Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Xiaomi, Paling Mudah!

Cara Mengatasi Memori Penuh Xiaomi – Meskipun terdengar sepele, memori internal yang penuh di HP Xiaomi merupakan masalah yang cukup menyebalkan terutama bagi orang yang menggunakan ponsel Xiaomi yang hanya memiliki kapasitas ruang penyimpanan internal yang kecil, seperti memori internal 16GB dan 32GB.

Jika tidak segera diatasi, notifikasi “Ruang penyimpanan hampir habis” akan sering menghantui pengguna. Maka dari itu, dalam artikel ini AndroDot.net akan berbagi tips dan cara mengatasi memori internal penuh di HP Xiaomi.

Jadi pastikan baca terus artikel ini sampai selesai agar tidak ada tips dan cara yang terlewatkan ya. Karena cara yang saya share di bawah ini pasti bisa bermanfaat dalam mengatasi ruang penyimpanan hampir habis di Xiaomi.

Penyebab Penyimpanan Internal Penuh di Xiaomi

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi memori penuh di Xiaomi, saya ingin membahas beberapa penyebab kenapa ruang penyimpanan hampir habis terlebih dahulu.

Pada umumnya, memori internal yang penuh disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:

  1. Banyak aplikasi bloatware ataupun aplikasi yang jarang digunakan pada ponsel Xiaomi.
  2. Pengguna malas membersihkan cache, yang menyebabkan cache menumpuk seiring berjalannya waktu dan membuat memori kepenuhan.
  3. Terdapat file yang sudah tidak diperlukan lagi yang menumpuk di penyimpanan internal.
  4. Terdapat file sampah yang dihasilkan oleh aplikasi, misalnya seperti foto dan video dari WhatsApp, dan sejenisnya.
  5. Tidak menggunakan versi Aplikasi Lite, seperti Facebook Lite, Twitter Lite, dll.
  6. Terdapat game berat yang berukuran besar.

Dan lain sebagainya.

Itulah beberapa penyebab memori penuh di ponsel Xiaomi yang paling umum terjadi.

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh di HP Xiaomi

Sekarang karena kita sudah mengetahui penyebabnya, saatnya kita membahas gimana caranya agar penyimpanan tidak penuh di HP Xiaomi. Simak cara nya di bawah ini.

1. Bersihkan Cache yang Menumpuk

Cache merupakan salah satu penyebab mengapa memori cepat penuh di ponsel Xiaomi. Contohnya aplikasi sosmed seperti Facebook, jika kita selalu scroll beranda Facebook, maka cache akan cepat menumpuk sampai 300 MB lebih dan menyebabkan memori internal penuh.

Itu baru aplikasi FB saja, belum aplikasi lain seperti Youtube, Twitter, Tiktok, Chrome, dan lain sebagainya.

Satu-satunya solusi atas masalah ini yaitu dengan rajin membersihkan cache secara berkala setiap 2-3 hari sekali.

Cara Menghapus Cache di HP Xiaomi

Cara membersihkan cache di hp Xiaomi itu cukup mudah, silahkan pergi ke menu Pengaturan > Aplikasi terinstall > lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus cache nya (misalnya Facebook) > lalu klik “Clear Cache“.

cara mengatasi memori penuh di hp xiaomi

Jika kamu tak ingin repot menghapus cache aplikasi satu-persatu, maka kamu bisa menggunakan fitur pembersih cache di menu Security > Cleaner.

2. Hapus File Sampah di File Manager

Tak cukup hanya dengan menghapus cache HP Xiaomi saja, kamu juga harus menghapus file sampah tersembunyi di file manager untuk mencegah internal penuh di ponsel Xiaomi kamu.

Silahkan cari dan hapus file-file yang sudah tidak digunakan lagi, seperti video, audio, foto, dokumen dan lain sebagainya.

3. Hapus File Sampah yg Dihasilkan Aplikasi

Selain itu menghapus file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu juga perlu menghapus file-file sampah yang dihasilkan oleh aplikasi, misalnya WhatsApp.

Sebagai aplikasi chatting, WhatsApp ternyata bisa menjadi penyebab memori penuh di HP Xiaomi. Hal ini disebabkan karena WhatsApp menyimpan file seperti foto, video dan audio yang telah diunduh di penyimpanan internal.

Untuk menghapus file sampah yang dihasilkan oleh WhatsApp, silahkan ikuti cara ini:

  • Buka menu File Manager.
  • Cari folder WhatsApp > Media.
  • Lalu bersihkan satu-satu isi folder yang terdapat disana, seperti: WhatsApp Images, WhatsApp Video, WhatsApp Audio dan lain sebagainya.

4. Hapus Aplikasi yg Tidak Dibutuhkan

memori xiaomi penuh padahal aplikasi sedikit

source: pixabay.com

Bloatware atau aplikasi tak berguna yang sudah tidak dibutuhkan lagi merupakan salah satu sebab notif ruang penyimpanan hampir habis. Dengan melakukan uninstall pada aplikasi yang jarang dipakai, maka kamu bisa melegakan memori internal yang sesak di HP Xiaomi.

5. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Versi Lite merupakan versi yang lebih kecil dari sebuah aplikasi. Contohnya Facebook, di Google Playstore, ukuran apk aplikasi Facebook adalah 45 MB. Tapi pada versi Lite nya, yaitu aplikasi Facebook Lite, hanya memiliki ukuran 1.5 MB saja.

Sama halnya dengan Messenger Lite, Tiktok Lite, Twitter Lite, dll, semua aplikasi yang punya embel-embel “lite” memang mempunyai ukuran yang jauh lebih ringan ketimbang versi original.

Oleh karena itu, jika aplikasi original memiliki ukuran yang besar dan membuat penyimpanan sesak, maka solusi alternatif untuk mengatasi memori internal penuh di Xiaomi tanpa menghapus aplikasi tersebut yakni menginstall versi Lite dari aplikasi tersebut.

Tapi tolong diingat, bahwa tidak semua aplikasi ada versi Lite nya ya.

6. Pasang MicroSD Sebagai Memori Eksternal

cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis xiaomi

source: pixabay.com

Meski harus keluar uang, tapi cara keenam ini memang terbukti ampuh dalam mengatasi ruang penyimpanan internal yang habis pada ponsel Xiaomi.

Dengan membeli memori eksternal microSD dan memasangkan nya ke ponsel, maka kamu bisa memindahkan file dari memori internal ke microSD.

Dengan demikian, maka beban pada memori internal akan berkurang dan notif ruang penyimpanan hampir habis pasti akan hilang.

Btw, kamu juga bisa menjadikan microSD sebagai memori internal di Xiaomi juga lho.

7. Pindahkan File ke PC/Laptop

cara mengosongkan ruang tanpa menghapus aplikasi Xiaomi

source: pixabay.com

Cara nomor tujuh ini hanya bisa dilakukan jika kamu punya PC atau laptop. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa PC atau laptop memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar ketimbang HP.

Oleh karena itu, memindahkan sebagian file yang jarang dipakai lagi ke PC atau laptop merupakan solusi terbaik dalam membersihkan memori internal yang penuh di HP Xiaomi.

8. Simpan File ke Penyimpanan Cloud

cara mengatasi penyimpanan penuh di hp xiaomi

source: pixabay.com

Selain menyimpan di microSD atau PC, maka ada alternatif lain, yaitu memindahkan file ke Cloud Storage (Penyimpanan Online). Ini merupakan cara alternatif untuk menambah memori Internal di Xiaomi tanpa microSD.

Contoh Cloud Storage yang gratis adalah Google Drive. Hanya dengan bermodalkan akun google saja, kamu sudah bisa mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15GB di Google Drive. Jika merasa kurang, kamu juga bisa berlangganan untuk menambah kapasitas nya.

Alternatif lain selain Google Drive yaitu Dropbox, OneDrive, Mega, atau Terabox. Masing-masing memiliki paket gratis dimana kamu mendapatkan penyimpanan online secara gratis. Jika ingin menambah kapasitasnya, kamu bisa berlangganan paket berbayar.

Kekurangan Cloud Storage ini hanya satu, yakni kamu harus memiliki akses internet untuk mengakses file nya. Tanpa koneksi internet, maka kamu tidak akan bisa menyimpan atau mengakses file di Cloud Storage.

9. Reset Ulang ke Pengaturan Pabrik

Melakukan reset ulang HP Xiaomi adalah jalan terakhir jika memang 8 cara di atas belum cukup dalam mengatasi masalah memori penuh pada HP Xiaomi. Dengan melakukan reset, maka kamu bisa mengembalikan HP ke kondisi pabrikan dimana HP akan terasa seperti baru.

Tentu saja, semua file akan terhapus dan hilang setelah melakukan reset pabrik, jadi jangan lupa untuk melakukan backup data seperti backup kontak HP Android, backup foto, video, audio, dan file penting lainnya.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang cara membersihkan ruang penyimpanan internal yang penuh pada ponsel Xiaomi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang memori internal di HP Xiaomi nya sesak dan kepenuhan.

Perlu kamu ketahui bahwa cara mengatasi memori penuh di hp xiaomi di atas bisa diterapkan pada semua tipe HP Xiaomi, seperti Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi Note 4x, Redmi 5A, Redmi Note 5A, Redmi 6A, Redmi Note 7, Poco M3, dan semua model HP Xiaomi lainnya.

Jika masih ada yang belum jelas, jangan sungkan untuk bertanya di komentar ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.