Ini 13 Cara Mengatasi Lag Di Mobile Legend, Anti Ping Merah & Patah-Patah

Jika anda sering mengalami lag saat bermain game Mobile Legend, maka anda perlu membaca beberapa teknik tentang bagaimana cara mengatasi lag mobile legend yang akan saya jabarkan dalam artikel ini. Saya tau, lag adalah hal yang paling menjengkelkan.

Maka dari itu saya buatkan artikel khusus untuk player Mobile Legends tentang cara agar main Mobile Legend tidak lag dan patah-patah, beserta beberapa saran aplikasi anti lag untuk main Mobile Legends agar sinyal dan koneksi stabil.

Anda pasti bisa hilang kesabaran kalau pas seru-serunya war malah lag atau saat main ML patah-patah, pasti ngeselin ya? Hp bisa-bisa dibanting sebagai bentuk pelampiasan.

Bahkan mungkin bagi player ML, main game lalu kena lag itu rasanya lebih menjengkelkan ketimbang pas jalan sendirian lihat mantan berduaan dengan pasangan baru. Ingin menelan bata rasanya.

Tapi jangan khawatir, berikut ini akan diulas secara tuntas bagaimana cara mengatasi lag saat bermain Mobile Legend (ML), sehingga tidak menghambat aktivitas push rank anda dan bisa cepat menaikkan rank Mobile Legends sampai Mythic.

Begini Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends (MLBB) Agar Main Jadi Auto Win

1. Mematikan Fitur Hemat Baterai

Saat bermain game online seperti Mobile Legends, memang ada beberapa yang menyarankan untuk menghidupkan fitur hemat baterai.

Namun tahukah Anda? Ternyata ketika fitur hemat baterai diaktifkan, malah memicu terjadinya lag. Masalahnya adalah karena kekuatan jaringan smartphone akan berkurang karena pembatasan performa smartphone saat fitur hemat baterai aktif.

Nonaktifkan Battery Saver Agar Tidak Lag Saat Main ML

Padahal main Mobile Legends butuh jaringan yang stabil. Jadi, agar tidak lag saat bermain Mobile Legends, matikan saja fitur hemat baterai.

2. Aktifkan Speed Mode Di Pengaturan Mobile Legends

Fitur Speed Mode bisa Anda temukan dalam menu setting di Mobile Legends sendiri. fitur ini akan menambah kekuatan jaringan sehingga ketika main Mobile Legends tidak akan lag.

Hanya sayangnya Anda harus siap kehilangan kuota banyak jika memilih opsi ini, karena penggunaan data akan jadi 2x lipat lebih boros.

Cara setting di Mobile Legends agar bisa mengaktifkan speed mode ini mudah saja. Lihat caranya di bawah ini.

  • Pertama login ke game ML, lalu pilih icon gear (setting) di bagian kanan atas.
  • Pada bagian Basics, silahkan gulir ke bawah sampai ke bagian Network Settings, anda akan menemukan pengaturan speed mode seperti gambar di bawah ini.

Mengaktifkan Fitur Speed Mode Agar Ping Kecil

  • Setelah itu pencet ON untuk mengaktifkan speed mode di Mobile Legends.

3. Gunakan Jaringan Yang Stabil

Pandai-pandailah memilih provider penyedia jaringan internet yang paling bagus di daerah Anda. Cek operator mana yang sinyalnya paling stabil, itulah yang harus Anda pilih jika ingin lancar saat bermain ML.

Misalnya ya, di daerah saya sering lag saat menggunakan kartu 3 (Three), maka saya ganti ke kartu axis agar tidak lag. Bisa jadi kartu three di daerah lain malah lancar saat main ML.

Begitu juga dengan kartu lain seperti telkomsel, indosat, smartfren, dan lain sebagainya. Intinya gunakan provider yang memiliki kekuatan sinyal dan koneksi terbaik di daerah anda. Karena tidak semua kartu sinyalnya bagus semua dalam satu tempat.

Jika Anda main game di warnet ataupun titik-titik penyedia WiFi gratis, pastikan memperoleh tempat penyedia WiFi yang paling lancar.

Tapi sebaiknya hindari bermain Mobile Legends saat koneksi Wi-Fi sedang overload atau banyak yang login, karena koneksi akan terbagi-bagi.

4. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Opsi selanjutnya adalah memanfaatkan aplikasi agar tidak lag saat bermain Mobile Legend, yaitu aplikasi penguat sinyal atau biasa saya sebut aplikasi anti lag Mobile Legends. Aplikasi ini akan memaksimalkan daya tangkap sinyal yang masuk ke smartphone Anda.

Ada banyak pilihan aplikasi penguat sinyal yang bisa membantu Anda.

Ada WiFI Manager buatan Kostya Vasilyev. Aplikasi ini sangat ringan karena hanya sebesar 1,19 MB.
Pilihan lainnya adalah Wifi Signal Booster + Extender yang dibuat oleh TechDevloppers. Meskipun besar aplikasinya hanya 2.60 MB, tapi manfaatnya sangat terasa.

Pilihan selanjutnya adalah menggunakan aplikasi Network Master besutan LIONMOBI. Meskipun kapasitasnya terbilang cukup kecil, yaitu hanya 6 MB, namun aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta orang.

Dan, cara mengatasi lag di ML bisa juga dengan menggunakan aplikasi WiFi Master Pro and Fast Tools dari WiFi Master. Silakan dicoba antara 5 aplikasi tadi mana yang paling nyaman Anda rasakan.

Atau anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang kumpulan aplikasi untuk menstabilkan koneksi/ping saat main Mobile Legends.

5. Nonaktifkan Aplikasi Tidak Berguna yang Berjalan di Background

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan Lag di Mobile Legends adalah dengan mematikan semua aplikasi yang berjalan secara background alias latar belakang.

Aplikasi-aplikasi yang berjalan di background ini sering membuat boros RAM, menyita sinyal, sehingga performa permainan game jadi tidak maksimal. Untuk mengalokasikan semua daya RAM ke game ML, maka aplikasi-aplikasi tidak berguna yang berjalan di background harus dimatikan.

Apalagi jika RAM HP anda cuma 1 GB, pastinya nyesek banget ya? Tapi jangan semua aplikasi dimatikan, cukup matikan aplikasi yang tidak dibutuhkan saja.

Cara mematikan aplikasi latar belakang di smartphone caranya bervariasi, tergantung setting hp kalian masing-masing.

Kalau di HP saya, caranya bisa ke menu setelan/settings lalu sentuh dan scroll ke bawah. Tap pada pilihan About Phone/Tentang Ponsel. Selanjutnya seret ke bawah dan temukan bagian Versi Kernel/Kernel Version. Tap 4 kali pada bagian tersebut agar menu Developers Option/Opsi Pengembang terbuka.

Setelah di menu Developers Options, carilah fitur Background Process Limit/Batasi Proses Latar Belakang. Biasanya ada di bagian bawah.

Cara Agar Main Mobile Legend Tidak Patah-Patah

Selanjutnya tap pada opsi tersebut, akan muncul pop up yang menampilkan opsi berapa aplikasi saja yang boleh berjalan secara background di smartphone.

Background Limit Process

Atau anda bisa menonaktifkan aplikasi yang berjalan di background secara manual.

Caranya pergi ke menu Settings, lalu pilih App lalu pilih tab Running (tiap HP mungkin beda letak menunya, tapi intinya sama saja).

Matikan Aplikasi Di Latar Belakang

Setelah berada di tab Running, matikan aplikasi apa saja yang tidak dibutuhkan. Atau jika tidak ingin ribet, baca cara nomor 6 di bawah ini.

6. Memakai Aplikasi Game Booster

Game Booster berfungsi untuk memaksimalkan kinerja ponsel pintar Anda saat bermain game. Dalam hal ini adalah untuk main Mobile Legends. Banyak pilihan aplikasi game booster terbaik untuk main Mobile Legends dan game online lainnya.

