihan yang berguna untuk memperbaiki smartphone yang bermasalah, fitur ini bernama Recovery Mode.

Fitur ini berperan penting dalam mengatasi berbagai masalah seperti HP Samsung hang, layar macet, aplikasi error, sistem error, lupa kunci layar, sampai berguna untuk melakukan reset pabrik dan update firmware (flashing).

Fitur Recovery Mode ini memang dirancang sebagai alat untuk memulihkan smartphone ketika terjadi masalah atau error sistem seperti yang saya sebutkan di atas, yaitu HP ngehang, ngelag, HP lemot, layar freeze sampai mengatasi masalah lupa pola, sandi dan PIN kunci layar.

Cara masuk ke recovery mode Samsung Galaxy

Berikut ini adalah menu umum yang biasa hadir pada Recovery Mode di HP Samsung:

  1. Reboot system now: berfungsi untuk restart HP.
  2. Reboot to bootloader: berfungsi untuk masuk ke bootloader atau Fastboot mode.
  3. Apply update from ADB: berfungsi untuk flashing/update firmware lewat ADB.
  4. Apply update from SD Card: berfungsi untuk flashing/update firmware lewat SD Card.
  5. Wipe data/factory reset: berfungsi untuk hard reset HP Samsung ke setelan pabrik.
  6. Wipe cache partition: berfungsi untuk menghapus partisi cache atau data sampah.
  7. Mount / system: berfungsi untuk melakukan perubahan pada partisi di smartphone.
  8. View recovery logs: berfungsi untuk melihat data log dari proses recovery.
  9. Run graphic test: berfungsi untuk ngetes grafik HP.
  10. Power off: berfungsi untuk mematikan HP Samsung.

Sebenarnya, cara masuk ke recovery mode pada HP Samsung Galaxy itu cukup mudah, yakni dengan mematikan HP, lalu tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power (atau Volume Atas + Home + Power) secara bersamaan.

Setelah itu lepaskan tombol tersebut ketika muncul logo Samsung Galaxy, kemudian HP akan masuk ke mode recovery.

Benar, cara di atas adalah cara normal untuk masuk ke recovery mode HP Samsung. Cara di atas bisa diterapkan ketika HP Samsung kamu: tidak terkunci layarnya, tidak lupa pola, tidak lupa password dan tidak lupa PIN kunci layar.

Lalu bagaimana cara masuk ke recovery mode di HP Samsung yang terkunci layarnya dan HP tidak bisa dimatikan? Inilah permasalahan yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Karena seperti yang kita tahu, bawah HP Samsung Galaxy keluaran terbaru tidak bisa dimatikan ketika HP Samsung terkunci pola, PIN atau sandi.

Padahal untuk masuk ke recovery mode, langkah pertama yaitu mematikan HP Samsung tersebut. Selama HP tidak berada dalam keadaan mati, maka HP Samsung tidak bisa masuk ke recovery mode.

Tentu saja masalah ini pasti akan membuat pusing para pengguna HP Samsung Galaxy yang mengalami masalah lupa kunci layar karena tidak bisa masuk ke recovery mode untuk melakukan wipe data untuk menghapus kunci layar tersebut.

Tapi kamu tak perlu khawatir, karena dalam artikel ini saya sudah mengumpulkan sebanyak 8 cara khusus untuk masuk ke recovery mode di HP Samsung yang berada dalam keadaan terkunci layar nya karena lupa password, lupa PIN ataupun lupa pola.

Cara Masuk ke Recovery Mode Samsung yang Terkunci

Silahkan coba cara nya satu persatu, cara mana yang work buat kamu. Ada 8 cara yang bisa kamu coba, jadi jika cara pertama tidak work, bisa coba cara kedua, ketiga dan seterusnya.

Cara Pertama

• Pertama, tekan tombol Power agak lama, dan kemudian akan muncul beberapa pilihan menu. Silahkan pilih menu “Mulai lagi” atau “Restart”.

• Setelah HP Samsung Galaxy mulai restart, langsung dengan cepat tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung dan muncul tampilan biru di HP.

• Pada saat HP Samsung menmpilan layar biru, silahkan tunggu saja dan jangan pencet apapun, karena nantinya HP akan otomatis masuk ke recovery mode.

Cara Kedua

• Pertama, tekan dan tahan Volume Atas dan Bawah, lalu tekan tombol Power. Tahan ketiga tombol tersebut beberapa saat.

• Jika layar HP sudah mati, lepaskan tombol volume bawah saja, tetapi tetap tahan tombol volume atas dan tombol power.

• Pertahankan tombol volume atas dan tombol power tersebut beberapa saat sampai masuk ke recovery mode Samsung.

Cara Ketiga

• Pertama, pastikan layar HP mati (tidak menampilkan wallpaper lock screen).

• Kemudian tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

• Lalu di layar akan muncul tiga menu: Daya mati, Mulai lagi dan Mode Darurat <= abaikan saja ketiga menu tersebut dan tetap tahan kedua tombol (volume bawah + power) sampai HP mati sendiri (ada getaran).

• Saat HP sudah mati sendiri, langsung lepaskan kedua tombol tersebut, lalu dengan cepat bergantian menekan dan tahan tombol Volume Atas + Power sampai muncul logo Samsung Galaxy.

• Tetap tahan tombol Volume Atas + Power tersebut sampai masuk ke recovery mode.

Cara Keempat

• Pertama, matikan HP Samsung dengan cara menekan dan menahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan sampai HP bergetar, lalu HP mati.

• Setelah HP mati, lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu sampai muncul logo “Samsung Galaxy“.

• Ketika muncul logo “Samsung Galaxy” tersebut, langsung matikan HP lagi dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

• Kemudian ketika logo Samsung sudah hilang, langsung dengan cepat berpindah dengan menekan tombol Volume Atas + Power.

• Tahan kedua tombol tersebut, ketika muncul logo “Samsung Galaxy” lagi, silahkan lepaskan tombol Power dan tetap tahan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode.

Cara Kelima

• Saat layar HP dalam keadaan hidup yang menampilkan buka kunci, tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.

• Tunggu sampai HP Samsung bergetar dan mati, kemudian lepaskan tombol volume bawah dan dengan cepat gantian tekan dan tahan tombol volume atas (tombol power masih tetap ditekan).

• Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan tombol power, dan tetap tekan tombol volume atas sampai masuk ke recovery mode.

Cara Keenam

• Pertama, tekan tombol Power agak lama, lalu pilih menu “Mulai lagi” atau “Restart”.

• Setelah HP Samsung mulai restart, langsung dengan cepat tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai muncul logo Samsung Galaxy.

• Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy tersebut, lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol Volume Atas sampai masuk ke recovery mode.

Cara Ketujuh: Masih Gak Berhasil? Pake Charger!

Cara masuk recovery mode samsung dengan charger

• Pertama, colokkan HP Samsung Galaxy kamu ke charger untuk dicas. Disarankan untuk mengecas pake PC/Laptop, dan pastikan HP Samsung dalam keadaan charging (sedang dicas).

• Kemudian saat HP dalam keadaan charging tersebut, silahkan tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah + Power secara bersamaan agak lama.

• Setelah itu layar HP akan mati dan muncul indikator pengisian daya, yang menandakan bahwa ponsel sedang charging dalam keadaan mati.

• Tunggu sampai indikator charging menampilkan presentase daya baterai. Jika sudah, kamu boleh mencabut charger nya.

• Setelah langkah di atas berhasil dilakukan, saatnya masuk ke mode recovery dengan cara menekan dan menahan tombol Volume Atas + tombol Power secara bersama-sama.

• Ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan tombol power dan tetap tahan tombol volume atas, sampai masuk ke tampilan recovery mode Samsung.

Cara Kedelapan: Masih Belum Bisa Juga? Pake Kombinasi Ini!

• Pertama, colokkan kabel USB (kabel charger) HP Samsung Galaxy ke laptop atau PC, dan pastikan HP dalam keadaan charging (mengisi daya) ketika dihubungkan ke PC menggunakan charger USB.

• Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan agak lama.

• Kemudian layar akan berkedip dan muncul logo Samsung, dan ketika sudah muncul logo Samsung Galaxy, lepaskan kedua tombol tersebut.

• Jika muncul indikator pengisian daya, berarti HP Samsung kamu sudah dalam keadaan mati. Sekarang kamu bisa cabut chargernya.

• Langkah selanjutnya yaitu masuk ke recovery mode, caranya tekan dan tahan tombol Volume Atas + tombol Power bersama-sama sampai masuk ke mode recovery.

Baca Juga:

Akhir Kata

Itulah 8 cara ampuh untuk masuk ke mode recovery di HP Samsung yang tidak bisa dimatikan. Cara di atas bisa kamu coba pada ponsel Samsung Galaxy keluaran terbaru yang tidak mau dimatikan ketika layar terkunci.

Nah demikianlah tutorial tentang langkah-langkah untuk masuk ke recovery mode pada ponsel Samsung Galaxy terbaru yang bisa kamu coba.

Semoga artikel ini berguna buat kamu yang ingin mengatasi masalah pada smartphone Samsung Galaxy, misalnya seperti HP terkunci karena lupa pola, pin dan password.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.