Cara Memperbaiki Tombol Back Samsung Tidak Berfungsi, 100% Berhasil!

Aktivitas ber-ponsel pasti selalu bergantung pada tombol navigasi, yakni tombol back, home dan recent. Ketiga tombol ini merupakan komponen vital yang tak terpisahkan dari semua smartphone, termasuk ponsel Samsung.

Lalu apa jadinya jika tombol back di HP Samsung tidak berfungsi karena mengalami kerusakan?

Tentunya beraktivitas dengan smartphone akan terganggu, karena tombol kembali HP Samsung tidak berfungsi yang menyebabkan pengguna sulit dalam bernavigasi terutama untuk kembali ke menu atau halaman sebelumnya.

Untuk itulah, dalam artikel ini AndroDot.net akan berbagi cara mengatasi tombol back HP Samsung yang tidak berfungsi agar kamu bisa kembali beraktivitas dengan smartphone tanpa gangguan.

Simak terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui langkah-langkahnya.

Ada 2 cara yang bisa kamu tempuh untuk mengatasi tombol kembali Samsung tidak berfungsi, yang pertama yaitu membawa HP ke konter servis untuk memperbaiki hardware tombol back yang rusak.

Bagi kamu yang tak mau pusing dan maunya terima beres, maka menserviskan HP ke tukang servis merupakan pilihan yang tepat. Cara ini tentu saja akan menguras dompet, karena kamu harus keluar duit untuk membayar kang servis.

Tapi bagi kamu yang tidak mau keluar duit tapi masih tetap ingin memperbaiki tombol back hp samsung tanpa harus pergi ke tukang servis, maka kamu bisa mencoba cara yang kedua, yakni menginstall aplikasi pihak ketiga yang berperan sebagai tombol navigasi virtual.

Di Google Playstore, ada banyak pilihan aplikasi tombol back yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah aplikasi Navigation Bar – Assistive Touch Bar buatan developer Assistive Touch Team.

Bagaimana cara mengatasi tombol back HP Samsung yang tidak berfungsi menggunakan aplikasi Navigation Bar? Simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengatasi Tombol Kembali Tidak Berfungsi di HP Samsung

• Pertama, silahkan unduh dan install aplikasi Navigation Bar – Assistive Touch Bar di Playstore.

cara mengatasi tombol back HP samsung tidak berfungsi

• Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi Navigation Bar – Assistive Touch Bar.

• Aplikasi ini membutuhkan beberapa izin/permission, maka izinkan saja jika muncul notif app permission.

• Setelah mengaktifkan izin aplikasi, maka kamu akan dialihkan ke menu utama aplikasi seperti di bawah ini.

cara mengatasi tombol kembali samsung tidak berfungsi

• Pastikan menu Enable aktif seperti gambar di atas, dan kamu akan mendapati tombol virtual back, home dan recent pada layar ponsel.

• Selanjutnya kamu bisa mengatur Auto Hide dan Position. Atur Auto Hide ke Disable agar tombol kembali, home dan recent selalu muncul.

cara memperbaiki tombol back tidak berfungsi di hp xiaomi

• Kamu juga bisa mengatur posisi tombol virtualnya di menu Position. Karena saya lebih enak ada di posisi bawah, jadi saya memilih Bottom.

• Sampai disini, setting sudah selesai dan aplikasi sudah bisa digunakan.

Sekarang aktivitas ber-ponsel dengan HP Samsung kamu sudah tidak terganggu lagi dengan tombol kembali yang rusak tidak bisa dipencet.

Baca Juga:

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang panduan untuk mengatasi tombol back yang rusak pada ponsel Samsung.

Tutorial di atas bisa diterapkan pada semua model dan tipe HP Samsung, seperti: Samsung Duos, Samsung J2 Prime, J2 Pro Samsung J5, Samsung J7, J7 Prime, J7 Pro, Samsung A5, A10, A20, Samsung S4 dan semua tipe HP Samsung Galaxy mulai dari yang jadul sampai yang terbaru.

Saya harap semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke teman atau kerabat kamu yang mengalami masalah tombol back yang tidak berfungsi. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Suka? Bagikan Artikel Ini Sekarang!

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.