Misalnya Systweak Android Cleaner, GameBooster 3, Cache Cleaner-DU Speed Booster, Dr. Booster – Boost Game Speed, Swift Gamer, dan lainnya. Anda bisa pilih salah satunya di Google Play Store.

Menggunakan aplikasi Game Booster tentunya akan membuat smartphone anda lebih lancar saat memainkan game, karena aplikasi ini akan membatasi background process pada sebuah smartphone.

Seperti yang sudah saya bahas pada nomor 5 diatas, terlalu banyak aplikasi yang berjalan di background akan membuat kinerja smartphone semakin berat, apalagi jika RAM HP cuma 1 GB, pasti main Mobile Legends jadi patah-patah.

Nah dengan menggunakan aplikasi game booster ini tentunya akan mematikan background process yang tidak dibutuhkan, sehingga main game akan lancar jaya tanpa lag.

Tapi jika spesifikasi HP anda lumayan bagus, seperti HP dengan ram 3 GB keatas, anda tidak perlu menggunakan gamebooster.

7. Mengubah Kualitas Grafik ke Opsi Rendah

Kualitas grafis Mobile Legends yang sangat bagus menuntut kinerja kartu grafis yang handal. Karena itulah jika spesifikasi smartphone Anda terbilang low-spek, RAM di bawah 2 GB, GPU cuma seadanya, processor cuma pas-pasan, cobalah untuk menurunkan grafis di game Mobile Legends.

Dengan bermain dalam grafis yang lebih rendah, diharapkan permainan bisa lancar karena game tidak terlalu berat.

Jangan pedulikan kata orang..

“Moba kok 8bit?”

“Moba kok grafik burik?”.

Kata-kata seperti itu cuma penyakit dan jangan didengarkan. Yang penting lancar dan tidak lag saat bermain Mobile Legends.

Cara mengganti kualitas grafik menjadi low/rendah di ML yaitu:

  • Silahkan login ke game Mobile Legends terlebih dahulu.
  • Selanjutnya sentuh ikon gigi (gear) alias menu setting yang berada di sudut atas kanan tampilan depan Mobile Legends, lalu akan muncul pengaturan seperti gambar di bawah ini.

Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends

  • Setelah masuk ke jendela setting/pengaturan, berilah centang opsi Low pada pilihan grafik seperti gambar di atas.

8. Jangan Bermain Sambil Charge

Bermain Mobile Legends Sambil Dicharge

Cara agar bermain Mobile Legend tidak lag atau patah-patah selanjutnya adalah menghindari main ML dalam posisi ponsel diisi daya nya. Dalam keadaan di-charge, ponsel selalu cepat panas.

Bermain Mobile Legends saat Hp panas pasti akan sering mengalami lag, contohnya seperti pada hp Lenovo A6000 saya.

Karena itu, istirahatkan smartphone ketika sedang di-charge. Lebih baik menunda hasrat main ML ketimbang lagi seru-serunya malah harus kalah akibat dari Hp yang lag.

9. Cari Lokasi Sekitar Anda yang Punya Sinyal Paling Kuat

Sinyal kuat adalah syarat nomor satu agar main Mobile Legends bisa lancar jaya tanpa lag. Karena itu carilah lokasi terbaik dengan sinyal terkuat.

Mungkin Anda bisa melakukan percobaan-percobaan dan penjajakan di sudut sebelah mana yang sinyalnya bagus. Misalnya jika di dalam kamar sinyalnya hanya 3 bar, cobalah pergi ke luar rumah, barangkali sinyal bisa full bar.

Bisa juga dengan mencoba beberapa titik WiFi, mana yang paling kuat dan stabil sinyalnya.

10. Pastikan Spek Hp Kuat/Kompatibel

Cek dulu apakah ponsel Anda mendukung atau kompatibel alias kuat untuk main ML. Adapun spek Hp yang paling lancar untuk main ML saat ini adalah yang memiliki RAM 3 GB, Didukung dengan prosesor quad core serta jaringan 4G yang stabil.

Untuk ukuran layarnya disarankan 5 inch. Nah, apakah smartphone Anda kompatibel?

Jika tidak, jangan kecewa, karena Mobile Legends masih bisa dimainkan pada Ram 1 GB dengan spek hp yang pas-pasan. Tinggal bagaimana anda setting hp agar tidak lag, bisa menggunakan gamebooster, setting low graphic, atau cara ekstrem yaitu menggunakan Gltools.

11. Ganti Jenis Jaringan

Rata-rata smartphone yang beredar telah menggunakan jaringan 4G. Namun jaringan ini juga sering mengalami overload dan mengkibatkan lag saat main game online, khususnya pada jam-jam sibuk.

Nah, cobalah beralih ke jaringan H+ atau 3G dengan mengaktifkan pilihan WCDMA Only saja di pengaturan jaringan pada smartphone anda.

Untuk mengganti jaringan, silakan tekan *#*#4636#*#* dari ponsel Anda. Maka akan muncul menu yang menampilkan beberapa pilihan.

Pilihlah “Informasi telepon 1” atau 2, intinya kartu yang Anda pakai untuk akses internet. Selanjutnya gulir ke bawah dan Anda akan menemukan pengaturan jaringan. Setelah memilih jaringan 3G ataupun WCDMA only, restart ponsel Anda.

Cara Lock Jaringan Ke H+

Atau lebih gampang setting di pengaturan pada menu pengaturan jaringan. Pilih kartu mana yang akan disetting, lalu pilih “Preffered network type” kemudian pilih yang paling cocok antara “Prefer LTE” atau “Prefer 3G

12. Bermain Di Jam Tertentu

Menghilangkan lag di Mobile Legends bisa juga dengan menyiasati jam main. Memilih jam main tertentu akan membuat Anda lebih leluasa mengakses sehingga lebih lancar. Terutama bagi Anda yang masih terbilang kurang pro dalam bermain dan selalu kalah, trik ini bisa Anda coba.

Untuk pagi hari, jam terbaik adalah antara pukul 05.00-08.00. Pada jam-jam ini anak-anak mulai berangkat sekolah, orang kantoran dan pekerja pun tidak sedang main game.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun ML Yang Dihack

Hanya saja mungkin Anda akan menjumpai lawan main yang masih terlalu lemah dan kurang memuaskan. Apalagi pada waktu jam 6 sampai jam 7 pagi itu rawan AFK (menurut pengalaman pribadi, banyak yang AFK pada jam-jam ini karena keburu berangkat sekolah/kerja).

Solusinya bisa dengan janjian mabar dengan kawan Anda. Untuk siang hari, jam main ML terbaik adalah antara pukul 12.00-14.00 di mana anak-anak pulang sekolah.

Pada jam ini adalah saat yang tepat untuk mabar full team atau bertiga, karena lawan yang akan anda temui kebanyakan bocah yang baru pulang sekolah.

Dan yang paling menantang adalah main malam hari mulai jam 23.00. Pada jam malam tersebut Anda akan menemukan lawan main yang lumayan tangguh, namun bisa Anda imbangi dengan tim anda yang pro juga.

Selain itu pada jam kalong ini, jaringan sudah tidak overload lagi sehingga main ML lebih lancar.

13. Restart Data Seluler Sebelum Bermain

Cara agar tidak lag saat main Mobile Legends bisa juga dengan me-restart data seluler Anda. Matikan dan hidupkan kembali data ponsel ataupun WiFi milik Anda.

Ini cara yang kelihatan sederhana namun penting untuk dilakukan.

Itulah 13 cara mengatasi lag di Mobile Legends yang bisa Anda coba. Terapkan cara-cara tersebut agar tidak lag saat main Mobile Legends.

Jika anda merasa artikel ini berguna, silahkan share artikel ini ke teman squad atau kawan mabar anda agar mereka bisa segera berbenah agar tidak lag terus.

Selamat bermain, kalau sudah sampai Mythical Glory kabari saya ya.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. pengguna google berkata:

    thanks infonya (manfaat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *