Cara Mudah Memperbaiki Sinyal HP Android yang Sering Hilang

Anda tentu akan sepakat jika sinyal adalah elemen penting pada setiap smartphone yang Android. Ya, dengan adanya sinyal, maka komunikasi menggunakan smartphone akan bisa dilakukan. Anda juga bisa membuka layanan internet dan mencari berbagai macam informasi sesuka hati.

Lalu, bagaimana jika sinyal HP Android sering hilang? Tentu Anda pasti akan merasa bad mood, kesel dan sebagainya, bukan? Apalagi jika anda sedang bermain game online yang tidak bisa di-pause seperti Mobile Legends, mengalami lag saat bermain Mobile Legends bisa membuat beberapa pemain frustasi dan darah tinggi.

Sayangnya, masalah sinyal yang sering hilang ini termasuk salah satu masalah yang sering terjadi. Cukup banyak pengguna smartphone yang terganggu aktivitas komunikasi mereka karena sinyal yang tidak stabil ini.

Nah, pada kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana cara memperbaiki sinyal smartphone yang sering hilang tersebut.

Cara ini bisa diterapkan pada semua merk smartphone android seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Advan dan lain sebagainya. Penasaran? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Apa Saja Yang Menjadi Penyebab Sinyal HP Sering Hilang?

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi sinyal HP yang sering hilang, Anda harus tahu beberapa penyebab masalah ini. Dengan mengetahui penyebab sinyal yang sering hilang, tentu setidaknya Anda bisa melakukan pencegahan.

Nah, beberapa penyebab umum sinyal HP yang sering hilang diantaranya adalah..

  1. Posisi di luar cakupan jaringan.
  2. Faktor cuaca yang kurang mendukung.
  3. Masalah pada signal receiver HP.
  4. Adanya kerusakan pada hardware HP.
  5. Sedang ada perbaikan dari penyedia jaringan.
  6. Terjadi kesalahan flashing yang menyebabkan sinyal tidak mau muncul.

Beberapa masalah di atas harus diketahui dengan baik. Jika Anda sudah tahu penyebab dari masalah hilangnya sinyal HP tersebut tentu saja Anda tidak akan emosi mengetahui sinyal HP yang kurang stabil.

Cara Mengatasi Sinyal HP yang Sering Hilang-Timbul

Lalu, bagaimana cara mengatasi jaringan seluler yang tidak tersedia tersebut? Ada beberapa cara yang sebenarnya cukup mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Adapun beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut.

1. Mode Pesawat (Airplane Mode)

cara mengatasi jaringan seluler tidak tersedia

Cara yang pertama ini bisa dikatakan cukup efektif untuk mengatasi masalah sinyal HP yang sering hilang, yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. Ini juga cara yang cukup mudah yang bisa Anda lakukan. Cukup mengaktifkan mode pesawat selama beberapa saat kemudian matikan lagi mode tersebut.

Cara ini akan membuat ponsel mencari server jaringan yang lebih baik. Meskipun simple dan sangat mudah, cara ini terbukti cukup ampuh dan efektif. Nah, Anda bisa mencobanya untuk membuktikannya.

2. Reboot atau Restart HP

reboot hp untuk mengatasi sinyal hp hilang timbul

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan sinyal HP yang hilang yaitu dengan me-restart HP. Ini cara yang umum dilakukan oleh pengguna Android dan memang menjadi cara yang cukup efektif.

Kenapa restart HP bisa menjadi solusi? Hal ini dikarenakan restart akan mengembalikan HP pada kondisi semula yang fresh. Dengan demikian, masalah yang terjadi pada HP bisa hilang. Tentu, tidak hanya masalah sinyal!

3. Cek Pemasangan SIM Card

sim card terbaca tapi tidak ada sinyal

Disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab dari buruknya sinyal HP yang Anda miliki adalah adanya masalah pada penerimaan sinyal. Nah, barangkali, masalah pada penerimaan sinyal ini diakibatkan oleh pemasangan SIM yang tidak pas dan kurang presisi. Itu menjadi penyebab SIM Card terbaca tapi tidak ada sinyal.

Meskipun tampak kurang ilmiah, namun memang seringkali pengguna smartphone sering luput untuk memeriksa pemasangan SIM pada smartphone mereka. Pemasangan yang tidak tepat terkadang akan membuat SIM tidak terdeteksi dan sinyal juga tidak akan muncul.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah sinyal HP yang sering hilang ini, ada kalanya Anda perlu mengecek pemasangan SIM. Pastikan SIM terpasang dengan baik, terutama untuk Anda yang memotong SIM sendiri dengan ukuran yang tidak terlalu presisi.

Jika perlu, anda juga bisa mengetes SIM Card tersebut ke ponsel lain. Jika ternyata sinyal di ponsel lain muncul sedangkan di ponsel anda tidak muncul sinyal, maka ponsel anda yang bermasalah. Anda bisa membawa ke tempat servis HP untuk memperbaikinya.

4. Mencari Jaringan Secara Manual

cara mencari sinyal secara manual di HP Android

Solusi lain yang bisa digunakan untuk mengatasi sinyal HP yang sering hilang adalah dengan mencari jaringan secara manual. Perlu diketahui bahwa dalam smartphone ada dua cara untuk mencari jaringan, yaitu cara otomatis dan cara manual. Biasanya, smartphone akan melakukan setting otomatis untuk pencarian jaringan.

Pergi ke menu Settings > Jaringan/Network > pilih Mobile Networks. Biasanya letak pengaturannya ada disini. Tapi pada beberapa smartphone mungkin berbeda letak pengaturannya, jadi silahkan dicari sendiri.

Setting ini memang sangat simple karena device akan mencari jaringan secara otomatis dan menyesuaikan dengan koordinat smartphone yang Anda miliki. Namun, bukan berarti jaringan tersebut akan senantiasa bagus. Ada kalanya setting ini bermasalah dan menghasilkan sinyal HP yang kurang stabil.

Jika masalah sinyal ini muncul, Anda bisa mengubah setting pencarian jaringan dari otomatis menjadi manual. Dengan pencarian manual, Anda bisa memilih mana jaringan yang paling kuat di sekitar Anda sehingga masalah sinyal yang sering hilang bisa diatasi dengan baik.

5. Hubungi CS Operator Jaringan

Diantara salah satu penyebab dari hilangnya sinyal HP adalah gangguan yang terjadi pada operator seluler. Jika beberapa cara di atas belum mengatasi masalah sinyal ini, Anda bisa mencoba menghubungi customer service operator yang Anda gunakan dan menanyakan permasalahan sinyal yang terjadi.

Terkadang, penyebab sinyal sering hilang bukan disebabkan karena masalah atau kerusakan pada smartphone. Ada kalanya sinyal HP sering hilang disebabkan masalah pada jaringan operator itu sendiri.

Misalnya jika anda tinggal di daerah pedesaan yang minim insfrastuktur, maka anda harus cermat dalam memilih operator seluler yang memiliki sinyal dan jaringan yang kuat di daerah tersebut.

6. Bawa ke Tempat Service HP

Terkadang masalah sinyal yang tidak mau muncul di HP Android disebabkan karena kerusakan hardware ataupun kesalahan flashing. Jika demikian, lebih baik untuk menyerahkan masalah ini pada ahlinya.

Solusi yang tepat adalah membawa smartphone anda ke tempat servis HP untuk diperbaiki. Akan lebih bagus lagi jika anda membawa nya ke tempat Service Center resmi karena lebih aman dan terpercaya.

Penutup

Nah, demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sinyal HP yang sering hilang. Dengan beberapa cara di atas, tentu Anda akan mendapatkan sinyal yang maksimal sehingga komunikasi menggunakan HP akan lebih lancar.

Jika anda tertarik tentang informasi teknologi lainnya, anda bisa membaca di situs di https://www.mogloger.com, saya sendiri juga sering baca-baca disana untuk menambah ilmu pengetahuan tentang teknologi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa share artikel ini ke teman atau kerabat anda yang memiliki masalah sinyal pada smartphone mereka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *