Inilah 7 Cara Ampuh Mengatasi HP Xiaomi yang Lemot

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan beberapa tips yang bisa anda coba untuk mempercepat HP Xiaomi yang lemot dan lelet.

Nah, bagi anda yang ponsel Xiaomi nya sudah mulai lemot, cepet panas, ngehang dan suka ngelag, maka anda patut mencoba beberapa tips yang dijelaskan dalam artikel ini.

Hape lemot memang kerap menjadi momok menakutkan, terutama bagi user ponsel Xiaomi jadul keluaran 2018 ke bawah, misalnya: ponsel Redmi Note 4, Redmi 3, Redmi 5A, Redmi 6 dan HP Xiaomi jadul lainnya.

Karena tidak semua orang punya uang yang cukup untuk membeli HP Android murah berkualitas, maka tak sedikit yang memilih untuk memutar otak agar gimana caranya mengatasi HP Xiaomi yang lemot tersebut.

Walaupun tidak mengatasi masalah secara permanen, memang ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi HP Xiaomi yang lemot. Simak caranya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Xiaomi yang Lemot dan Lelet

Seperti yang dilansir dari situs tipstekno.com, berikut ini beberapa tips ampuh untuk memperbaiki smartphone Xiaomi yang lemot. Cara ini work untuk semua seri Xiaomi, seperti seri Redmi, POCO, Mi, Mi Pad dan lain sebagainya.

1. Hapus Cache yang Menumpuk

Cache yang menumpuk terlalu banyak dan jarang dihapus merupakan salah satu penyebab kenapa HP Xiaomi gampang lemot dan suka ngelag.

Maka dari itu, menghapus cache secara rutin setiap hari adalah hal yang perlu kamu lakukan untuk mempercepat kinerja ponsel Xiaomi.

Cara membersihkan cache di HP Xiaomi pun cukup mudah, kamu hanya perlu pergi ke menu Security > Cleaner > lalu bersihkan cache aplikasi tersebut dalam satu kali klik.

Sangat gampang dilakukan, dan melakukannya setiap pagi merupakan hal wajib untuk menjaga agar HP Xiaomi menjadi ringan.

Atau jika anda ingin membersihkan cache aplikasi satu persatu, anda bisa pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > cari aplikasi yang ingin dihapus cache nya dan klik “Clear cache“.

cara membersihkan cache hp xiaomi

2. Bersihkan Aplikasi yg Berjalan di Latar Belakang

Ketika kita membuka sebuah aplikasi, aplikasi tersebut biasanya akan tetap berjalan di background (latar belakang) jika anda tidak menutup aplikasi tersebut secara paksa atau melakukan clear di recent app.

Jika semakin banyak aplikasi yang dibuka, maka cache aplikasi yang berjalan di background akan semakin menumpuk, membuat beban kerja pada RAM dan membuat HP lemot, terlebih lagi pada HP Xiaomi kentang dengan RAM kecil.

Maka dari itu, sangat penting bagi anda untuk membersihkan RAM dari daftar recent apps secara rutin, dengan demikian RAM akan berfokus pada aplikasi yang saat ini dijalankan saja.

3. Restart Smartphone

Cara mengatasi HP Xiaomi lemot

Credit: JESHOOTS-com on Pixabay

Cara ketiga untuk mempercepat HP yang lemot yakni dengan melakukan restart HP Xiaomi. Restart merupakan tindakan untuk memulai ulang smartphone, biasanya restart dilakukan ketika HP mulai lemot, lag, dan sering ngadat.

Walaupun begitu, restart tidak bisa menjadi solusi permanen karena si lemot akan selalu kambuh lagi.

4. Hapus File Sampah

Memori Penuh di HP Xiaomi juga bisa menjadi penyebab HP Xiaomi yang suka lelet dan ngelag. Cobalah untuk menghapus file-file yang tidak dibutuhkan lagi atau memindahkannya ke Cloud Storage atau penyimpanan eksternal.

5. Hapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Cara mengatasi hp redmi lemot

source: pixabay.com

Sama dengan tips nomor 5, bedanya ini aplikasi. Jika di smartphone Xiaomi anda terdapat aplikasi yang jarang dipakai, lebih baik menghapusnya sekalian agar memori menjadi lega.

Terlebih jika aplikasi tersebut suka berjalan otomatis (auto start) di background, maka anda wajib menghapusnya jika memang aplikasi tersebut tidak pernah digunakan.

6. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Terkadang HP yang lemot saat buka aplikasi itu disebabkan oleh aplikasi itu sendiri gang memang tergolong aplikasi berat.

Oleh karena itu, jika aplikasi trsebut punya versi Lite, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan versi Lite tersebut alih-alih versi umum nya.

Aplikasi populer seperti facebook, twitter, tiktok, messenger dan lain sebagainya sudah mempunyai versi lite.

Aplikasi lite tersebut punya ukuran kecil dan sangat ringan dijalankan, karena memang dirilis untuk HP kentang yang memiliki RAM dan memori kecil, seperti HP Xiaomi Redmi 4A, Redmi 5 dan ponsel jadul lainnya.

7. Reset HP Xiaomi ke Setelan Pabrik

Cara mempercepat hp xiaomi ngelag dan lemot

source: pixabay.com

Ketika anda sudah melakukan semua 6 cara di atas tapi ponsel Xiaomi masih saja lemot dan suka ngadat, maka cara terakhir yakni dengan melakukan reset HP Xiaomi ke pengaturan pabrik.

Dengan melakukan reset pabrik, maka HP akan kembali ke settingan pabrik dan akan terasa seperti baru. Tentu saja semua file dalam memori internal akan terhapus setelah reset, jadi pastikan kamu melakukan backup data terlebih dahulu sebelum reset ulang.

Reset memang terkenal ampuh dalam mengatasi berbagai masalah ringan pada smartphone, seperti lemot dan ngelag.

Akhir Kata

Demikianlah 7 tips yang bisa anda coba untuk mengatasi HP Xiaomi yang lemot. Semoga artikel ini bermanfaat bagi user HP Xiaomi kentang yang sedang bertarung melawan masalah HP lemot dan ngelag.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *