Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy A10 Reboot Terus

Yang namanya smartphone pasti tak bisa bebas 100% dari masalah. Baru-baru ini, tak sedikit pengguna Samsung Galaxy A10 yang mengalami masalah reboot terus.

Masalah reboot atau restart sendiri di HP Samsung Galaxy A10 ini ternyata masalah yang cukup umum terjadi.

Jika anda juga salah satu orang yang mengalami masalah restart sendiri terus menerus di HP Samsung Galaxy A10, maka simak terus artikel ini sampai selesai karena saya akan jelaskan solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

Apa Penyebab HP Samsung A10 Reboot Terus?

Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy A10 Reboot Terus

source: pixabay.com

Masalah HP Samsung Galaxy A10 yang reboot sendiri terus menerus ini bermacam-macam penyebabnya, diantaranya yakni:

Misalnya seperti kasus yang dialami oleh teman saya berikut ini.

Masalah ini berawal ketika teman saya yang memakai Samsung Galaxy A10 melakukan update pembaruan. Ketika ada update tersebut, teman saya langsung melakukan update tanpa perlu pikir panjang, tanpa perlu tanya2 di grup terlebih dahulu.

Singkat cerita, update pembaruan sistem selesai. Penggunaan setelah itu kelihatan normal2 saja. Tapi beberapa hari setelah itu ponsel Samsung Galaxy A10 suka restart sendiri.

Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini saya jelaskan tips-tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi HP Samsung Galaxy A10 restart sendiri.

1. Lakukan Reset Ulang

Kita semua sudah tahu bahwa reset pabrik bisa mengatasi masalah ringan pada ponsel, salah satunya yakni Samsung Galaxy A10 yang reboot terus. Cara reset Samsung Galaxy A10 ini cukup mudah, ikuti tutorianya berikut ini.

  1. Pertama, matikan HP Samsung A10.
  2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan sampai masuk ke recovery mode. Pada mode recovery ini, gunakan tombol volume untuk naik turun dan tombol power untuk klik OK.
  3. Setelah masuk ke recovery mode, kemudian pilih menu Wipe data/factory reset > Factory data reset.
  4. Lalu balik ke menu awal mode recovery, selanjutnya pilih Wipe cache partition.
  5. Setelah langkah di atas selesai, silahkan pilih Reboot system now.

2. Lakukan Flashing

Jika hard reset dan wipe cache partition masih belum bisa mengatasi HP Samsung Galaxy A10 yang restart sendiri, maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan yakni flash ulang dengan PC/Komputer.

Terlebih lagi jika masalahnya disebabkan karena update oembaruan sistem, maka sudah bisa dipastikan bahwa melakukan downgrade ke versi sebelumnya dengan flashing via Odin bisa menjadi solusi yang ampuh.

Karena tutorial flashing cukup panjang, maka silahkan baca tutorialnya dalam artikel ini: Cara Flash Samsung A10 (SM-A105G) via Odin.

3. Bawa ke Service Center

Sudah reset pabrik dan flashing, tapi masalah reboot terus di HP Samsung A10 tak kunjung teratasi? Maka solusi yang paling terakhir yakni dengan membawa HP ke tukang servis.

Sangat disarankan untuk membawa nya ke Service Center Resmi Samsung. Jika HP masih dalam masa garansi, maka sebaiknya lakukan klaim garansi biar tidak terkena biaya.

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy A10 Reboot Terus. Semoga artikel ini bermanfaat dalam mencerahkan anda yang ingin mengatasi masalah restart sendiri di HP Samsung A10.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *