Cara Mengatasi Gagal Update ROM Xiaomi (Can’t Verify Update), 100% Work!

Pernahkah anda saat akan mengupdate ROM via OTA malah muncul notif Can’t Verify Update atau Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan pada hp Xiaomi? Banyak pengguna hp Xiaomi yang mengalami masalah gagal update ROM via Updater/OTA ini.

Solusi Can't Verify Update Redmi 4X

Tentunya ini sangat menyebalkan. Maka dari itu saya selaku admin Androdot.Net akan memberikan cara mengatasi masalah can’t verify update atau tidak dapat verifikasi pembaruan saat update ROM Xiaomi via OTA/updater.

Ada banyak penyebab gagal update ROM Xiaomi via OTA/updater ini. Diantaranya adalah..

Penyebab Gagal Update ROM Xiaomi via OTA/Updater (Muncul Notif Can’t Verify Update)

1. HP Xiaomi Menggunakan ROM Distributor

Hampir semua orang tau, bahwa hp xiaomi garansi distributor itu menggunakan ROM abal-abal. ROM distributor ini adalah ROM official yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk tujuan tertentu.

Biasanya, ROM distributor ini ciri-cirinya yaitu:

  • Versi MIUI lebih dari 4 digit. Contoh: V9.2.6.0.0. Biasanya ROM asli Xiaomi hanya 4 digit saja, tidak lebih dari itu.
  • Pada ROM distributor sering muncul iklan yang menganggu, dan waktu muncul nya pun kadang tiba-tiba dan di mana saja.
  • Banyak aplikasi bloatware yang gak jelas.
  • Saat unlock bootloader xiaomi selalu gagal.
  • Dan terakhir tidak dapat update via OTA. Karena kode bentukan versi MIUI nya sering ngawur. Inilah salah satu penyebab gagal update ROM via OTA/updater.

Penjelasan lengkap tentang ROM distributor bisa anda baca disini: Perbedaan ROM MIUI Global Stable, Developer dan ROM Abal-Abal (Distributor).

2. Koneksi Tidak Stabil

Alasan kedua munculnya notif error Can’t Verify Update atau Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan adalah masalah koneksi internet anda.

Karena sebelum update via OTA, aplikasi updater akan menyuruh anda untuk mendownload file update ROM yang cukup besar. Biasanya sekitar 600 MB-1 GB lebih (kalau update ROM besar-besaran).

Nah jika koneksi tidak stabil, maka akan mengakibatkan file ROM yang anda download mengalami Corrupt/rusak. Hal ini berimbas pada file ROM MIUI tidak dapat verifikasi pembaruan.

3. Memori Internal Penuh

Alasan ketiga yaitu memori penyimpanan (internal) di ponsel anda sudah penuh. Jadi jika saat mendownload file update lalu memori internal penuh, maka akan menyebabkan proses download terhenti dan mengakibatkan file update tersebut corrupt dan tidak dapat digunakan untuk update.

Maka dari itulah muncul pesan error Can’t Verify Update/Tidak dapat verifikasi pembaruan.

Nah setelah mengetahui penyebabnya, mari kita masuk ke dalam pembahasan utamanya, yaitu cara mengatasi can’t verify update yang menyababkan gagal update MIUI via OTA.

Cara Mengatasi Gagal Update ROM MIUI via OTA (Can’t Verify Update)

Tutorial di bawah ini terdiri dari 3 metode dalam mengatasi masalah Can’t Verify Update/Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan. Cara di bawah ini bisa diterapkan pada semua versi MIUI, termasuk versi MIUI 8 dan MIUI 9.

Catatan: Mulai MIUI v9.2, aplikasi updater letaknya pindah ke menu Setting > About Phone > System updater.

Metode 1: Cara Mengatasi Gagal Update MIUI: Download Ulang File Update

Salah satu penyebab gagal update ROM MIUI yaitu karena koneksi internet yang tidak stabil yang mengakibatkan file ROM menjadi corrupt.

Dalam metode pertama ini, solusinya adalah dengan mendownload ulang file update ROM tersebut melalui aplikasi Updater. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Sebelumnya, hapus dulu ROM yang sudah didownload di Memori Internal > downloaded_rom
  • Setelah itu coba download ulang lewat aplikasi Updater. Usahakan download menggunakan koneksi Wi-Fi. Jika ingin mendownload menggunakan data seluler, pastikan koneksi nya stabil. Jangan download saat jam-jam padat.
  • Saat proses download ulang sebaiknya diamkan ponsel anda sampai proses download benar-benar selesai 100%.
  • Jika Tombol Perbarui/Download akan berubah menjadi tombol Reboot/Mulai ulang sekarang, itu artinya anda sudah bisa mengatasi can’t verify update.

Cara Mengatasi Error Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan Redmi

  • Proses reboot memakan waktu cukup lama. Jadi pastikan baterai anda di atas 50% untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Metode 2: Mengatasi Gagal Update ROM Xiaomi Dengan Cara Update Manual

Jika sudah mencoba metode 1 tapi masih tetap gagal, mungkin anda harus mencoba metode 2 ini, yaitu dengan cara update ROM MIUI secara manual.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Silahkan hapus terlebih dulu ROM yang sebelumnya sudah didownload di Memori Internal > downloaded_rom
  • Selanjutnya download ROM Update secara manual di: https://en.miui.com/download.html
  • Lalu pilih ROM sesuai tipe hp anda, pastikan anda memilih yang versi Stable. Saat mendownload, saya sarankan menggunakan PC/Laptop untuk menghindari file corrupt.
  • Jika sudah didownload, sekarang ganti nama/rename file .zip tersebut menjadi: update.zip lalu pindahkan ke memori internal hp anda.
  • Sekarang buka aplikasi Updater, pilih menu (3 titik di pojok kanan atas) lalu Pilih Paket Pembaruan (Choose update package).

Cara Mengatasi Can't Verify Update di Xiaomi Redmi

  • Pilih file manager, lalu cari file update.zip yang sebelumnya sudah diletakkan pada memori internal.

Metode 3: Mengatasi Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan Dengan Cara Flash Ulang

Jika dua metode yang saya jelaskan diatas tetap tidak bisa mengatasi error Can’t Verify Update/Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan dan tetap gagal update ROM MIUI, maka jalan terakhir adalah dengan flash ROM tersebut menggunakan Mi Flash Tool (butuh PC/Laptop).

Cara ini cukup ampuh mengatasi error Can’t Verify Update/Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan yang menyebabkan gagal update MIUI via Updater.

Cara flash ROM ini menggunakan software Mi Flash Tool, dan tentunya ada memerlukan PC/Komputer agar bisa menjalankan nya. Selain itu, ponsel anda harus berada dalam fastboot mode jika ingin melakukan flashing via Mi Flash Tool.

Saya tidak akan membahas caranya di sini, karena cukup panjang jika dibahas.

Saya akan membuatkan artikel nya lain kali. Untuk sementara anda bisa cari di google mengenai cara flasing ROM MIUI via Mi Flash Tool.

Atau kalau minim alat, anda bisa minta bantuan teknisi HP di konter-konter terdekat untuk melakukan update pada ponsel Xiaomi anda.

Nah itulah ketiga metode cara mengatasi Tidak Dapat Verifikasi Pembaruan/Cant Verify Update yang mengakikatkan gagal update ROM Xiaomi via OTA.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda menyelsaikan masalah error Can’t Verify Update ini.

Jika berkenan, saya ingin anda membagikan artikel ini kepada orang-orang yang memiliki masalah gagal update ROM Xiaomi. Dengan adanya artikel ini saya berharap mereka bisa terbantu mengatasi masalahnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *