Inilah Cara Ampuh Mengatasi Memori Penuh di HP Vivo

Cara Mengatasi Memori Penuh HP Vivo – Bagi kamu yang menggunakan HP Vivo dengan memori internal yang kecil, misalnya internal 16GB dan 32GB, saya yakin kamu pasti sering mengalami masalah ruang penyimpanan penuh di HP Vivo tersebut.

Untuk itulah, dalam artikel ini, saya ingin berbagi tentang beberapa tips dan cara untuk mengatasi memori internal penuh di HP Vivo agar ruang penyimpanan lega kembali.

Ada banyak tips yang akan saya sampaikan di bawah ini, jadi simak terus artikel ini sampai selesai agar tidak ada tips-tips yang terlewatkan ya.

Ruang penyimpanan yang tidak cukup memang menjadi masalah umum yang menghantui setiap pengguna smartphone, tak hanya pengguna HP Vivo saja.

Masalah ini kerap terjadi terutama pada ponsel yang hanya memiliki ruang penyimpanan yang kecil, seperti memori internal 16GB, 32GB dan bahkan yang memori internal 64GB pun sudah mulai terasa sesak.

Itulah kenapa, penting bagi kamu untuk meengetahui cara membersihkan ruang penyimpanan yang penuh di HP Vivo kesayangan kamu agar memori bisa lega kembali. Silahkan simak cara nya berikut ini.

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Vivo

Berikut ini tips dan cara yang bisa kamu coba untuk melegakan ruang penyimpanan yang sesak di HP Vivo. Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di bawah ini bisa diterapkan pada semua tipe HP Vivo, misalnya seperti Vivo Y81, Vivo Y12, Vivo Y53, Vivo Y71, Vivo Y91, Vivo Y15 dan semua HP Vivo lainnya.

Sekarang kita mulai dari tips yang pertama dulu ya.

1. Bersihkan Cache Setiap Hari

Cache aplikasi yang menumpuk seiring berjalannya waktu merupakan salah satu penyebab kenapa memori internal Vivo bisa penuh dan sesak, terutama di HP kentang yang hanya mempunyai internal 16GB dan 32GB.

Solusinya sederhana, cukup bersihkan saja cache yang menumpuk tersebut. Kamu bisa menghapus cache di HP Vivo secara manual dengan cara pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi > lalu cek satu-satu aplikasi mana yang cache nya menumpuk cukup banyak.

cara mengatasi memori penuh di hp vivo

Kalau tidak ingin ribet, kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CCleaner, Deep Clean dan lain sebagainya.

2. Uninstall Aplikasi yang Tidak Terpakai

Bagaimana cara membersihkan ruang penyimpanan hp vivo?

source: pixabay.com

Terlalu banyak aplikasi juga bisa menjadi penyebab kenapa storage HP Vivo cepat penuh. Maka dari itu, hapus atau uninstall saja aplikasi yang memang jarang digunakan. Dengan demikian, ruang memori internal bisa lega kembali.

3. Hapus Game yang Jarang Dimainkan

Sama seperti tips nomor 2 di atas, jika memang ada game yang jarang kamu mainkan di HP Vivo milikmu, maka kamu perlu menghapus game tersebut untuk menghemat ruang penyimpanan pada ponsel Vivo.

4. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Pada aplikasi populer seperti facebook, twitter, tiktok, messenger dan lain sebagainya, developer sudah menyediakan versi lite dari aplikasi tersebut. Aplikasi lite tersebut memang dirilis untuk HP kentang yang memiliki memori internal kecil.

Jadi, daripada menginstall versi umum nya, mending install versi lite saja, seperti Facebook Lite, Messenger Lite dll, agar bisa menghemat ruang penyimpanan di HP Vivo kamu. Metode ini juga merupakan cara ampuh dalam mengatasi memori Vivo penuh tanpa menghapus aplikasi tersebut.

5. Gunakan Memori Eksternal (SD Card)

Kenapa Storage Vivo cepat penuh

source: pixabay.com

Solusi mudah dalam mengatasi memori HP Vivo penuh yakni dengan membeli memori eksternal micro SD. Dengan memindahkan file penting ke microSD, maka akan mengurangi beban yang harus ditanggung oleh memori internal, membuat nya menjadi semakin lega.

6. Pindahkan File ke PC/Laptop

cara mengatasi memori penuh pada hp vivo

source: pixabay.com

Jika kamu memiliki komputer atau laptop, maka kamu bisa memindahkan file penting seperti video, foto, dokumen dan lain sebagainya ke penyimpanan di laptop atau PC. Jika kamu butuh file tersebut, maka kamu hanya perlu mengirimkan nya kembali ke HP Vivo dengan aplikasi shareit atau kabel USB.

Dengan demikian, kamu tak harus mengurangi beban memori internap HP Vivo yang mulai sesak.

7. Upload File ke Cloud Storage

cara mengatasi penyimpanan cepat penuh di hp vivo

source: pixabay.com

Cloud Storage (penyimpanan awan) merupakan alternatif bagi kamu yang tidak memiliki komputer atau PC untuk menyimpan data. Kamu bisa mengupload file seperti foto, mp3, video, dll ke layanan cloud storage untuk mengurangi ketergantungan memori internal Hp Vivo agar tidak penuh.

Cloud Storage ada banyak sekali, yang paling terkenal adalah Google Drive. Hanya dengan bermodal akun google saja, kamu sudah bisa mendapatkan penyimpanan cloud gratis sebesar 15GB yang tentunya bisa ditambah dengan langganan paket berbayar.

8. Reset HP Vivo ke Pengaturan Pabrik

Cara ke 8 ini merupakan langkah terakhir jika kamu tidak mau repot. Dengan melakukan hard reset HP Vivo, maka ponsel akan kembali ke pengaturan awal dan terasa seperti baru. Tentu saja, semua data dalam memori internal akan dihapus, dan aplikasi yang telah diinstall akan hilang.

Maka dari itu, silahkan lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset, seperti backup foto, video, dokumen, backup kontak HP Android dan file penting lainnya.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah tips dan cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi memori internal HP Vivo penuh. Semoga ke 8 tips di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin membersihkan ruang penyimpanan HP Vivo agar tidak sesak dan penuh.

Jika masih ada hal yang belum jelas, silahkan tanya saja di kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.