Cara Mudah Memperbaiki Speaker HP Rusak Terkena Air

Jika speaker HP anda rusak karena terkena air atau rusak setelah HP ‘nyemplung‘ ke air, maka disini saya akan membantu anda untuk memperbaiki speaker HP yang rusak karena kemasukan air.

Cara memperbaiki speaker yang pecah/kresek-kresek karena terkena air ini bisa anda terapkan untuk semua tipe hp, seperti Xiaomi, Samsung, iPhone, Lenovo, Vivo, Oppo, Huawei, Nokia, Advan, Mito ataupun yang lainnya.

Saya yakin pasti performa HP akan jadi tidak maksimal jika speaker rusak, terutama jika anda suka mendengarkan lagu ataupun sering bertelepon. Suaranya jadi kresek-kresek atau bahkan tidak keluar suara sama sekali. Pasti repot ya?

Biasanya, speaker yang rusak karena kena air itu gara-gara HP jatuh ke dalam air, ataupun ada air keringat yang berlebihan pada tangan anda sehingga bisa masuk ke dalam speaker.

Jika HP anda kemasukan air, pertama anda tidak boleh panik karena tidak semua HP akan langsung rusak jika nyemplung ke dalam air. Dan juga jangan langsung dibawa ke tukang servis HP, karena biasanya mereka mematok harga yang lumayan mahal untuk masalah sepele.

Untuk mengatasi speaker hp yang pecah gara-gara kemasukan air, ada beberapa cara yang perlu anda lakukan.

Jika speaker anda bunyi nya kresek-kresek atau berderak, ini tandanya ada gangguan statis yang terjadi pada speaker HP. Tidak hanya terjadi pada speaker PC saja, gangguan statis ini juga bisa terjadi pada speaker smartphone.

Gangguan statis ini bisa diatasi asalkan anda bisa menemukan dimana sumber gangguan ini dan memecahkan masalahnya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi speaker HP yang rusak terkena air.

Cara Memperbaiki Speaker HP Yang Rusak Kemasukan Air

Cara Mengatasi Speaker HP Kena Air

1. Jemur HP Di Bawah Terik Matahari

Untuk mengatasi speaker HP yang rusak gara-gara terkena air, anda perlu melakukan cara yang satu ini. Yaitu dengan cara menjemur ponsel di bawah sinar matahari.

Tapi sebelun dijemur, sebaiknya buka casing HP anda terlebih dahulu agar bagian speaker yang kemasukan air bisa cepat kering.

Hal ini bertujuan agar air yang ada di dalam speaker HP menguap dan speaker menjadi kering.

Memang terdengar sepele, tapi dengan cara ini rata-rata speaker yang rusak karena kemasukan air akan kembali normal dan bisa berfungsi kembali.

Setelah dirasa kering, cobalah untuk mengetes speaker dengan memutar lagu. Jika suaranya masih kresek-kresek atau bahkan tidak ada suara, cobalah cara kedua di bawah ini.

2. Masukkan HP Ke Dalam Beras

Merendam HP Untuk Memperbaiki Speaker Rusak

Ini adalah cara ampuh untuk mengatasi HP yang kemasukan air, termasuk cara memperbaiki speaker yang rusak terkena air.

Caranya cukup mudah, siapkan sekarung beras dan timbun HP anda sedalam-dalamnya (kalau bisa tepat di tengah-tengah) di timbunan beras. Biarkan selama 1-2 jam.

Setelah dirasa kering, cobalah gunakan HP anda dan uji apakah speakernya sudah bisa berfungsi normal atau belum.

3. Bersihkan Speaker Dengan Peniti/Klip Kertas

Cara ketiga ntuk memperbaiki speaker yang suaranya pecah yaitu membersihkan bagian speaker dengan peniti atau klip kertas. Biasanya kalau terkena air, maka debu-debu akan mudah menempel.

Debu dan kotoran yang menempel pada speaker ini akan menghalangi suara yang keluar dari speaker.

Cara ini agak beresiko, karena anda harus membuka casing ponsel anda dan melihat apakah ada debu atau kotoran yang menempel pada bagian port nya.

Bersihkan debu menggunakan klip kertas atau peniti, lakukan dengan hati-hati dan perlahan agar tidak merusak bagian speaker.

4. Keringkan Dengan Kipas

Jika cara di atas belum cukup ampuh untuk memperbaiki speaker hp yang pecah/rusak terkena air, maka cobalah cara ke empat ini. Yaitu dengan mengeringkan bagian speaker menggunakan kipas.

Pertama, buka casing HP anda dan arahkan kipas angin ke speaker HP yang rusak karena terjatuh ke dalam air. Diamkan selama 1-2 jam.

Terakhir, coba test lagi apakah speaker sudah bisa berfungsi normal atau belum.

5. Bawa ke Servis HP

Ini adalah cara terakhir jika ke empat cara diatas belum juga berhasil mengatasi speaker HP yang rusak karena terjatuh ke air. Kemungkinan yang terjadi yaitu speaker anda mengalami korosi (karatan) karena terlalu lama kena air.

Solusinya anda bisa datang ke Service Center ponsel anda untuk mengganti bagian speaker yang rusak. Usahakan perbaiki HP anda di service center resmi, siapa tahu bisa klaim garansi, hehehehe.

Baca Juga:

Nah itulah beberapa solusi dan cara memperbaiki speaker HP yang rusak kemasukan air. Semoga artikel ini bisa membantu anda mengatasi masalah speaker HP yang pecah karena terkena air.

Jika anda memiliki pertanyaan, silahkan bertanya ke komentar. Jangan lupa share artikel ini agar orang lain terbantu dengan adanya informasi dalam artikel ini.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *