Ampuh! Ini Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile di Android

Udah hampir dapat Chicken Dinner, eh malah lag dan patah-patah? Siapapun pasti kesal jika mengalami hal seperti ini. Maka dari itu tidak sedikit orang yang mencari cara mengatasi lag saat bermain PUBG Mobile di Android.

Seperti yang kita tahu, bahwa game PlayerUnknown’s Battelground (PUBG Mobile) ini tengah naik daun akhir-akhir ini.

Sejak game ini dirilis pada awal 2018 yang lalu, PUBG Mobile semakin ramai dimainkan, bahkan kepopuleran nya menyamai Mobile Legends.

Karena game PUBG Mobile ini mengadopsi hampir keseluruhan serupa dengan versi PC, kualitas grafiknya pun sangat memukau.

Dengan kualitas grafik seperti ini, banyak pemain dengan “HP Kentang” mengalami lag dan patah-patah saat bermain PUBG Mobile.

Nah maka dari itu, dalam artikel ini saya akan berbagi cara mengatasi lag di PUBG Mobile agar lancar saat dimainkan.

Sebagian besar lag yang dialami pemain PUBG Mobile diantaranya disebabkan oleh:

  • Ada bug atau error dalam game itu sendiri.
  • Spesifikasi smartphone kurang memadai (alias HP Kentang).
  • Koneksi internet buruk.
  • Ponsel terlalu panas (mengalami overheat).
  • Memori RAM Penuh.
  • Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa tips anti lag PUBG Mobile yang bisa anda terapkan agar tidak lag & patah-patah saat bermain PUBG Mobile.

Cara Mengatasi Lag di PUBG Mobile

Cara Mengatasi Lag Saat Main PUBG Mobile

Untuk mengatasi lag saat bermain game PUBG Mobile, beberapa cara di bawah ini patut anda coba.

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Saat bermain game online seperti PUBG Mobile, menggunakan jaringan yang stabil adalah syarat wajib yang harus anda penuhi. Game bergenre Survival Battle Royal ini memainkan 100 pemain dalam 1 match.

Gak kebayang kan jika koneksi internet anda buruk dan tidak stabil?

Main Mobile Legends yang 5vs5 aja butuh koneksi yang stabil, apalagi bermain dengan 100 player di PUBG Mobile, koneksi internet yang bagus dan stabil sangat dibutuhkan disini.

Sangat disarankan menggunakan jaringan 4G saat bermain game ini, karena jaringan H+ atau 3G saja tidak cukup (karena ping akan tinggi). Selain itu, pilih provider yang memiliki sinyal bagus dan stabil di daerah tempat anda tinggal.

Ada beberapa cara untuk menstabilkan koneksi internet jika koneksi anda kurang stabil, anda bisa membaca cara menstabilkan koneksi internet (mengecilkan ping) saat main game online ini.

2. Pastikan Spesifikasi Smartphone Memadai

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi, game PUBG Mobile ini mengadopsi hampir keseluruhan fitur yang ada di versi PC. Kualitas grafiknya pun mirip dengan versi PC.

Maka dari itu, agar lancar saat bermain PUBG Mobile, pastikan smartphone anda memenuhi syarat spesifikasi minimum agar tidak lag dan sering force close saat main game PUBG ini.

Di bawah ini adalah spesifikasi minimum agar lancar saat bermain PUBG Mobile di Android.

CPU: Quad Core
Sistem Operasi: Android 5.1.1 Lollipop
RAM: 2 GB
Memori Internal: 1 GB

Itulah spesifikasi standar untuk memainkan PUBG Mobile di Android. Minimal smartphone anda harus memenuhi spesifikasi di atas.

Lebih bagus lagi jika spek smartphone anda melebihi syarat minimum di atas agar tidak lag saat main PUBG Mobile.

3. Atur Kualitas Grafis PUBG Mobile

Cara Setting PUBG Agar Tidak Lag

Dalam game PUBG Mobile ini anda bisa mengatur kualitas grafik. Semakin rendah settingan kualitas grafiknya, semakin lancar saat dimainkan.

Ini masih berhubungan dengan point nomor 2 di atas, jika smartphone anda memiliki spek pas-pasan, saya menyarankan agar mengubah setelan grafiknya ke tingkat paling rendah.

Jangan paksakan settingan grafik tinggi di smartphone dengan spek pas-pasan, maka akan menyebabkan lag dan patah-patah saat bermain PUBG Mobile.

Jika smartphone anda hanya memiliki RAM 2 GB, sangat disarankan mengubah settingan grafik ke tingkat terendah. Jika anda ingin mengubah settingan grafik ke tingkat High atau Ultra HD, pastikan smartphone anda mempunyai RAM minimal 4GB.

4. Masih Lag? Update Game PUBG Mobile

Jika game PUBG Mobile yang ada di ponsel anda bukan versi terbaru, sebaiknya lakukan update di Play Store. Dengan menjalankan versi terbaru, semua bug dan error di versi sebelumnya akan diperbaiki di versi terbaru.

Versi terbaru juga pasti ada penambahan fitur yang tidak terdapat pada versi lawas. Jadi segera lakukan update versi game PUBG Mobile agar bug lag bisa teratasi.

5. Jangan Charge HP Saat Main PUBG Mobile

Bermain game PUBG Mobile sambil ngecas smartphone adalah sebuah kesalahan. Tindakan ini dapat menyebabkan lag saat bermain PUBG Mobile.

Selain bisa menyebabkan lag, bermain game sambil nge-charge ponsel bisa mengakibatkan baterai cepat rusak, membuat kinerja ponsel menjadi buruk dan membuat ponsel cepat rusak.

Maka dari itu, sebaiknya hindari bermain game sambil dicas. Alangkah baiknya jika anda bermain PUBG Mobile saat baterai sudah penuh.

6. Gunakan Aplikasi Game Booster

Seperti namanya, aplikasi Game Booster ini berfungsi untuk memaksimalkan kinerja smartphone saat bermain game dengan kualitas tinggi seperti PUBG Mobile.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Game Booster akan menghentikan secara paksa aplikasi yang berjalan di background dan penggunaan RAM akan dialokasikan khusus untuk bermain PUBG Mobile saja.

Sangat cocok bagi anda yang memiliki smartphone dengan spek pas-pasan dan sering lag atau force close saat bermain PUBG Mobile.

Ada banyak pilihan aplikasi Game Booster yang tersedia di Play Store, anda bisa mencari sendiri disana.

7. Pilih Server Asia

Cara Mengatasi Lag di PUBG Mobile

Saat pertama kali menginstall PUBG Mobile, maka settingan default nya yaitu menggunakan server Amerika. Tentunya ini terlalu jauh karena kita tinggal di Indonesia, jadi anda harus mengubahnya ke server Asia.

Dengan memilih server Asia, ping akan menjadi hijau, ini artinya bagus. Berbeda dengan server Amerika atau Eropa yang berwarna kuning (artinya buruk).

Cara pindah server cukup mudah, klik bagian bawah tombol Mulai/Start, lalu pilih server Asia. Dengan memilih server Asia (karena kita tinggal di Indonesia), maka setidaknya akan mengurangi lag saat bermain PUBG Mobile.

8. Gunakan WiFi Saat Main PUBG Mobile

Jika koneksi internet anda buruk, anda bisa mencoba menggunakan WiFi. Rata-rata koneksi WiFi itu stabil dan bagus, sehingga kemungkinan besar lag akan hilang.

Tapi anda juga perlu pilih-pilih koneksi WiFi, karena tidak semua koneksi WiFi itu selalu stabil (terutama WiFi gratisan).

9. Tutup Aplikasi di Latar Belakang

Salah satu penyebab lag adalah memori RAM penuh, ini dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga membebani kinerja ponsel.

Anda harus rajin-rajin membersihkan “Recent Apps” agar RAM kembali longgar. Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan aplikasi Game Booster seperti yang sudah saya jelaskan di atas.

Alternatifnya, anda bisa menginstall aplikasi Greenify untuk mengatur aplikasi apa saja yang boleh berjalan di latar belakang.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends, Ampuh!

Nah itulah beberapa tips dan cara mengatasi lag di PUBG Mobile Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda mengatasi lag saat bermain PUBG Mobile.

Sebenarnya sih ada beberapa game yang mirip PUBG Mobile tapi offline, anda bisa mencobanya sebagai alternatif lain jika koneksi internet anda lag saat bermain PUBG Mobile.

Jangan lupa share artikel ini ke teman anda yang masih sering lag saat bermain PUBG Mobile agar mereka juga bisa merasakan Chicker Dinner ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *