Ampuh! Inilah 7 Cara Mengatasi HP Asus yang Cepat Panas

Mengatasi HP Asus Cepat Panas – Ponsel Asus adalah smartphone yang bandel dan awet. Akan tetapi, jika sering mengalami overheat, komponen yang berada di dalam ponsel juga bisa aus. Apalagi jika penggunaan berlebihan seperti bermain game terlalu lama, maka sering terjadi panas berlebihan.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan berbagi tips agar HP asus anda tetap bersuhu sejuk dan normal. Berikut ini akan dijelaskan cara mengatasi HP Asus yang cepat panas.

Cara Mengatasi HP Asus yang Cepat Panas

1. Jangan Instal Aplikasi Yang Tidak Penting

Terlalu banyak aplikasi bisa membuat HP Asus cepat panas. Apalagi jika software tersebut aktif secara bersamaan di latar belakang. Ini akan membuat kinerja smartphone semakin berat.

Oleh sebab itu, hindari instalasi perangkat lunak yang tidak penting. Supaya HP tetap awet dan bisa dipergunakan dalam waktu yang lama.

2. Hapus Cache Secara Rutin

Cara Mengatasi hp asus cepat panas

Cache adalah sampah aplikasi yang masuk ke dalam perangkat manakala software tersebut aktif. Semakin sering dipergunakan jumlah cache juga semakin menumpuk. Sehingga loading ponsel lelet dan perangkat mudah panas.

Maka dari itu, lakukan penghapusan cache secara rutin dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Untuk memilikinya silakan unduh di Play Store atau di Google Play.

3. Matikan Aplikasi Aktif di Background

Saat smartphone tidak digunakan tetapi masih hidup, terkadang ada aplikasi aktif yang berjalan di latar belakang atau background.

Ini penyebab ponsel Asus mudah panas padahal Anda tidak terlalu sering menggunakan perangkat.

Anda tidak perlu menghapus aplikasi yang berjalan. Tetapi cukup mengatur notifikasi otomatis menjadi manual. Fitur ini bisa diubah secara langsung di dalam tool setting.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi seperti Greenify untuk mengontrol aplikasi mana saja yang boleh aktif di latar belakang.

4. Matikan Data Seluler Jika Jaringan Sedang Error

Cara mengatasi Android cepat panas yang ke empat adalah mematikan data seluler jika jaringan sedang error. Karena jika tetap aktif, fitur ini akan terus mencari koneksi sekalipun perangkat tidak dipergunakan.

Oleh sebab itu, periksa jaringan internet di android. Jika dirasa sedang gangguan dan sinyal-nya buruk lebih baik non aktifkan data seluler untuk sementara waktu. Silakan dihidupkan kembali jika koneksi sudah membaik.

5. Jangan Memasang Widget Berlebihan

Sama dengan aplikasi, widget juga bisa membuat ponsel Asus overheat. Karena akibat fitur ini selain kapasitasnya memenuhi memori, cache dan file junk di dalamnya berpotensi menumpuk di dalam HP.

Oleh sebab itu, silakan pasang fitur widget sewajarnya saja. Minimal yang memang dibutuhkan untuk mendukung kinerja ponsel.

6. Matikan Ponsel Saat Sedang Dicas

Cara mendinginkan hp asus cepat panas

Cara mengatasi Hp Asus cepat panas selanjutnya ialah matikan ponsel saat charging. Kebiasaan menggunakan hp saat sedang dicas bisa membuat perangkat cepat panas.

Bahkan komponen baterai bisa mengalami overheat yang membuat dayanya berkurang.

Oleh sebab itu, matikan terlebih dahulu jika smartphone akan di-charge. Karena selain komponennya lebih awet juga mencegah terjadinya korsleting yang berbahaya.

7. Jangan Terlalu Lama Bermain Game

HP apapun jika sering digunakan untuk bermain game pasti cepat panas. Bahkan jika kapasitas permainannya besar juga bisa memberatkan memori.

Maka dari itu, silakan pakai ponsel untuk bermain game asallan tidak berlebihan. Jika sekiranya HP tidak memiliki spesifikasi yang bagus mending gunakan untuk pekerjaan yang lebih bermanfaat.

Smartphone Asus bisa digunakan dalam waktu lama asalkan komponen di dalamnya tidak bermasalah. Maka dari itu, untuk mencegah hp kepanasan silakan terapkan cara mengatasi HP Asus yang cepat panas yang sudah dijelaskan di atas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *