7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Memulai Bisnis Online

Beberapa orang sudah mulai sadar pentingnya ‘side hustle’ atau pekerjaan sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin hari semakin banyak. Tidak sedikit orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan tetap, berusaha untuk melebarkan sayap dengan mencari pekerjaan tambahan, salah satunya adalah menjadi wirausahawan.

Seperti yang kita tahu, banyak orang beramai-ramai menjalankan bisnis online karena hasilnya yang cukup menguntungkan. Jadi bukan hal yang aneh jika di sekitar saja, meski terlihat tidak mempunyai bangunan toko, namun ternyata mereka adalah seorang pebisnis.

Nah, apakah Anda adalah salah satu yang tertarik untuk berbisnis online? Jika iya, itu artinya Anda sedang berada di artikel yang tepat. Pada artikel kali ini, akan dibahas cara-cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online, sekalipun itu dilakukan oleh pemula. Jadi, yuk simak ulasannya.

Cara-cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis online

source: pixabay.com

Berikut ini ada 7 tips yang patut Anda coba untuk memulai membangun usaha dan menghasilkan uang dari bisnis online.

1. Pahami Produk yang Akan Anda Jual

Saat ingin memulai bisnis online, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui produk apa yang ingin ditawarkan. Hal ini adalah salah satu hal yang penting dalam memulai bisnis karena dengan begitu Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis yang Anda kelola.

Produksi atau jual produk yang menarik, unik, namun tetap sesuai dengan selera pasar. Pastikan juga bahwa produk yang Anda tawarkan banyak dicari di mesin pencarian Google. Cara gratis untuk mengetahui banyak-tidaknya orang yang mencari produk Anda, salah satunya adalah dengan menggunakan Google Keyword Planner.

2. Menentukan Target Konsumen

Saat Anda sudah menentukan produk yang yang akan dijual, maka selanjutnya Anda perlu untuk menentukan target pasar atau konsumen. Lakukan analisa dan perhitungkan jenis pasar yang cocok untuk produk Anda.

Buatlah target konsumen secara spesifik. Anda bisa juga mempertimbangkan aspek-aspek yang lebih spesifik seperti gender, tingkat ekonomi, usia, wilayah, dan sebagainya. Semakin detail target pasar yang Anda buat, maka semakin mudah Anda menyasar mereka.

3. Melakukan Riset Kompetitor

Setelah melakukan dua hal di atas, cara selanjutnya adalah dengan mengetahui kompetitor bisnis Anda. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mempelajari kekuatan dan kelemahan dari kompetitor Anda.

Sehingga dari informasi yang telah Anda dapatkan, Anda bisa membuat sesuatu yang lebih baik untuk bisnis Anda. Lakukan analisa kompetitor, mulai dari website kompetitor, sosial media, review produk konsumen, hingga mencoba produk kompetitor secara langsung.

4. Memilih Model Bisnis

Selanjutnya, Anda perlu memilih model bisnis yang akan Anda gunakan. Misalnya, Anda ingin membuka bisnis online shop, tetapi tidak memiliki cukup modal untuk melakukan stok barang, maka model bisnis yang bisa dipilih adalah dengan menjadi dropshipper/reseller.

Selain itu, jika Anda merasa nyaman menjadi blogger dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk, maka mungkin Anda cocok untuk terlibat dalam skema affiliate marketing atau menjadi publisher via Google Adsense.

Apapun model bisnis online yang Anda pilih, Anda tetap perlu mempersiapkan hal teknis untuk menjalankan bisnis online.

5. Membuat Website dan Media Sosial

Memulai bisnis online belum lengkap jika tidak membuat website bisnis resmi. Website sendiri ibarat ‘toko’ dalam bisnis offline. Website bisa menjadikan bisnis yang Anda buat terlihat lebih profesional di mata calon pelanggan.

Dengan memiliki website, calon pelanggan juga akan lebih percaya dengan bisnis yang Anda jalankan. Untuk bisa membuat website untuk bisnis online, Anda bisa meminta bantuan kepada layanan pembuatan website, seperti Jetorbit, atau jika anda ingin membuat website toko online Anda sendiri, Anda bisa menggunakan WordPress untuk membuat toko online.

6. Lakukan Promosi

Hal yang tidak kalah penting saat Anda sedang memulai bisnis online, adalah aktivitas promosi. Banyak sekali metode promosi dalam bisnis yang bisa Anda pilih mulai dari yang gratis hingga berbayar. Mulai dari strategi organik menggunakan SEM dan SEO, hingga beriklan di sosial media.

Bila produk Anda dipasarkan melalui website, maka strategi SEO, SEM, Google My Business, hingga Google Ads dapat dioptimalkan. Tetapi, jika produk Anda hanya dipromosikan lewat sosial media saja, Anda bisa memaksimalkan konten promosi, pemanfaatan copywriting, iklan Ads hingga strategi lain seperti giveaway, paid promote, dan sebagainya.

7. Lakukan Evaluasi Secara Rutin

Terakhir, cara untuk memulai bisnis online adalah melakukan evaluasi secara konsisten. Seperti yang kita tahu, setiap bisnis pasti ada masa naik dan turunnya. Jangan sampai kita terkecoh saat bisnis mulai berkemnbang dan tidak bersemangat saat bisnis Anda sedang ada di bawah.

Anda harus tetap melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas bisnis agar usaha terus berkembang. Anda juga perlu untuk terus meng-upgrade ilmu bisnis agar tidak ketinggalan tren.

Akhir Kata

Nah itulah tadi informasi terit cara memulai bisnis online, semoga bisa membantu ya. Dan bagi Anda yang mungkin sedang ingin memulai bisnis online namun belum memiliki website, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dari Jetorbit.

Tidak hanya itu, tersedia produk dan layanan lain seperti layanan unlimited hosting, web hosting, email hosting, wordpress hosting, reseller hosting, dedicated server, domain, hingga cloud vps managed yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.