Cara Ampuh Mengatasi Gagal Flashing HP Samsung

Melalui artikel ini, saya akan menjabarkan tentang beberapa solusi yang bisa anda coba ketika mengalami masalah gagal flashing HP Samsung ketika flash ulang dengan Odin.

Jika anda sedang mengalami masalah gagal flash ulang firmware Samsung via Odin, maka simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui tips-tips apa saja yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gagal flashing.

Seperti yang kita tahu, bahwa flashing HP Samsung adalah tindakan untuk menginstall ulang firmware sebuah pada ponsel Samsung.

Untuk melakukan flash ulang HP Samsung, biasanya para teknisi menggunakan software Odin. Tentunya PC atau komputer Windows dibutuhkan untuk menjalankan software ini ya.

Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan beberapa sobat, terkait solusi untuk mengatasi gagal flashing ketika flash ulang samsung menggunakan Odin.

Ada banyak penyebab kenapa flashing bisa gagal, diantaranya adalah:

  1. File firmware corrupt atau rusak.
  2. Alat atau tools tidak memadai.
  3. Salah pilih firmware.
  4. USB Driver bermasalah.
  5. Dan lain sebagainya.

Untuk solusinya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mengatasi Flashing Gagal di HP Samsung

Cara mengatasi gagal flashing hp samsung

source: pixabay.com

Berikut ini tips ampuh yang bisa anda coba untuk mengatasi gagal flashing ketika flash ulang firmware Samsung via Odin.

1. Pastikan Firmware Sesuai

Salah satu penyebab kenapa flashing bisa gagal biasanya disebabkan karena salah dalam memilih firmware. Pastikan anda sudah tepat dalam memilih firmware, pilih firmware yang sesuai dengan model number HP Samsung yang akan diflashing.

Misalnya anda mau flashing Samsung A03, yang mana smartphone ini memiliki model number SM-A035F. Maka pastikan firmware yang anda pilih juga merupakan tipe SM-A035F. Jangan sampai salah pilih ya.

2. Pastikan File Firmware Tidak Corrupt

File corrupt juga merupakan salah satu penyebab gagal flash Hp samsung. Pastikan saat mengunduh file fimrware, gunakan koneksi yang kencang agar tidak ada kesalahan, dan pastikan kamu mengunduh di situs firmware Samsung terpercaya.

3. Pastikan Alat Sudah Oke

Dalam melakukan flashing, kita membutuhkan alat seperti Komputer/PC Windows dan Kabel USB. Dalam kebanyakan kasus, masalah gagal flashing biasanya disebabkan oleh kabel USB yang rusak atau goyang saat proses flashing.

Jika flashing gagal karena masalah ini, coba ganti kabel USB dengan yang lebih bagus, dan pastikan periksa port USB, jangan sampai goyang saat proses flashing.

4. USB Driver Tidak Terinstall

USB Driver merupakan komponen penting sebelum melakukan flashing. USB Driver berfungsi agar HP Samsung terdeteksi pada Odin di komputer atau PC.

Jika USB Driver belum terinstall dengan benar, maka HP Samsung tidak akan terdeteksi dan flashing tidak akan bisa berjalan. Pastika anda sudah menginstall USB Driver dengan benar.

5. Masalah Pada Software Odin

Software Odin yang sudah usang juga bisa menjadi penyebab flashing gagal. Pastikan untuk memperbarui Odin ke versi terbaru agar bug pada versi sebelumnya sudah diperbaiki.

Tak hanya sampai disitu, pastikan juga anda sudah menjalankan software Odin sebagai Run as administrator.

Akhir Kata

Nah, itu dia tips ampuh yang bisa anda coba untuk mengatasi gagal flashing HP Samsung dengan Odin. Bila tips-tips di atas masih juga belum berhasil, maka kemungkinan besar masalahnya terletak pada ponsel itu sendiri.

Jika belum berpengalaman, sebaiknya bawa ke servis center atau kang servis kepercayaan anda, jangan diutak-atik sendiri.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.